Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tak Masuk Akal, 5 Aturan Unik Saat Tampil di Acara Musik Korea Selatan

Sudah tahu belum?

Ajenk Rama

Sebagai penggemar setia Kpop, kamu pasti sering melihat idol Kpop di acara musik Korea Selatan. Biasanya, mereka tampil untuk menyapa penggemar dalam rangka promosi album baru dan memberikan penampilan terbaiknya. 

Sebelum tampil di acara musik, ada serangkaian aturan unik yang harus dipatuhi oleh para idol Kpop, lho. Tak tanggung-tanggung, aturan tersebut mengatur segala hal dari busana hingga lirik lagu.

Aturan seperti apa yang harus ditaati oleh para idol Kpop saat tampil di acara musik Korea Selatan? Melansir dari laman South China Morning Post (scmp.com), berikut aturan uniknya:

1. Tidak boleh memperlihatkan tato

Berbagai sumber

Saat tampil di acara musik Korea Selatan, para idol Kpop yang memiliki banyak tato di tubuhnya harus mencari cara untuk menyembunyikan tato mereka. Alasannya, tato masih dianggap hal tabu dan berkonotasi negatif yang berkaitan dengan budaya geng di masa lalu. 

Makanya, tato dilarang muncul di layar kaca. Jika memilikinya, idol Kpop harus memakai manset tambahan untuk menutupinya, seperti yang dilakukan oleh Jungkook. Tak hanya Jungkook, Jay Park dan Ravi 'VIXX' pun melakukan hal yang sama saat tampil promosi di acara musik. 

2. Tidak boleh menampilkan gerakan sensual

Soompi.com

Dikenal sebagai idol yang kerap tampil provokatif, Hyuna berbagi pandangan tentang aturan yang tak boleh menampilkan gerakan sensual di acara Radio Star tahun 2020 lalu. Ia mengungkapkan kalau dirinya kena tegur karena dinilai terlalu banyak memperlihatkan bagian atas tubuhnya selama tampil. Agar bisa tetap tampil, ia disarankan untuk memakai kemeja lengan panjang.

Berbekal pengalaman, akhirnya Hyuna membuat dua versi musik video saat comeback. Satu video musik dipergunakan untuk promosi di televisi yang hanya menyorot wajahnya, bukan keseluruhan tubuhnya. Meski sudah membuat dua video musik terpisah, tetap saja Hyuna kena teguran karena ekspresi wajahnya dianggap terlalu sensual.

3. Tidak boleh ada kalimat umpatan

Sbs.com.au

Ketika kamu mendengarkan dan memahami lagu Kpop, pasti ada satu atau dua lirik lagu yang bernada umpatan atau kasar. Nah, Komisi Standar Komunikasi Korea (KSKC) sangat memerhatikan hal ini sehingga lagu dengan lirik tersebut tak boleh tayang di jam-jam tertentu.

Idol Kpop yang tampil dan memiliki lirik serupa harus melakukan penyesuaian. Seperti kasus G-Dragon BIGBANG yang berpromosi lagu "That XX" di acara musik SBS Inkigayo pada 2012 silam. Mau tak mau, ia mengganti kata umpatan yang ada di lirik menjadi huruf 'X'.

Selain itu, lagu "Mirotic" dari TVXQ yang harus membuat versi bersih dari lagu mereka agar bisa tayang di televisi sebelum jam 10 malam. Mereka juga mengubah lirik "I got you under my skin" menjadi "I got you under my sky".

4. Tidak boleh memperlihatkan pusar

Kpopstarz.com

Berbeda dari grup Kpop laki-laki, grup Kpop perempuan mempunyai aturan tambahan yang ditetapkan oleh Komisi Standar Komunikasi Korea (KSKC) mengenai busana grup Kpop perempuan di tiga stasiun televisi besar, yakni SBS, MBC, dan KBS pada 2010 silam. 

Meski di lapangannya, aturan setiap stasiun televisi berbeda-beda, tetapi mereka berfokus untuk menutupi bagian dada dan pusar, terutama untuk anggota grup yang masih di bawah umur. Seperti halnya BLACKPINK, yang memakai rok mini atau celana berpinggang tinggi demi menutupi pusar mereka. 

5. Hanya boleh memperlihatkan sebelah dada

Ibighit.com

Aturan unik yang satu ini muncul setelah sejumlah anggota grup Kpop laki-laki tak sengaja merobek busana mereka sendiri saking bersemangatnya melakukan tarian. Sehingga, Komisi Standar Komunikasi Korea (KSKC) menetapkan aturan jika idola laki-laki dapat memperlihatkan dadanya, tetapi hanya sebelah saja. 

Seperti insiden RM yang tak sengaja merobek dua lapis kostumnya saat menampilkan Concept Trailer di panggung KBS Music Bank pada tahun 2013 silam. Karena munculnya aturan ini, RM harus memegangi busananya yang robek sepanjang penampilan.

Itulah aturan unik untuk idol Kpop yang ingin tampil di acara musik. Dari aturan di atas, aturan unik apalagi yang kamu ketahui tentang dunia hiburan Korea Selatan, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life