Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Makin Canggih, Ini 7 Fitur Baru WhatsApp Akan Rilis di 2023 

Bisa transkrip pesan suara hingga membuat telepon terjadwal

Audia Natasha Putri

Di era digital serba cepat, tentu mobilitas penggunaan aplikasi chatting pun semakin meninggi. Karena itu, WhatsApp sebagai aplikasi chatting paling tersohor pun mengembangkan fitur canggih yang dapat mempermudah para pengguna untuk bekerja dan berkomunikasi.

Di tahun 2023, WhatsApp secara resmi berencana akan meluncur beberapa fitur baru dalam beberapa waktu ke depan. Namun untuk jadwal pembaruannya sendiri pun belum diketahui, mengingat beberapa fitur masih berada di tahap uji coba, dan sebagian belum diumumkan alias masih sebatas rumor. 

Apa saja fitur-fitur tersebut? Yuk, simak 7 fitur baru yang bakal hadir di WhatsApp berikut.

1. Fitur baru Status WhatsApp

Dok. WhatsApp

Di bawah naungan Meta., fitur status WhatsApp pun menambah banyak pembaharuan yang mirip dengan Instagram Stories. Termasuk pemilihan audiens untuk status WA (Private Audience Selector), status WA dengan pesan suara alias voice note (Voice Status), hingga fitur tanggapan/reaksi status WA yang bisa direspons dengan emoji (Status Reactions). 

Layaknya Instagram, kamu juga bisa melihat status WhatsApp hanya dengan mengklik foto profil mereka (Status Profile Rings) serta pratinjau tautan situs web di status mereka.

Namun, pembaharuan ini perlu digelontorkan secara bertahap kepada pengguna global. Untuk bisa merasakan semua pengalaman fitur ini, pengguna dianjurkan untuk memperbarui aplikasi WhatsApp secara berkala.

2. Dapat mengirim 100 foto dan video

WABetaInfo

Mengutip WABetaInfo, fitur satu ini saat ini sedang dirancang untuk WhatsApp Beta dan akan meluncur untuk seluruh pengguna WhatsApp dalam berbagai versi. Dalam sumber tersebut, nantinya pengguna akan dapat mengirimkan maksimal 100 foto atau video sekaligus dalam satu waktu. Fitur ini sangat memudahkan pengguna untuk memilah foto atau video massal yang hendak diungggah dalam satu kali pengiriman.

3. Transkrip untuk Voice Notes

Newsd.com

Fitur satu ini sangat ajaib bagi kamu yang bekerja di bidang yang membutuhkan transkrip voice notes. Mengapa? Fitur istimewa ini akan memudahkanmu untuk mentranskrip berbagai pesan suara menjadi sebuah teks yang dapat dibaca. Kamu tak perlu repot lagi mengunduh aplikasi transkrip pengubah pesan suara menjadi teks.

Untuk memakai fitur ini, kamu harus memutar pesan suara terlebih dahulu. Nantinya, pesan suara itu akan dapat diubah menjadi sebuah teks.

Hadirnya fitur baru ini sangat berguna bagi kamu yang sedang berada di tempat ramai. Sehingga, kamu bisa mengetahui isi voice notes tanpa perlu mendengarnya terlebih dahulu.

Mengutip dari sumber yang sama, ke depannya fitur ini akan dinamakan Voice Notes Transcription dan masih dalam tahap uji coba oleh beberapa pengguna WhatsApp Beta di iOS. 

4. Fitur rekam video tanpa ditekan lama

Pexels.com/Anton

Selain tidak efisien, merekam video dengan menekan tombol shutter dalam waktu lama di kamera WhatsApp juga sangatlah melelahkan. Karena itu, pengembang WhatsApp pun berupaya menjawab masalah tersebut dengan melakukan uji coba fitur Handsfree Camera.

Rumornya, fitur ini sudah rampung dijajal para pengguna WhatsApp Beta dan akan dirilis untuk pengguna WhatsApp global. Cukup menekan satu kali tombol saja, para pengguna sudah bisa merekam video tanpa harus khawatir jari kesemutan karena terlalu berlama-lama menekan tombol shutter.

5. Telepon WA bisa dijadwalkan

Mint.com

Fitur baru selanjutnya yang sedang WhatsApp kembangkan adalah fitur WhatsApp Call terjadwal. Dengan fitur ini, para pengguna bisa mengatur dan membuat jadwal telepon WhatsApp dengan dua orang atau lebih. Layaknya aplikasi Zoom atau Google Meet, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat rapat daring atau interview kerja. Namun, belum diketahui secara pasti kapan fitur ini bakal hadir di WhatsApp.

6. Bisa simpan pesan selamanya

WABetaInfo

Selain fitur tranksrip pesan suara, WhatsApp juga tengah mempersiapkan fitur bernama Kept Message. Keistimewan fitur ini terletak pada fungsinya yang dapat menyimpan pesan di dalam grup tanpa harus mem-back up terlebih dahulu. Uniknya, pesan yang sudah terhapus secara otomatis pun masih bisa tersimpan baik dengan menggunakan fitur ini.

7. Menulis keterangan pada file dokumen

WABetaInfo

Tak seperti foto atau video, kamu hanya bisa mengirimkan dokumen kepada seseorang atau grup WhatsApp tanpa bisa menulis keterangan apa pun. Walau sepele, hal ini tentu sangat riskan karena dapat memungkinkan si penerima salah unduh apabila jumlah dokumen yang dikirimkan terlalu banyak.

Sebab itu, fitur Document Caption hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Pengguna yang menggunakan fitur ini dapat menuliskkan keterangan dari dokumen yang akan mereka kirimkan ke seseorang atau grup di WhatsApp. Kabarnya, fitur ini akan diterapkan pada WhatsApp reguler dalam beberapa waktu ke depan.

Melansir penjelasan resmi WhatsApp, sebagian pembaharuan fitur-fitur resmi diluncurkan kepada pengguna WhatsApp secara global, tetapi sebagian masih dalam tahap uji coba. Sebab itu, penting sekali untuk melakukan pembaharuan aplikasi WhatsApp secara berkala. Siap untuk merasakan fitur canggih di atas, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life