Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Kesalahan Menata Kamar Mandi yang Datangkan Feng Shui Buruk

Pantangan tata letak kamar mandi menurut Feng Shui

Audia Natasha Putri

Ilmu tata letak ruangan atau dikenal feng shui dipercaya dapat membawa pengaruh baik di dalam rumah, perkantoran, atau gedung. Peletakan benda dan tata ruang yang salah, bisa mendatangkan hal negatif yang membuat suasana ruangan atau rumah menjadi tidak nyaman.

Termasuk kesalahan dalam penerapan feng shui di kamar mandi. Alih-alih mendatangkan kenyamanan, kesalahan ini justru menimbulkan ketidakseimbangan energi chi yang dapat menimbulkan masalah dalam lalu lintas aktivitas.

Mengutip dari The Spruce, chi merupakan energi kehidupan yang mengalir melalui semua aspek di dalam rumah, menurut keyakinan feng shui. Aliran chi yang baik dapat menciptakan suasana rumah yang harmonis, sejahtera, dan sehat.

Mengutip Real Homes, mari kita kenali 6 kesalahan menata kamar mandi yang mendatangkan hal buruk, menurut feng shui.

1. Menggantung cermin dengan tidak benar

countryliving.com

Cermin menjadi wadah transportasi yang cukup kuat dalam meningkatkan aliran chi di kamar mandi. Peletakan cermin yang salah dapat menciptakan energi negatif yang akan menutupi energi positif.

Jangan pernah nemasang cermin di depan pintu kamar mandi, karena hal ini dapat memantulkan chi keluar rumah. Begitu juga dengan memasang cermin di depan kloset, apalagi sampai memantulkannya, lantaran bisa mendatangkan musibah dan kesialan.

2. Lokasi kamar mandi di jantung rumah

Good Housekeeping

Dalam feng shui, dapur dikenal sebagai jantung rumah. Karena di tempat inilah, aktivitas berupa memasak, berbincang, dan bersantap bersama keluarga terjadi. Merujuk maknanya, dapur dianggap sebagai sumber kehidupan yang dapat memantik nyawa kehidupan di dalam rumah.

Maka, adalah sebuah kesalahan jika menempatkan kamar mandi di jantung rumah. Kamar mandi sendiri identik sebagai lokasi yang kotor dan negatif, sehingga meletakkannya di dekat jantung rumah dapat menghambat aliran chi atau energi positif di rumah.

Lalu, bagaimana jika sudah terlanjur? Tenang, kamu bisa mencegah energi negatif tersebut menyebar ke seluruh rumah. Cukup menutup pintu dan menaruh beberapa batu berat di lantai kamar mandi, niscaya cara ini dapat menstabilkan energi yin dan yang di dalam rumah.

3. Sistem drainase yang tersumbat

instagram.com/ archbuzzer

Dalam feng shui, air merupakan elemen yang melambangkan kemurnian dan positivitas yang dapat menarik kekayaan, kesejahteraan, serta kebijaksanaan. Konon, rumah yang mempunyai sistem perairan yang mampet dan tak lancar, dapat menyumbat jalannya rezeki.

Ini termasuk pada penyumbatan sistem drainase di kamar mandi yang menghalangi aliran energi chi positif menyebar ke seluruh penjuru rumah. Akan sebab itu, selalu rutin periksa sistem drainase secara teratur dan jangan membuang sampah di sana. Jika terjadi kerusakan dan tanda-tanda penyumbatan, segera perbaiki dengan memanggil ahli ledeng berpengalaman.

4. Pencahayaan yang redup

Flickr/tamakisono

Pencahayaan yang redup bukan cuma menciptakan suasana horor di dalam ruangan. Tetapi, juga memantik aura negatif yang dapat mendatangkan kesialan dan keburukan. Begitu juga memasang lampu redup di kamar mandi. Yang malah menciptakan ruangan terasa suram dan tidak nyaman.

Maka itu, atur pencahayaan memadai di kamar mandi, untuk meningkatkan energi serta membuat kamar mandi terasa lebih hidup dan cerah. Kamu bisa gunakan lampu spektrum yang menirukan sinar matahari alami.

5. Jangan menempatkan kamar mandi di area terlarang

Boredpanda

Ada beberapa ruangan tertentu di rumah yang tak boleh dibangun kamar mandi secara berdekatan. Area tersebut adalah kamar tidur dan dapur. Menurut feng shui, menempatkan kamar mandi di dua area tersebut secara berdekatan akan menciptakan benturan antara energi positif dan energi negatif, yang menciptakan ketidakseimbangan.

Namun apabila sudah terlanjur, kamu bisa mengakalinya dengan memberikan semacam pembatas antara kamar mandi dan ruangan lainnya, seperti menggunakan rak, tirai, atau pintu. 

6. Kamar mandi berantakan

Ultra Voucher

Kamar mandi yang tidak rapih akan menciptakan suasana hati yang berantakan, membuat kita menjadi bad mood dalam memulai hari. Ini karena kamar mandi juga menjadi tempat untuk melepas penat dan mencari inspirasi. Banyak ide- kreatif dan out of the box terlahir saat sedang di kamar mandi.

Dalam ilmu feng shui, kamar mandi yang berantakan dapat menyebabkan chi menjadi stagnan dan ketidakseimbangan energi.

Itu tadi kesalahan menata kamar mandi dalam feng shui yang dapat memanggil hal buruk. Semoga informasi ini bisa menjadi acuan yang membantumu dalam membangun kamar mandi ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life