Ketika secara tidak sengaja ponselmu terjatuh ke dalam air, hal yang pertama kali terjadi pasti adalah panik dan kemudian mengusahakan supaya ponselmu segera kering. Bagaimana cara yang tepat supaya ponselmu tetap berfungsi seperti sediakala? 

Jangan khawatir, ini enam pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan terhadap ponselmu, siapa tahu saja masih berfungsi.

1. Jangan Coba Menyalakan Ponsel

Ponselmu Jatuh Ke Dalam Air? Ini 6 Cara  Pertolongan Pertamanyapexels.com

Ketika ponselmu mati karena tenggelam di dalam air saat diangkat, jangan coba-coba untuk langsung menyalakannya karena mencoba switch on kembali setelahnya akan memperburuk kondisi, keselamatan sirkuit dan mesin perangkat ponsel yang ada di dalamnya. Kondisi ini berbahaya karena bisa memperparah dan menyebabkan terjadinya korstleting atau arus pendek.

2. Simpan Ponsel di Dalam Kantung Beras

Ponselmu Jatuh Ke Dalam Air? Ini 6 Cara  Pertolongan Pertamanyapinterest.com

Ketika ponsel dalam keadaan mati kemudian langsung lepaskan baterai bersama memory card dan kartu SIMnya. Langkah selanjutnya, benamkan ponselmu di dalam kantung plastik bersegel berisi beras. Mengapa beras karena beras akan menyerap cairan tersebut dan menyebabkan kondisi beras menjadi basah. Efeknya jika tidak berhati-hati, beras dalam kondisi basah tersebut akan menempel di lubang ponsel. Tetapi keunggulannya lebih mudah di dapat karena pada umumnya menjadi makanan pokok orang Indonesia.

3. Benamkan Ponsel di Mangkuk Berisi Silica Gel

Ponselmu Jatuh Ke Dalam Air? Ini 6 Cara  Pertolongan Pertamanyayoutube.com

Silica gel sebenarnya berfungsinya sama dengan beras hanya saja penggunaannya jauh lebih aman. Silica gel sendiri merupakan gel keras berbentuk bulat-bulat yang dibungkus di dalam kantung kertas berukuran mungil yang biasanya terdapat di dalam kemasan makanan seperti kue, vitamin, buah-buahan beku dan lainnya untuk menjaga kondisi barang supaya tetap kering dan tidak lembap karena fungsinya untuk menyerap kadar air. 

4. Keringkan Ponsel

Ponselmu Jatuh Ke Dalam Air? Ini 6 Cara  Pertolongan Pertamanyapexels.com

Jika ponselmu jatuh di dalam air yang kotor atau air laut yang asin, hal pertama yang kamu lakukan yaitu memastikan kondisinya menjadi bersih kembali. Hilangkan kotoran atau sisa garam tersebut dengan cara menyekanya atau membersihkan ponselmu menggunakan lap basah saja.

5. Hindari Sumber Energi Panas atau Dingin yang Berlebihan

Ponselmu Jatuh Ke Dalam Air? Ini 6 Cara  Pertolongan Pertamanyatechadvisor.co.uk

Hindari untuk mengeringkan ponselmu menggunakan bantuan sumber panas untuk mencoba dan membuat kondisi air dalam ponsel menguap. Hal tersebut tidak dianjurkan karena ponselmu dan teknologi pendukungnya tidak didesain untuk menerima suhu yang panas secara berlebihan seperti menggunakan pengering rambut, panas lampu, atau dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Alhasil bukannya lekas mengering tetapi dapat merusak sparepart ponselmu. 

6. Membiarkan Mengering Sendiri

Ponselmu Jatuh Ke Dalam Air? Ini 6 Cara  Pertolongan Pertamanyapexels.com

Siapkan waktu paling cepat sehari atau empat puluh delapan jam untuk membuat kondisi ponselmu kembali kering. Kamu bisa mengeringkan dengan memposisikan ponselmu dalam kondisi miring sehingga port USB yang menghadap ke bawah dan sisa-sisa air yang masih ada di dalam ponsel akan mengalir keluar dari ponsel.

Semoga ponselmu yang tercebur terselamatkan ya!

Baca Juga: Sudah Terlalu Banyak Gambar di Galeri Ponsel? Ini 4 Cara Mengatasinya