Sukses menghadirkan drama Korea bertema fantasi, tvN kembali mempersiapkan drama Korea blockbuster bertema serupa dengan biaya produksi menyentuh puluhan miliar won berjudul Bulgasal.

Drama Korea tersebut dibintangi oleh Kwon Nara sebagai pemeran utama dan sudah tayang perdana 18 Desember 2021 jam 21:00 KST atau 19:00 WIB. Bulgasal menjadi drama korea menggantikan slot drama Jirisan. Namun, perilisan Bulgasal menuai kritik dari warganet. 

Warganet menuding jika alur kisah dari Bulgasal mirip dengan drama Korea terpopuler sepanjang masa, yakni Goblin yang dibintangi oleh Kim Go Eun dan Gong Yoo. Benarkah demikian? Padahal, biaya produksi yang dikeluarkan melebihi Jirisan, lho. Yuk, cari tahu fakta sebenarnya di bawah ini. 

Diangkat dari cerita rakyat Korea Selatan

Dikritik, Drama Korea 'Bulgasal' Dituding Mirip Kisah 'Goblin'Hancinema.net

Digarap oleh Seo Jae Won dan Kwo So Ra, drama Korea ini sebenarnya diangkat dari cerita rakyat Korea Selatan. Bulgasal adalah makluk mitos Korea Selatan yang memiliki makna ganda, yakni 'mustahil untuk dibunuh' dan 'bisa dibunuh melalui api'.

Bulgasal digambarkan sebagai sosok pemakan darah manusia dan muncul dalam kisah rakyat dari Dinasti Goryeo yang dipimpin oleh Wang Geon sejak tahun 918 sampai tahun 1392. Mahkhluk ini diciptakan oleh seorang biksu Buddhan saat berada di pengungsian. 

Mengangkat makhluk mitos yang mencekam

Dikritik, Drama Korea 'Bulgasal' Dituding Mirip Kisah 'Goblin'Hancinema.net

Sama-sama bertema fantasi dan makhluk abadi membuat warganet melihat alur kisah Bulgasal mirip dengan Goblin. Padahal, drama Korea tersebut memiliki premis utama yang berbeda saat tim produksi merilis poster utama Bulgasal.

Duet penulis naskah yang sebelumnya terlibat dalam drama Korea, The Guest menginginkan kisah makhluk mitos yang kejam dan mencekam untuk dijadikan karakter utama. Plot cerita Bulgasal berfokus pada dua karakter, seorang perempuan muda dengan beberapa kali reinkarnasi dan seorang laki-laki yang mengincar nyawa perempuan tersebut. 

Kwon Nara menjadi target balas dendam bulgasal

Dikritik, Drama Korea 'Bulgasal' Dituding Mirip Kisah 'Goblin'soompi.com

Berperan sebagai Hong Da In di Royal Secret Agent (2020-2021), Kwon Nara didapuk oleh tim produksi Bulgasal sebagai Min Sang Woon. Ia menjadi target balas dendam bulgasal karena hubungan masa lalunya yang buruk. 

Diceritakan, Min Sang Woon merupakan seorang bulgasal sebelum dirinya bereinkarnasi sebagai manusia. Sang Woon melakukan beberapa kali reinkarnasi dalam upaya melarikan diri dari bulgasal yang terus-menerus mengejarnya. 

Lee Jin Wook memainkan mahkluk abadi

Dikritik, Drama Korea 'Bulgasal' Dituding Mirip Kisah 'Goblin'soompi.com

Sempat bermain Sweet Home (2020), Lee Jin Wook kembali mengambil genre serupa dengan karakter yang lebih kuat. Di Bulgasal, aktor veteran ini memainkan mahkhluk abadi bernama Dan Hwal yang menargetkan Min Sang Wook. 

Dan Hwal merupakan bulgasal yang pernah pernah menjadi manusia enam ratus tahun yang lalu. Kemudiam, ia berubah menjadi bulgasal selama Dinasti Joseon dan bekerja sebagai pejabat militer. Dan Hwal memiliki misi untuk menghapus sisa-sisa dinasti sebelumnya yang berhasil kabur. 

Drama comeback Lee Joon sehabis wamil

Dikritik, Drama Korea 'Bulgasal' Dituding Mirip Kisah 'Goblin'Hancinema.net

Tak hanya dibintangi Kwon Nara dan Lee Jin Wook, Bulgasal juga menggaet beberapa aktor-idol. Salah satunya, Lee Joon yang merupakan mantan anggota MBLAQ. Dalam drama Korea tersebut, ia berperan sebagai Ok Eul Tae. 

Ok Eul Tae digambarkan sebagai karakter yang energik dan berkharisma. Ia hidup abadi selama berabad-abad dan senang mengumpulkan kekayaan dalam jumlah besar untuk mengendalikan para politis, pengusaha, dan media. Ia merupakan sosok yang paling berpengaruh di zaman tersebut

Menghabiskan dana hingga puluhan miliar won

Dikritik, Drama Korea 'Bulgasal' Dituding Mirip Kisah 'Goblin'Soompi.com

Menjelang penayangan, tim produksi Bulgasal telah merilis poster utama dan cuplikan singkat yang menampilkan Dan Hwal yang tengah berjalan sendirian di gang kota modern sebelum berubah wujud sebagai perwira militer. 

Dan Hwal menemukan Min Sang Woon yang kabur darinya seraya berkata, "Bulgasal, yang tidak bisa membunuh atau dibunuh." Ekspresi Dan Hwal menyiratkan kesedihan karena hidup sebagai makluk pemakan darah manusia. Sementara, Min Sang Woon melihat ke arah yang berbeda dengan tatapan penuh luka.  

Biaya produksi yang digelontorkan untuk Bulgasal pun tidak main-main, yaitu sebesar 40 miliar won atau sekitar 482 miliar rupiah untuk 16 episode. Tentu saja, biaya produksi ini melebihi biaya produksi Jirisan yang sekitar 32 miliar won atau setara 368 miliar rupiah. 

Akankah Bulgasal memiliki kisah cinta seperti Eun Tak dan Kim Shin? Buat yang penasaran, kamu bisa intip dahulu cuplikan singkat dari Bulgasal yang tayang Desember 2021 ini, Bela.

https://www.youtube.com/embed/bhnaYAGTPY0

Baca Juga: 5 Pemeran Keren 'Big Mouth', Drama Korea Terbaru dari Yoona 'SNSD'

Baca Juga: Akan Sepopuler 'Squid Game', 7 Fakta 'Hellbound' yang Patut Dinanti 

Baca Juga: Fakta Serial Thriller-Misteri ‘Chimera’, Drama Terbaru Park Hae Soo