Terbentuk dari ajang pencarian bakat Mnet Produce X 101, bakat musik dari 11 mantan anggota X1 tidak perlu diragukan lagi. Mereka berhasil membius dan mencuri perhatian penggemar dalam waktu singkat lewat mini album X1 bertajuk Emergency: Quantum Leap.

Namun, popularitas yang diraih X1 dalam waktu singkat juga harus berakhir dengan singkat pula. Grup yang digawangi oleh Lee Eun Sang Cs ini resmi dibubarkan di awal tahun 2020 lalu. Meski tidak lagi bersama, namun kesebelas mantan anggota X1 kembali meniti karier mereka di industri hiburan Korea Selatan. 

Setahun berlalu pasca pembubaran, apa saja kegiatan terbaru yang X1 lakukan? Apakah ada yang menjajal dunia akting? Duh, jadi penasaran sama mereka semua, ya. Cari tahu kabar terbaru mereka di sini, Bela. 

1. Eunsang

Bubar dalam Waktu Singkat, Ini Kegiatan Terbaru 11 Mantan Anggota X1Allkpop.com

Usai menjalani pelatihan di Brand New Music, Eunsang yang mempunyai bakat menari ini akhirnya bergabung di acara kompetisi yang diadakan oleh pihak Mnet. Meski tidak masuk ke dalam peringkat 10 besar Produce X 101, tapi berdasarkan hasil kumulatif selama 12 episode, Eunsang masuk ke dalam jajaran kontestan yang debut bersama X1 saat itu. 

Di usia sangat muda, yakni 16 tahun, Eunsang berhasil mendapatkan posisi vokalis namun tidak bisa bertahan lama di X1. Kini, di usia 18 tahunnya, Eunsang memilih untuk menjadi seorang solois muda berbakat. 

Baru bulan Agustus lalu, Eunsang menyapa penggemar dengan merilis album solo bertajuk Beautiful Scar yang berkolaborasi dengan Woojin 'AB6IX'. Bahkan, album solonya terjual hingga 30,000 keping kopi dan meraih peringkat ke-7 di tangga lagu, Gaon. 

2. Minhee

Bubar dalam Waktu Singkat, Ini Kegiatan Terbaru 11 Mantan Anggota X1Fanpop.com

Dikenal sebagai pangeran dari grup X1, Minhee pertama kali bergabung dengan Produce X 101 setelah ia menjalani pelatihan di bawah agensi Starship Entertainment. Dengan perolehan suara yang didapat sebesar 794.444, Minhee berhasil menempati pertingkat ke-10 di ajang tersebut. 

Hasil tersebut membawa Minhee untuk debut bersama X1 di usia 16 tahun. Saat di X1, Minhee sangat dekat Wooseok dan pernah berbagi kamar dengan Junho dan Hyeongjun. Namun, tujuh bulan setelah pembubaran X1, bakat musik Minhee dipertahankan di agensi. 

Di usianya yang 18 tahun, Minhee menjadi salah satu anggota dari grup pendatang baru yang cukup populer, yakni CRAVITY. Di grup barunya, Minhee mendapat posisi sebagai lead vocalist dan masuk jajaran visual line. 

Januari ini, CRAVITY baru saja merilis album mini ke-3 mereka bertajuk Season 3: Hideout: Be Our Voice dengan lagu andalan "My Turn". Mengejutkannya, video musik mereka telah dilihat sebanyak 10 juta views di minggu pertama penayangan. 

3. Junho

Bubar dalam Waktu Singkat, Ini Kegiatan Terbaru 11 Mantan Anggota X1Kpopping.com

Pemilik paras yang dianggap mirip dengan L 'Infinite' ini memulai debutnya dengan X1 saat masih berusia 17 tahun sebagai seorang vokalis dan visual. Junho menjalani pelatihan di Woolim Entertainment selama 1 tahun 3 bulan sebelum masuk ke acara tersebut. 

Saat pertemuan pertamanya dengan produser dan staf di acara Produce X 101, Junho menyanyikan lagu "Me After You". Nggak heran, kalau vokal dari Junho berhasil masuk peringkat ke-9 dengan perolehan suara mencapai 756.939. 

Kini di usia 18 tahunnya, Junho menyapa penggemar di grup barunya bernama DRIPPIN. Di DRIPPIN, dirinya mendapat posisi cukup banyak, dari lead vocalist hingga center. DRIPPIN sendiri sudah mengeluarkan labum debutnya bertajuk Boyager dan penjualannya mencapai 50.000 di Korea Selatan. Selain di Korea, album tersebut juga membuat rekor di penjualan album Jepang.

4. Dohyon

Bubar dalam Waktu Singkat, Ini Kegiatan Terbaru 11 Mantan Anggota X1Kpopping.com

Dilatih selama 5 bulan di bawah MBK Entertainment, Dohyon berhasil masuk acara Produce X 101. Walau waktu pelatihannya sangat singkat, tapi bakat Dohyon sudah ada sejak lama. Buktinya, ia debut bersama X1 sebagai anggota termuda. 

Dengan perolehan suara sebesar 764,433, Dohyon berada di posisi ke-8 saat ini dan terpilih sebagai main rapper dan maknae di usia 14 tahun, lho. Wah, masih muda tapi udah berprestasi begini, ya. Setelah X1 bubar, Dohyon menjadi bagian dari duo H&D bersama Hangyul. 

Saat ini, Dohyon bergabung di BAE173 dengan posisi yang sama sebelumnya di X1, yakni maknae dan rapper. Dohyun debut bersama BAE173 di November lalu dengan lagu "Crush on U". Penjualan mini album BAE173 juga sangat memuaskan. yakni 20.00 keping kopi dan berhasil nangkring di peringkat ke-12 tangga lagu Gaon. 

5. Hangyul

Bubar dalam Waktu Singkat, Ini Kegiatan Terbaru 11 Mantan Anggota X1Allkpop.com

Di antara mantan anggota X1 lain, Hangul merupakan anggota yang menjalani masa pelatihan terlama, yakni ia menghabiskan waktu sebanyak 4 tahun 2 bulan untuk mempersiapkan debutnya.  

Hangul menjadi bintang dari MBK Entertaiment di usia 19 tahun sebagai main dancer dan lead vocalist di peringkat ke-7 dengan perolehan suara sebanyak 794,411. Mengikuti jejak Dohyun, Hangyul juga ikut bergabung di grup baru bernama BAE173. Posisi yang didapat Hangyul nggak jauh berbeda dari X1, yaitu main dancer dan vocalist.    

6. Dongpyo

Bubar dalam Waktu Singkat, Ini Kegiatan Terbaru 11 Mantan Anggota X1Pinterest.com

Berlatih di usia 16 tahun, Dongpyo membuktikan bakat musiknya dengan mengakhiri acara Produce X 101 sangat baik. Ia meraih perolehan suasa sebsar 824.389 dan berada di peringkat ke-6 di episode akhir. 

Dengan pelatihan selama 1 tahun 5 bulan, Dongpyo sukses mendapat posisi sebagai lead dancer dan vocal line di X1. Selepas X1, Dongpyo sempat menghilang dari peredaran dunia musik Korea Selatan. Tapi kabar yang beredar, Dongpyo akan segera menyapa penggemar dengan debut di bawah grup baru yang beranggotakan 7 orang di bulan Maret nanti.  

7. Seungyoun

Bubar dalam Waktu Singkat, Ini Kegiatan Terbaru 11 Mantan Anggota X1Allkpop.com

Seungyoun menjadi salah satu anggota dari X1 yang sudah punya nama di industri musik Korea, sebelum masuk Produce X 101 sebagai kontestan. Sedikit kilas balik, Seungyoun sebenarnya sudah debut di grup UNIQ, yakni grup kolaborasi antara YG Entertainment dan Yuehua Entertainment pada 2014 lalu. 

Kemudian, ia juga sempat mengikuti kompetisi rap berjudul Show Me the Money 5 di 2016, dan berhasil debut sebagai solois dengan nama panggung Luizy, tapi berganti nama panggung menjadi WOODZ. 

Setelah itu, Seungyoun kembali mencoba peruntungannya di Produce X 101. Dengan segudang pengalaman di industri musik, ia berhasil masuk 5 besar dengan perolehan suara sebanyak 929.311. Di X1, Seungyoun menempati posisi sebagai main vocal dan lead rapper. 

Bubarnya X1, Seungyoon disibukkan dengan kegiatan solois, WOODZ. Ia juga sudah merilis mini album solo, Equal di Juni tahun lalu dan disusul album lain, Woops! di November. Kerennya, kedua album WOODZ meraih penjualan mencapai 100.000 keping kopi dan bertengger di peringkat 5 besar tangga lagu Gaon.  

8. Hyeongjun

Bubar dalam Waktu Singkat, Ini Kegiatan Terbaru 11 Mantan Anggota X1Twitter.com/x1archive_

Setelah mengikuti pelatihan 1 tahun 3 bulan, Hyeongjun juga bergabung di acara yang sama, Produce X 101. Hebatnya lagi, ia menjadi salah satu dari sekian banyaknya kontestan dari Starship Entertainment yang mendapat lebih dari 1 juta perolehan suara saat itu. 

Hyeongjun menempati peringkat ke-4 di acara tersebut pada usia 16 tahun dan berhasil debut di X1 sebagai lead dancer, rapper, dan vocalist. Meski jalannya cukup terjal usai X1 bubar, tapi kini Hyeongjun bergabung di CRAVITY bersama rekan X1-nya dulu, Minhee di usia 18 tahun. 

Di grup terbaru, Hyeongjun menempati posisi main dancer dan sebagian vocal line. Bahkan di CRAVITY, ia mendapatkan penghargaan kategori Rookie of The Year di beberapa acara. Makin bangga melihat perkembangan dari Hyeongjun, ya, Bela. 

9. Seungwoo

Bubar dalam Waktu Singkat, Ini Kegiatan Terbaru 11 Mantan Anggota X1Kpopping.com

Sebagai anggota tertua di X1, Seungwoo juga sudah lebih dulu terjun di industri musik Korea pada tahun 2016. Ia debut bersama grupnya, VICTION dengan segudang posisi, yakni leader, lead rapper, lead vocalist, dan lead dancer

Di usia 24 tahun, Seungwoo menjajal acara Produce X 101. Sepanjang acara tersebut, Seungwoo sukses meraih perolehan suara lebih dari 1 juta dan berada di posisi ke-3. Ia pun didapuk sebagai leader dan main vocalist di X1, lho.  

Tidak lama setelah X1 bubar, Seungwoo berkarier dengan ke grup lamanya, VICTION. Seungwoo baru saja merilis album terbarunya bersama VICTION di Januari 2021 dengan judul "What I Said". Selain itu, ia juga sempat merilis solo album bertajuk Fame dan berhasil menemapti peringkat ke-2 di tangga lagu Gaon.

10. Wooseok

Bubar dalam Waktu Singkat, Ini Kegiatan Terbaru 11 Mantan Anggota X1Pinterest.com

Sama seperti beberapa anggota X1 lainnya, ternyata Wooseok juga pernah debut sebagai vocalist dan visual di UP10TION dengan nama panggung Wooshin pada 2015. Ada yang sadar nggak, nih? 

Lalu, Wooseok mencoba bergabung dengan Produce X 101 di pertengahan kariernya. Ia pun membuat rekor dengan mencapai 1.304.033 suara selama acara berlangsung dan menempati posisi ke-2. Wooseok akhirnya debut bersama X1 di usia cukup muda, 22 tahun sebagai seorang lead vocalist dan visual tentunya.  

X1 bubar, kini Wooseok kembali ke UP10TION dan sudah merilis single berjudul "Light" di September tahun lalu. Malah di usia 24 tahunnya, Wooseok membuat gebrakan baru dengan mengeluarkan album solo bertajuk1st Desire [Greed] . Luar biasanya, solo album Wooseok ini terjual hingga 110,000 keping kopi. 

11. Yohan

Bubar dalam Waktu Singkat, Ini Kegiatan Terbaru 11 Mantan Anggota X1Kpopping.com

Terakhir, ada jawara-nya X1 yaitu Kim Yohan yang berhasil mengumpulkan perolehan suara sebanyak 1.334.011. Tinggi suara yang diraih Yohan membuat laki-laki multitalenta ini meraih popularitas yang sangat pesat. 

Dilatih hanya dalam waktu 3 bulan saja, sebelum Yohan resmi bergabung di acara tersebut. Di usia 19 tahun, Yohan sudah memegang banyak posisi di X1 dari lead rapper, vocalist, hingga center

Bubarnya X1, Yohan sempat fokus ke dunia akting. Ia pernah dipercaya untuk memerankan karakter di drama School 2020, namun sayang daram tersebut dibatalkan beberapa bulan kemudian. 

Kini, penggemar Yohan bisa kembali melihat paras tampan dan merduanya suara Yogan di grup barunya, WEi di bawah naungan Oui Entertainment. Di grup tersebut, Yohan mendapat posisi lead dancer, lead vocalist, dan sub rapper. WEi sendiri telah mengeluarkan album debut bertajuk Twillight, lho. Ada yang sudah menonton penampilan terbaru dari Yohan?

Nggak terasa setahun sudah X1 bubar, tapi sinar masing-masing anggota X1 terus bertahan di dunia musik Korea, ya. Meski berpisah jalan, semoga karier mereka dilancarkan, ya. Kamu sendiri, kangen sama X1 nggak, Bela?

Baca Juga: Resmi Dibubarkan, Ini Kontroversi di Balik Boyband X1

Baca Juga: 9 Fakta Debut Member X1, dari Plagiat hingga Foto Jadul Mereka 

Baca Juga: Resmi Bubar, Kenang Pesona Member Gugudan di Atas Panggung