Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dinilai Janggal, Kemenangan LE SSERAFIM Diselidiki Kepolisian Korea

Ada dugaan manipulasi

Ajenk Rama

Belum selesai kasus bullying yang menyeret Kim Garam 'LE SSERAFIM', grup bentukan HYBE Labels dan Source Music ini kembali mendapat kontroversi baru. Kemenangan LE SSERAFIM dari Lim Young Woong di Music Bank pada 13 Mei 2022 dinilai janggal. 

Saat itu, Music Bank menominasikan dua lagu untuk meraih posisi pertama, yakni Lim Young Woong dengan lagu "If We Ever Meet Again" dan LE SSERAFIM dengan lagu debut "Fearless". 

Namun, ada skor 'aneh' yang membuat Lim Young Woong kalah dari LE SSERAFIM. Berangkat dari skor tersebut, banyak warganet menduga jika kemenangan LE SSERAFIM tidak murni alias ada manipulasi skor yang dilakukan oleh pihak KBS2. Akibatnya, kemenangan LE SSERAFIM diselidiki kepolisian Korea.

Bahkan, Dispatch sampai ikut mencari kebenaran atas kontroversi manipulasi skor ini. Lantas, bagaimana perkembangan kontroversi LE SSERAFIM dengan Lim Young Woong? Apa yang didapat Dispacth mengenai hal ini? Berikut perkembangan terbaru kemenangan LE SSERAFIM yang bermasalah.

Lim Young Woong memperoleh skor tidak adil

Allkpop.com

Skor 'aneh' yang menjadi penyebab kekalahan Lim Young Woong dari LE SSERAFIM terletak di skor penampilan siaran televisi. Skor Lim Young Woong di kriteria tersebut memperoleh nilai 0. Sementara, LE SSERAFIM di kriteria penampilan siaran televisi memperoleh poin sebesar 5.348. 

Secara detail, Lim Young Woong memperoleh total poin sebesar 7.035 dengan 1.148 poin di skor streaming digital, 0 poin untuk penampilan siaran televisi, 0 poin dalam skor preferensi penonton, 5.882 poin untuk penjualan album, dan 2 poin dalam skor media sosial. 

Pesaingnya, LE SSERAFIM menerima total poin sebesar 7.881 dari 544 poin streaming digital, 5.348 poin untuk penampilan siaran televisi, 0 poin untuk preferensi penonton, 1.995 poin dalam penjualan album, dan 34 poin untuk media sosial. 

Setelah pemenang diumumkan, banyak penonton janggal dengan kriteria skor penampilan siaran televisi yang dibuat KBS2 Music Bank. Padahal, penjualan album fisik Lim Young Woong mencapai lebih dari 1 juta kopi di minggu pertama. Lagu Lim Young Wooung juga menduduki peringkat teratas di tangga lagu streaming mingguan Gaon, namun tidak berhasil memperoleh trofi.  

KBS2 Music Bank memberikan klarifikasi

Allkpop.com

Banyaknya reaksi keras yang diterima KBS2 Music Bank dari warganet membuat pihak stasiun televisi Korea tersebut memberikan klarifikasi. KBS2 menjelaskan bahwa Lim Young Woong memperoleh 0 poin dalam kategori siaran di Music Bank, karena lagu "If We Ever Meet Again" tidak diputar di KBS TV, acara radio, dan konten digital KBS terhitung dari tanggal 2 sampai 8 Mei 2022. 

Namun, bukti berkata lain. Dispatch, salah satu media Korea yang saat ini fokus menggali kebenaran atas kontroversi yang terjadi di dunia hiburan menemukan fakta berbeda dari pernyataan pihak KBS2. 

Dispatch turun tangan mencari kebenaran

Allkpop.com

Dispacth menemukan fakta bahwa lagu Lim Young Woong diputar di beberapa radio selama periode, yang dikatakan oleh pihak KBS2 Music Bank. Hal itu dibongkar Dispatch saat mereka melakukan penelusuran secara menyeluruh di 112 program radio KBS selama periode agregasi Music Bank (2-8 Mei 2022).  

Berdasarkan laporan Dispatch, lagu Lim Young Woong diputar di Exciting Night (CoolFM 89.1Mhz) dan Im Baek-cheon’s Back Music (HappyFM 106.1Mhz) pada 4 Mei. Lalu, di 7 Mei 2022, lagu tersebut juga bergema di acara With Kim Hye-young (HappyFM 106.1Mhz). 

Bahkan, lagu "If We Ever Meet Again" diputar di acara radio KBS sebanyak 3 kali selama minggu kedua bulan Mei 2022. Namun anehnya, dari banyaknya lagu yang diputar selama periode tersebut, Lim Young Woong tetap tidak menerima poin sama sekali. 

Oleh karena itu, perhitungan skor di penampilan siaran televisi dianggap janggal. Tak sampai di situ, Dispatch juga berusaha menghubungi pihak Music Bank terkait kriteria penilaian. 

PD Music Bank menjawab bahwa kriteria penilaian tidak dapat diungkap demi menghilangkan kasus dugaaan manipulasi skor siaran. Alasannya, hal itu dimanfaatkan oleh agensi K-Pop untuk menang. 

Dispatch berpendapat jika temuan lagu Lim Young Woong di berbagai siaran radio KBS pada periode agregasi dimasukkan, maka poin sang solois bisa membalikkan keadaan. 

Kepolisian menerima petisi mengenai manipulasi

Allkpop.com

Terbongkarnya bukti baru oleh Dispatch membuat Music Bank mengubah pernyataan awal dengan menjelaskan bahwa mereka hanya menghitung 7 program di KBS Cool FM untuk poin dalam penampilan siaran televisi. 

Sayangnya, lagu Lim Young Woong tidak diputar di 7 program tersebut. Penjelasan tidak masuk akal tersebut memicu kemarahan warganet. Warganet meminta pihak kepolisian Korea menyelidiki kasus dugaan manipulasi skor di Music Bank. 

Pada 28 Mei 2022, pihak polisi telah menanggapi petisi yang diajukan lewat Komisi Anti Korupsi dan Hak Sipil berkaitan dengan tindakan KBS menghapus daftar putar lagu Lim Young Woong, usai ditemukan inkonsistensi dalam klarifikasi Music Bank sebelumnya. 

Pihak polisi mulai melakukan penyelidikan

Allkpop.com

Pada 29 Mei 2022, pihak kepolisian Korea mengonfirmasi bahwa kantor polisi Yeongdeungpo di Seoil yang akan melakukan penyelidikan atas kasus dugaan manipulasi skor. 

"Karena tuduhan ini belum dikonfirmasi, maka kami berencana untuk melakukan penyelidikan dengan berbicara kepada pelapor dan pihak-pihak terkait. Jika tuduhan manipulasi benar, maka kami akan melakukan penyelidikan secara menyeluruh."

Meski telah ditangani pihak kepolisian, nama Music Bank sudah terlanjur tidak dipercaya oleh warganet. Tidak hanya menduga adanya manipulasi skor, tetapi mereka juga menaruh kecurigaan pada agensi LE SSERAFIM. 

Warganet menaruh kecurigaan pada HYBE Labels

Kpopchart.net

Kontroversi kemenangan LE SSERAFIM dan Lim Young Woong yang tengah diselidiki pihak kepolisian ini banjir komentar pedas dari warganet. Mereka menilai jika HYBE Labels turut andil dalam kemenangan LE SSERAFIM di 13 Mei lalu. Berikut komentar warganet yang terangkum oleh Popbela. 

"Ini aneh. Apakah mereka bekerja sama dengan HYBE? Sangat mencurigakan," 

"Kenapa mereka melakukan ini kepada Lim Young Woong?"

"Apa standar yang mereka buat hingga memberi Lim Young Woong memperoleh 0 poin?"

"Jadi, apakah Music Bank hanya memberikan trofi pertama pada perusahaan yang mereka sukai?"

"Bukan LE SSERAFIM yang mengalahkan Lim Young Woong, tetapi agensi,"

"Sangat jelas, bahkan untuk orang-orang yang bukan penggemar salah satu artis, skor ini sangat konyol,"

Itulah perkembangan terbaru dari kontroversi kemenangan LE SSERAFIM dan Lim Young Woong di Music Bank yang dinilai janggal. Semoga, pihak kepolisian Korea menyelesaikan kasus ini dan membawa keadilan ke pihak yang merasa dirugikan, ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life