Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Penggemar Terkejut, 7 Idol Korea Ini Hapus Akun Instagram

Dilandasi oleh berbagai faktor

Ajenk Rama

Saat ini, perkembangan media sosial sangat pesat. Sebagian besar idol K-pop memakai media sosial untuk menyapa penggemar di seluruh dunia, salah satu media sosial yang sering digunakan adalah Instagram. 

Di Instagram, penggemar dapat melihat aktivitas yang dilakukan oleh sang idola dalam bentuk foto atau video.  Namun, penggunaan media sosial bisa menjadi pisau bermata dua. 

Satu sisi, bermanfaat untuk penggemar. Di sisi lain, bisa merugikan apabila sang idola tak berhati-hati dalam mengunggah sesuatu. Gak jarang beberapa idola K-pop menghapus akun Instagram mereka baik permanen atau sementara. Lantas, siapa saja mereka? 

1. Jungkook 'BTS'

Instagram.com/bts.jungkook

Kabar terbaru datang dari golden maknae BTS, yakni Jungkook pada 28 Februari 2023. Ia memutuskan untuk menghapus akun Instagram personalnya, yang telah memiliki 50 juta pengikut. 

Melalui laman Weverse, sang pelantun lagu "Dreamers" ini mengungkapkan bahwa akun Instagramnya hilang bukan karena diretas, tetapi ia memang menghapusnya. Alasannya karena Jungkook tidak sering menggunakan media Instagram. 

Sebagai gantinya, Jungkook akan sering menyapa penggemar melalui siaran langsung di Weverse. Setelah 1 tahun 2 bulan, sang maknae memutuskan untuk tidak akan kembali membuka akun Instagram. 

2. Dita Karang 'Secret Number'

Instagram.com/dita_karang1296

Idol K-pop asal Indonesia, Dita Karang yang debut bersama Secret Number juga pernah menghapus akun Instagramnya untuk sementara waktu. Pada awal Juni 2020, perempuan ayu tersebut mengungkapkan bahwa ia hiatus dari Instagram untuk fokus dengan jadwal grup. 

Meski tak lagi memakai akun Instagram personal, kegiatan Dita Karang selama menjadi idola atau aktivitas lainnya bisa tetap dilihat di akun grup resmi, @secretnumber.official. 

3. Seungri eks 'BIGBANG'

Soompi.com

Terjerat kasus Burning Sun di tahun 2019 membuat langkah Seungri eks 'BIGBANG' tak hanya terhenti di dunia hiburan Korea Selatan, tetapi juga media sosial. Pertengahan Maret 2019, Seungri mengumumkan pengunduran dirinya di akun Instagram personalnya. 

Sejak saat itu, ia tidak pernah terlihat lagi di Instagram. Namun usai ditetapkan bersalah, Pusat Bantuan Instagram mengeluarkan pernyataan bahwa terpidana pelanggar seks tidak diizinkan di media sosial. Akun Seungri, @seungriseyo yang memiliki 8 juta pengikut tidak bisa diakses lagi. 

4. Leo 'VIXX'

Koreaboo.com

Pada 2016 silam, salah satu anggota fansite VIXX dituding menerima perlakuan istimewa dari agensi karena ia dapat menghadiri ulang tahun Leo. Padahal, acara tersebut tidak masuk dalam jadwal resmi grup. 

Pertengkaran antar penggemar tidak terhindarkan. Akibatnya, Leo harus menghapus semua akun media sosial, termasuk Instagram hingga situasi mereda. Tidak lama setelah itu, agensi menjelaskan kesalahpahaman yang ada dan menyangkal acara eksklusif yang diberikan kepada penggemar tertentu. 

5. Uee

Pinterest.com

Di tahun 2017, kontroversi menimpa Uee. Ia dianggap berbohong setelah menyangkal kabar kencannya dengan Kangnam. Dispatch berhasil membuktikan kebohongan Uee dengan mengunggah foto keduanya sedang berkencan. 

Uee mengaku dan merasa bersalah karena tidak jujur kepada publik. Ia mengutarakan jika memiliki alasan tersendiri tidak bisa membongkar kehidupan romansanya ke ranah publik. Akibat kritikan tajam dari warganet, Uee memilih untuk menghapus akun Instagramnya untuk sementara waktu. 

6. Lee Hyori

Soompi.com

Hal yang sama juga dilakukan oleh solois, Lee Hyori saat dirinya dikecam oleh warganet karebna melakukan siaran langsung di Instagram bersama Yoona 'SNSD'. Kala itu, COVID-19 masih merajalela, mereka malah melakukan karaoke di saat masyarakat disarankan untuk tidak keluar rumah atau berkumpul. 

Pasca tindakan itu, Lee Hyori mengunggah sebuah foto dengan pengumuman bahwa ia akan berhenti menggunakan Instagram. Ia mengutarakan bahwa keputusannya ini sedikit dipengaruhi oleh isu yang menimpanya. 

7. Jay Park

Kpopstarz.com

Sekitar Desember 2021, Jay Park sempat membuat pengumuman yang mengejutkan bahwa ia mundur dari posisi CEO AOMG dan H1GHR MUSIC. Usai pengunduran dirinya itu, Jay Park juga menghapus akun Instagram lamanya, yaitu @jparkitrighthere.

Di akun itu, ia memiliki lebih dari 5,8 juta pengikut. Melalui akun tersebut, Jay Park dikabarkan bisa menerima 50 juta won atau setara Rp578 juta per unggahan promosi.

Semula, penggemar berspekulasi jika sang solois akan pensiun dini dari dunia hiburan Korea Selatan. Ternyata, Jay Park kembali dengan akun barunya dan fokus merintis bisnis barunya, yaitu Won Soju. 

Nah, itulah deretan idola Korea yang menghapus akun Instagramnya secara permanen atau sementara waktu. Apakah kamu pernah menutup akunmu dan apa alasannya, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life