Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dramanya Tak Booming, 8 Aktor Korea Ini Dicap Salah Pilih Peran

Dari Ji Chang Wook sampai Lee Dong Wook

Ajenk Rama

Kesuksesan drama Korea tidak terlepas dari andil para aktor yang bermain di dalamnya. Biasanya, nama sang aktor di dunia hiburan Korea menjadi jaminan drama tersebut bakal booming di pasaran.

Namun, popularitas aktor Korea tidak menjamin drama yang dibintanginya menarik minat penonton. Warganet melihat ada beberapa aktor yang dianggap salah memilih peran dan kesuksesan drama juga jauh di bawah ekspektasi.

Padahal, kualitas akting para aktor ini sudah tidak diragukan. Siapa saja aktor Korea yang dramanya dicap gagal? Merangkum dari berbagai sumber, check this out!

1. Ji Chang Wook

Hancinema.net

Ji Chang Wook adalah salah satu aktor dengan akting memuaskan di setiap drama aksi. Penonton dalam dan luar negeri pun mengakui hal tersebut. Namun, tidak dengan genre lain yang dibintanginya.

Beberapa tahun terakhir, Ji Chang Wook selalu mencoba berbagai peran baru dari drama adaptasi webtoon hingga musikal. Hanya saja, drama tersebut tidak membekas di hati penonton.

Rating dari berbagai drama dan serial yang diperankannya sulit menembus angka dua digit. Media lokal Korea turut menyoroti popularitas sang aktor, yang kian menurun usai tak lagi membintangi drama aksi.

Mengalami cedera di The K2, membuat Ji Chang Wook mempertimbangkan peran yang lebih 'soft' di drama bergenre romantis, komedi, healing, dan musikal saat ini. Usia pun menjadi salah satu faktor pendukung keputusan sang aktor.

2. Park Bo Gum

Hancinema.net

Aktor yang menyelesaikan wajib militernya pada April lalu ini, mencapai puncak keemasannya di dunia seni peran saat ia membintangi Reply 1988 dan Love in The Moonlight. Selepas itu, penampilan Park Bo Gum di beberapa drama Korea belum menarik hati penonton.

Encounter, drama Park Bo Gum dan Song Hye Kyo, tak cukup mendulang kesuksesan besar di pasaran. Awalnya, drama tersebut mencatat rating hingga 10.1%. Namun, rating tinggi tidak bertahan lama dan menurun sebesar 0.4%.

Alur cerita yang membosankan menjadi penyebab utama Encounter ditinggalkan. Selain drama tersebut, Record of Youth dan Seobok juga tidak segemilang proyek akting Park Bo Gum sebelumnya.

3. Jang Geun Suk

Asianwiki.com

Buat pencinta drama lawas, nama Jang Geun Suk cukup populer di era tahun 2000-an. Ia membintangi berbagai drama seperti You're Beautiful, Beethoven Virus, hingga Hong Gil Dong.

Aktor yang dikenal dengan julukan Pretty Boy ini cukup aktif muncul di layar kaca sebelum wajib militer. Tercatat ada beberapa yang diperankan sang aktor antara lain Bel Ami, Love Rain, The Switch, The Royal Gambler, hingga Marry Me, Mary!.

Namun, semua drama tersebut kurang booming. Setelah keluar wajib militer di tahun 2020 lalu, Jang Geun Suk belum terlihat comeback dengan drama Korea terbarunya.

4. Jung Hae In

Hancinema.net

Sebelum memukau lewat perannya di serial Netflix, D.P., Jung Hae In pernah dinilai salah memilih peran oleh warganet. Beberapa drama romantis yang dibintangi sang aktor tak mampu menjadi hit.

Sebut saja, One Spring Night bersama Han Ji Min dan A Piece Your Mind dengan Chae Soo Bin terbilang gagal. A Piece Your Mind pun sempat menuai kritikan dari warganet, karena alur ceritanya cenderung lambat.

Kritikan tersebut membuat tim produksi memangkas jumlah episode dari 16 menjadi 12 saja. Rating A Piece Your Mind terus mengalami penurunan hingga 1.1%, padahal secara  sinematografi dan kisah emosional karakternya, drama ini cukup menarik ditonton.

5. Rain

Asianwiki.com

Aktor senior satu ini terkenal lewat perannya di drama Korea, Full House bersama Song Hye Kyo. Rain dianggap berhasil melakoni karakter Lee Young Jae dan membuat penonton jatuh hati dengan ketampanan dan akting sang aktor.

Namun, drama Rain yang lain tidak se-booming Full House. Rain telah membintangi A Love to Kill, Come Back Mister, My Lovely Girl, hingga Welcome 2 Life, namun terlupakan begitu saja oleh penonton.

Rain baru kembali bersinar setelah beradu akting dengan Kim Bum di drama Korea, Ghost Doctor (2022) dan mencatat perolehan rating yang signifikan.

6. Lee Dong Wook

Hancinema.net

Memerankan karakter second lead di Goblin, Lee Dong Wook mencuri perhatian penonton. Touch Your Heart, Tale of Nine Tailed, dan Stranger from Hell mencetak rating tinggi. Tapi, kehadiran Lee Dong Wook di Bad and Crazy tidak sesuai ekspektasi.

Padahal ia beradu akting dengan Wi Ha Joon, aktor muda dan tampan yang bersinar lewat serial Squid Game. Berdasarkan Nielsen Korea, drama comeback Lee Dong Wook hanya meraup rating sebesar 4.5% dan anjlok di angka 2.6% saat penayangan episode ke-6.

Bukan salah aktornya, namun banyak warganet mengungkapkan bahwa alur cerita Bad and Crazy hanya seru di episode-episode awal. Sisanya, tidak terlalu greget untuk dilanjutkan hingga akhir episode.

7. Jang Ki Yong

Hancinema.net

Sebelum bermain di Now We're Breaking Up, performa akting Jang Ki Yong menuai reaksi positif. Kill It, Search: WWW, dan Come and Hug Me adalah beberapa drama Korea sang aktor yang mencatat rating tinggi.

Berbeda dengan dua drama terbarunya, My Roommate Is Gumiho dan Now We're Breaking Up.  Kedua proyek akting Jang Ki Yong itu dicap kurang sukses oleh warganet. Alasannya, akting lawan main yang kurang dinamis dan beberapa kritikan lain yang menyertai dua drama tersebut.

Saat ini, ia sedang menjalani wajib militer. Banyak warganet khawatir dengan popularitas Jang Ki Yong, mengingat karier akting sejumlah aktor meredup usai menjalankan tugas negara tersebut.

8. Yoo Seung Ho

Hancinema.net

Aktor kelahiran 1993 ini mendapat tempat di hati penonton saat ia sukses melakoni peran antagonis di I Miss You. Saat ini, belum ada drama yang membuat nama Yoo Seung Ho menjadi bahan perbincangan di media sosial.

Warganet menilai Yoo Seung Ho belum terlalu lihai memilih drama dan peran di layar kaca. Terbukti, drama I'm Not a Robot, Memorist, hingga Moonshine bareng Hyeri 'Girl's Day' tak cukup mampu meningkatkan rating hingga episode terakhir.

Tidak disangka, ya. Padahal, mereka ini masuk dalam jajaran aktor ternama Korea Selatan. Pemilihan drama dan peran terbilang susah-susah gampang, pastinya para aktor ini ingin meningkatkan kualitas akting dengan peran yang tidak monoton. Iya nggak, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life