Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Penyebab AC Berbau Apek, Jangan Dianggap Remeh!

Perlu dibersihkan secara berkala agar AC tetap awet

Audia Natasha Putri

Sesaknya bumi akibat ledakan populasi manusia menjadi faktor besar terjadinya pemanasan global. Hal ini tentu membuat suhu bumi semakin panas dan membuat kita merasa gerah. Karena itu, banyak orang menggunakan air conditioner atau disingkat AC untuk mendinginkan ruangan. Bahkan, AC sudah menjadi kebutuhan sekunder setiap pemilik rumah untuk menciptakan hunian yang sejuk dan nyaman.

Sayangnya, air conditioner yang terlalu sering digunakan kerap mengeluarkan bau tak sedap yang cukup mengganggu. Problema ini tentu tak bisa diremehkan yang mengganggu kenyamanan setiap orang di sekitarnya.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengetahui penyebab AC berbau apek supaya hal seperti ini perlu segera diatasi. Mengutip berbagai sumber, inilah ke-9 daftar penyebab AC berbau tak sedap.

1. Pengharum ruangan di AC tak diganti dalam waktu lama

Youtube.com

Sering diremehkan, penggunaan pengharum ruangan juga menjadi penyumbang AC berbau tak sedap. Pasalnya, pengharum ruangan yang sudah lama menggantung di AC membuat ruangan berbau apek. Penting sekali untuk menggantung pengharum ruangan di AC secara berkala atau dirasa pengharum sudah habis.

2. Penumpukan jamur

Beres.id

Masalah umum yang paling sering dihadapi para pengguna AC adalah air yang bocor secara tiba-tiba. Apalagi tetesan air ini menyebabkan kelembapan pada onderdil dalam AC.

Rintikan air yang tercipta pada proses kerja unit AC ini dapat menumbuhkan jamur dan bakteri pada saluran pembuangan air AC yang dapat mengeluarkan bau yang tak enak.

3. Banyak debu yang menempel

Sharp.com

Sudah sewajarnya jika barang elektronik akan menghasilkan debu apabila digunakan terus-terusan, tak terkecuali AC.

Pasalnya, debu yang menumpuk pada filter dan evaporator membuat AC menjadi bau dan kotor. Naasnya, jika tak dibersihkan secara berkala, maka AC akan gagal memfilter udara yang keluar serta debu yang menutup hembusan udara. Ini tentu memberikan efek buruk bagi kesehatan, terutama saluran pernapasan.

4. Adanya hewan mati di dalam AC

Pixabay.com/Reginal

Serangga dan hewan kecil seperti cicak dan tikus kerap mengeksplor seluruh aspek di dalam rumah, tak terkecuali AC. Alih-alih penasaran, mereka justru terjebak di AC hingga mati akibat tak bisa keluar.

Bangkai hewan yang membusuk di dalam unit AC tentu menghasilkan aroma busuk yang menusuk hidup. Agar tak terjadi kejadian seperti ini, selalu bersihkan AC secara berkala setiap 3-4 bulan sekali.

5. Paparan asap rokok

pexels.com/Megan Forbes

Larangan merokok di dalam ruangan ber-AC tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, asap rokok akan dihisap oleh blower indoor AC di luar ruangan. Akibat hembusan udara dari AC, bau tembakau dari rokok tentu terbang menempel di berbagai benda di dalam ruangan. Alhasil, kamar akan berbau tak sedap.

6. Adanya kebocoran pada komponen AC

CAIB INC

Selain pembersihan secara rutin, kamu juga perlu perawatan mesin dan sparepart pada AC. Hal ini menjaga agar oli yang keluar dari evaporator tetap bersih dan tidak menimbulkan bau. Kebocoran refrigerant serta oli yang keluar akan bercampur dengan udara, sehingga dapat menyebabkan bau tak enak.

7. Ruangan terlalu lembap

Rumahlia.com

Sirkulasi udara yang baik turut menjadi sebuah kewajiban bagi kamu yang memasang AC di dalam ruangan.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kelembapan akibat udara dari AC yang tertahan di dalam ruangan. Selain itu, jendela juga bertujuan untuk menciptakan pertukaran udara di dalam kamar dengan udara dari luar yang lebih segar.

8. Kebocoran freon

Indystar.com

Bocornya freon menjadi awal perkara besar pada AC. Selain menyebakan AC tidak dingin, kebocoran freon dapat mengeluarkan bau tak sedap.

9. Faktor lingkungan luar

Unsplash.com/Carlos Inder

Faktor eksternal seperti luar ruangan turut berperan serta menyumbang bau tak sedap dari AC.

Misalnya, blower outdoor AC yang dipasang dekat dengan sampah, tentu akan menarik bau tak sedap masuk ke dalam ruangan. Sebaiknya, pastikan blower outdoor AC diletakkan jauh dari sumber bau tak sedap seperti selokan dan tong sampah.

Itulah penyebab AC berbau apek yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life