Meski bersaudara, Korea Utara dan Korea Selatan memiliki segudang perbedaan. Mulai dari politik, ideologi, bisnis, kehidupan masyarakat hingga ke ranah hiburan. Dibandingkan dengan Korea Selatan, Korea Utara lebih tertutup dan sangat memusatkan kehidupannya kepada sang pemimpin negara.

Setiap kegiatan masyarakat, pemberitaan, hingga hiburan semua berpusat untuk partai penguasa dan telah diatur oleh negara. Hal menarik yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai dunia hiburan Korea Utara.

Seorang pembelot Korea Utara, pernah mengatakan bahwa Korea Utara juga memiliki girl group, lho. Tapi jangan berekspetasi akan sama dengan girl group dari Korea Selatan, ya! Lantas fakta-fakta menarik apa saja mengenai girl group Korea Utara? Simak berikut ini!

Tak Kalah dari Korea Selatan, Korea Utara Bentuk Girl Group Mirip SNSDyoutube.com/ 채널A

Bercelana pendek & memiliki 8 anggota seperti Girls Generation

Tak Kalah dari Korea Selatan, Korea Utara Bentuk Girl Group Mirip SNSDyoutube.com/ 채널A

Di episode 501 dari acara TV 'Now on My Way to Meet You' yang disiarkan pada saluran A, seorang pembelot Korea Utara, Kim Keum Hyuk mengungkapkan bahwa mereka juga memiliki girl group seperti Korea Selatan. Ia mengejutkan semua orang dengan mengatakan, bahwa ada girl group seperti Girls Generation di Korea Utara.

"Jangan kaget, tetapi ada pertunjukan panggung seperti yang dilakukan Girls' Generation, yang beranggotakan 8 hingga 9 orang dengan memakai celana pendek tampil di atas panggung," ungkapnya.

Dibentuk untuk mencegah pembangkangan

Tak Kalah dari Korea Selatan, Korea Utara Bentuk Girl Group Mirip SNSDyoutube.com/ 채널A

Seperti yang diketahui, Korea Utara memberikan sanksi yang lebih kejam terhadap rakyatnya yang ketahuan mengonsumsi berbagai budaya Korea Selatan terlebih tentang hiburan seperti drama atau musiknya. Korea Utara juga memperkuat sensornya atas budaya Korea Selatan.

Selain memperkuat sanksi, pembentukkan girl group Korea Utara juga dilakukan. Alasannya adalah untuk menunjukkan bahwa mereka juga bisa melakukannya hal yang sama dan mencoba untuk mencegah pembangkangan.

"Partai Korea Utara memperkuat sensornya atas budaya Korea Selatan. Tahun lalu, hampir 10 ribu siswa mengaku. Jadi sambil memperkuat sanksi budayanya, sekaligus menunjukkan bahwa mereka juga bisa melakukannya hal yang sama dan mencoba untuk mencegah pembangkangan," jelas Kim Keum Hyuk.

Ciri khas: rambut pendek dan lirik untuk memuja penguasa

Tak Kalah dari Korea Selatan, Korea Utara Bentuk Girl Group Mirip SNSDyoutube.com/ 채널A

Meski sudah semakin modern dan cukup mirip dengan girl group Korea Selatan, tetap ada ciri khas Korea Utara yang melekat. Mereka menetapkan batasan untuk para anggota girl group baik secara penampilan maupun musiknya.

Dapat terlihat bahwa anggota girl group memiliki gaya rambut pendek yang sama sesuai ciri khas Korea Utara. Selain penampilan, semua lirik dalam lagu-lagunya pun pada akhirnya tetap harus memuji partai yang berkuasa.

"Tetapi batasannya jelas. Anda dapat melihat bagaimana setiap anggota girl grup memiliki gaya rambut pendek yang sama. Mereka tidak dapat mengurangi batasan itu. Juga, semua lirik akhirnya memuji partai yang berkuasa," tambahnya.

https://www.youtube.com/embed/KibXlrRFyg0

Itu dia fakta-fakta menarik dari girl group Korea Utara yang cukup mirip dengan girl group Korea Selatan. Bagaimana pendapatmu?

Baca Juga: Kehidupan Sosial di Korea Utara Ada Positifnya Juga, Kok! Ini Faktanya

Baca Juga: Selain USB Drakor, Ini Benda Paling Laris Diseludupkan ke Korea Utara

Baca Juga: Cerita 5 Turis Asing ke Korea Utara: Ada yang Berujung Kematian