Memasuki bulan terakhir tahun 2021, sederetan drama Korea terbaru pun siap menemani keseharianmu. Para penonton akan disuguhkan genre yang bervariasi mulai dari rom-com, thriller-misteri, fantasi, hingga saeguk. 

Sederetan drama yang ditunggu-tunggu seperti Snowdrop, Bad and Crazy, hingga The Silent Sea pun segera tayang. Penasaran apa saja drama lainnya yang paling dinanti?Yuk, simak sederetan rekomendasi drama Korea Desember 2021 yang paling dinanti.

1. Snowdrop

https://www.youtube.com/embed/GWvVZgyv5UE

Tanggal Tayang: 18 Desember 

Tayang Melalui: JTBC, Disney+

Genre: Melodrama, Romance

Pemeran: Jung Hae In, Kim Ji Soo, Jang Seung Joo, Yoo In Na, Kim Hye Yoon, Yoon Se Ah, Jung Yoo Jin

Drama yang dibintangi Jung Hae In dan Jisoo BLACKPINK ini sudah sangat dinantikan penayangannya oleh para penggemar drama Korea. Setelah menuai kontroversi, drama ini akhirnya resmi tayang pada bulan Desember. Berlatar belakang Gerakan Demokrasi tahun 1987, Snowdrop mengangkat kisah seorang pria yang melarikan diri dari penjara politik di Korea Utara.

Pria tersebut akhirnya diselamatkan seorang mahasiswi bernama Eun Yong Ro (Kim Ji Soo). Eun Yong Roo akhirnya membantunya bersembunyi di sebuah asrama perempuan. Sejak saat itu, mereka menjalin hubungan romantis yang lebih serius. 

Ada 'Snowdrop', Ini 10 Drama Korea Desember 2021 yang Paling Dinantikpoppost.com

2. The Silent Sea

https://www.youtube.com/embed/Ox6CY2CXhuE

Tanggal Tayang: 24 Desember 

Tayang Melalui: Netflix

Genre: Thriller, Mystery, Horror, Sci-Fi

Pemeran: Gong Yoo, Bae Doo na, Lee Joon, Heo Sung tae

The Silent Sea, serial Netflix yang berlatar pada tahun 2075 ini, mengangkat kisah bumi yang telah kehilangan sumber dayanya. Bumi terlihat menjadi gurun dan hampa kehidupan. Maka, sekelompok peneliti pun mulai menjalani misi berbahaya di pangkalan penelitian yang ditinggalkan di bulan untuk memecahkan misteri tersebut. Misi berbahaya ini melibatkan mereka untuk mengambil sampel dari fasilitas penelitian yang ditinggalkan. 

Ada 'Snowdrop', Ini 10 Drama Korea Desember 2021 yang Paling DinantiNetflixKr

3. Bulgasal: Immortal Souls

https://www.youtube.com/embed/HruNqXdHC-Y

Tanggal Tayang: 18 Desember 

Tayang Melalui: tvN

Genre: Fantasy, Drama

Pemeran: Lee Jin Wook, Kwon Na Ra, Gong Seung Yeon, Lee Joon

Penggemar drama genre fantasi wajib masukin drama ini dalam wishlist! Bulgasal: Immortal Souls mengangkat kisah dua karakter misterius yang mengulang kematian, reinkarnasi kembali dan hidup selama 600 tahun.

Karakter pertama merupakan seorang lelaki yang dikutuk menjadi Bulgasal, mahkluk pemakan darah manusia yang juga dikutuk dengan keabadian. Didampingi karakter kedua, yang telah melalui beberapa proses reinkarnasi namun tetap berhasil membawa semua ingatannya dari masa lalu ke masa sekarang. 

Ada 'Snowdrop', Ini 10 Drama Korea Desember 2021 yang Paling Dinantikpoppost.com

3. Our Beloved Summer

https://www.youtube.com/embed/wpW6aVWgvMc

Tanggal Tayang: 6 Desember 

Tayang Melalui: SBS, Netflix

Genre: Romance, Comedy

Pemeran: Kim Da Mi, Choi Woo Sik, Kim Sung Cheol, No Jung Ui

Bagi para penggemar rom-com, siap-siap masukin drama ini dalam watchlist, ya! Choi Woo Sik dan Kim Da Mi kembali reuni bersama dalam Our Beloved Summer setelah sebelumnya melakoni The Witch.

Drama ini mengangkat kisah Choi Woong (Choi Woo Shik) dan Kook Yeon Soo (Kim Da Mi), pasangan mantan kekasih yang saling membenci, hingga akhirnya berjanji untuk tidak pernah bertemu kembali. Namun, mereka terpaksa bertemu lagi suatu hari karena kejadian sebuah film dokumenter yang pernah mereka rekam 10 tahun lalu menjadi viral.  

4. User Not Found

https://www.youtube.com/embed/qnwbHHYrCNc
https://www.youtube.com/embed/tCY34EuEs2o

Tanggal Tayang: 3 Desember 

Tayang Melalui: KOK TV YouTube

Genre: Youth, Friendship, Romance

Pemeran: CIX’s Bae Jin Young, Shin So Hyun, Han Ye Ji, Ahn Se

Drama User Not Found mengangkat kisah dua mahasiswi di sekolah menengah dengan nama yang sama. Keduanya kemudian pindah ke sekolah yang baru secara bersamaan.

Mereka berencana mengubah identitas masing-masing dengan harapan bisa mengubah nasib. Kehidupan dengan identitas baru pun membawa petualangan yang tak terduga.

5. Bad and Crazy

https://www.youtube.com/embed/c4fBaIUhDBU
https://www.youtube.com/embed/VLSIGKr7f9E

Tanggal Tayang: 17 Desember 

Tayang Melalui: tvN, iQiYi

Genre:  Fantasy, Action, Thriller, Mystery

Pemeran:  Lee Dong Wook, Wi Ha Joon, Han Ji Eun, Cha Hak Yeon (VIXX’s N), Sung Ji Ru, Kim Dae Gon

Siapa yang masih kangen si polisi berkarisma Hwang Jun Ho di Squid Game? Wi Ha Joon akan kembali menghibur dalam drama terbarunya, Bad and Crazy bersama Lee Dong Wook sebagai pemeran utama, lho!

Bad and Crazy berpusat pada karakter utama bernama Soo Yeol (Lee Dong Wook) yang berprofesi sebagai seorang detektif. Soo Yeol merupakan seorang detektif yang kompeten, namun memiliki karakter materialistis dan gemar berkorupsi. Sifatnya perlahan mulai berubah menjadi lebih positif ketika karakter K (Wi Ha Joon) yang merupakan alter ego Soo Yeol, muncul dalam kehidupannya dan menyelamatkannya.

Ada 'Snowdrop', Ini 10 Drama Korea Desember 2021 yang Paling Dinantiinstagram.com/tvn_drama

6. Artificial City

https://www.youtube.com/embed/F8QR0Ubhs24

Tanggal Tayang: 8 Desember 

Tayang Melalui: JTBC

Genre: Psychological Drama, Mystery, Thriller

Pemeran: Park Soo Ae, Kim Kang Woo, Kim Mi Sook, Lee Hak Joo, Lee Chong Joo, Kim Young Jae

Artificial City merupakan drama comeback Park Soo Ae setelah lama tak terlihat di layar kaca. Drama thriller-misteri ini mengangkat sisi gelap orang-orang yang terbutakan karena keserakahan dan kekuasaan. Sisi gelap ini berpusat pada sekelompok orang yang terlibat dalam Sungjin Group, perusahaan konglomerat yang berpengaruh di dunia politik dan keuangan di Korea Selatan, yang juga mendirikan museum seni Space Jin. 

7. Uncle

https://www.youtube.com/embed/V22gyu-7jxA

Tanggal Tayang: 11 Desember 

Tayang Melalui:  TV Chosun

Genre:  Drama, Music, Comedy

Pemeran: Oh Jung Se, Lee Kyung Hoon, Jeon Hye Jin, Park Sun Young, Lee Sang Woo, Hwang Woo Seul Hye

Pemeran Jung Goo Young dalam Jirisan ini juga akan melakoni drama Uncle sebagai pemera utama. Uncle mengangkat kisah seorang musisi yang putus asa dan tidak punya pekerjaan. Mesipun berada di titik terendah dalam kehidupannya, ia dititipkan untuk merawat keponokannya yang masih kecil karena penceraian saudara perempuannya. Dirinya yang tidak terbiasa merawat anak pun tetap berusaha keras menghadapi cobaan.

9. When Flowers Bloom, I Think of the Moon

https://www.youtube.com/embed/XNV3qVt0gGA

Tanggal Tayang: 20 Desember 

Tayang Melalui:  KBS2

Genre:  Historical, Drama, Romance, Comedy

Pemeran:  Yoo Seung Ho, Lee Hye Ri, Byeon Woo Seok, Gugudan’s Kang Mi Na, Jang Gwang, Choi Won Young

Lee Hye Ri dan Jang Ki Yong akhirnya reuni kembali dalam drama terbaru ini setelah melakoni My Roomate is a Gumiho sebagai pemeran utama. When Flowers Bloom, I Think of the Moon merupakan drama saeguk yang mengangkat latar era Dinasti Joseon selama periode yang memiliki undang-undang larangan alhokot terketat sepanjang sejarah. Larangan ini dinilai tak sesuai dengan keinginan manusia pada masa tersebut. 

10. Only One Person

https://www.youtube.com/embed/tonzvpwVVJY

Tanggal Tayang: 20 Desember 

Tayang Melalui:  JTBC

Genre: Drama, Romance, Melodrama

Pemeran: Kim Kyung Nam, Ahn Eun Jin, Park Soo Young (Red Velvet’s Joy), Kang Ye Won, Han Gyu Won, Dong Sang Woo

Only One Person mengangkat kisah tiga perempuan yang sakit parah dan bertemu di rumah sakit yang sama. Tak disangka, ketiga perempuan tersebut telribat dalam kasus pembunuhan berantai, sehingga memutuskan untuk menghabiskan nyawa si pelaku sebelum mereka mati. Namun, dalam proses mengungkapkan kebenaran, mereka dipertemukan dengan 'seseorang' yang berharga.

Itulah sederetan drama Korea bulan Desember 2021 yang paling dinanti, Bela. Bela menantikan penayangan drama yang mana, nih?

Baca Juga: 'Bulgasal', Drama Korea Kwon Nara yang Dituding Mirip Kisah 'Goblin'

Baca Juga: 5 Fakta The Silent Sea, Serial Drama Terbaru Gong Yoo

Baca Juga: Wi Ha Joon Jadi Alter Ego Lee Dong Wook, Duo Tampan di 'Bad and Crazy'