Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rekomendasi 7 Gim Kriminal yang Bikin Liburan Makin Seru

Para pemain diajak menjadi seorang detektif

Zikra Mulia Irawati

Salah satu hiburan yang dapat digunakan untuk mengisi waktu luang selama liburan yaitu bermain gim. Dengan berkembangnya teknologi, ada banyak pilihan gim yang kini bisa kamu pilih.

Salah satu tema gim yang banyak diminati saat ini adalah kriminal. Berbeda dengan menonton film, dengan bermain game kriminal kita juga ditantang untuk memecahkan permasalahan, seperti pembunuhan, pencurian, dan masih banyak lagi.

Lantas, gim kriminal apa saja yang worth it untuk dimainkan? Simak rekomendasinya di bawah ini, yuk!

1. Detroit: Become Human

Saat memainkan gim ini, ada tiga karakter dari tiga cerita, yaitu Connor, Kara dan Markus. Quantic Dream sebagai penyedia permainan ini menguji formula andalan mereka, yaitu pilihan cerita, QTE (quick-time event), hingga karakter berpenampilan realistis.

Salah satu karakter dengan cerita yang menarik adalah Connor. Ia merupakan sebuah robot android canggih yang membantu para penegak hukum manusia. Dalam gim ini, Connor akan melakukan investigasi terhadap kasus Android yang menyimpang atau keluar jalur dari perilakunya yang telah terprogram.

2. Professor Layton and the Unwound Future

Gim satu ini lebih mengarah kepada teka-teki dan misteri yang disediakan oleh warga lokal. Salah satu petualangan terbaiknya adalah the Unwound Future. Di sini, Profesor Layton dan muridnya Luke memiliki misi memperbaiki dunia, pasca diberi tahu oleh Luke yang menjelajahi waktu dari 10 tahun di masa depan.

Sebelumnya, gim ini hanya tersedia di beberapa konsol Nintendo. Namun, 2020 kemarin gim ini dirilis ulang dalam bentuk HD remake di perangkat mobile.

3. The Wolf Among Us

The Wolf Among Us jadi salah satu gim terbaik yang dibuat oleh Telltale gims. Berformat episodik dan mengacu pada serial komik – Fables, gim ini mengisahkan seorang sheriff berwujud manusia serigala bernama Bigby Wolf di mana ia menginvestigasi serangkaian pembunuhan.

Karakter-karakter The Wolf Among Us terinspirasi dari karakter-karakter populer di dongeng, namun dalam latar dunia yang kelam. Sequelnya dikabarkan akan dirilis 2023 mendatang. Untuk kamu yang suka bereksplorasi, gim ini cocok banget, deh, kamu mainkan.

4. Judgement

Melalui Judgement, kamu akan mengikuti perjalanan seorang detektif swasta bernama Takayuki Yagami. Kasus yang akan diinvestigasi adalah serangkaian pembunuhan di jalanan kumuh bernama Kamurocho.

Agar kamu makin merasakan sensari misteri, gim ini juga menawarkan gimplay pertarungan jalanan seperti yang jadi ciri khas berbagai gim Yakuza, mode detektif untuk melaksanakan misi pengintaian, pengejaran tersangka potensial, bahkan penyamaran. Seru banget, kan?

5. Thimbleweed Park

Thimbleweed Park memang berasal dari penyedia indie. Namun, keseruannya dalam mengusung mekanisme point-and-click dan menyajikan beberapa karakter yang dapat dimainkan guna memperkaya cerita yang diusungnya tak bisa kamu abaikan begitu saja.

Gim ini akan diawali dengan dua detektif yang diminta untuk datang ke sebuah kota bernama Thimbleweed Park untuk memecahkan misteri pembunuhan. Dalam prosesnya, kamu sebagai pemain akan diajak untuk menjelajahi kota, tempat, dan mengenal orang-orang aneh yang hidup di dalamnya.

6. Disco Elysium

Disco Elysium juga berkisah tentang detektif yang mengungkap kasus pembunuhan di sebuah kota. Namun, ia mengalami amnesia dan mengajak pemain untuk mengingat kembali peristiwa di masa lalu dari karakter utama. 

Keunggulan gim ini adalah memadukan genre kriminal dan misteri dengan dialog yang padat. Selain itu, kombinasi visual bergaya lukisan, karakter-karakter aneh, hingga kemampuan untuk memilih jalan cerita akan menawarkan pengalaman yang mengesankan bagi para pemainnya.

7. L.A. Noire

Kamu ingin bermain gim sambil menikmati pemandangan kota Los Angeles? L.A. Noire adalah pilihan gim yang wajib kamu coba. Meski telah berusia 11 tahun, visualisasi latar dan karakter yang realistis dalam permainan ini selalu punya tempat spesial bagi para pemainnya.

Selama memainkan L.A. Noire, pemain akan berperan sebagai polisi bernama Cole Phelps. Ia harus memecahkan kasus kriminal agar bisa menjadi detektif yang lebih baik. Dijamin pemain akan terhanyut ke dalam karakternya karena beberapa adegannya berformat hitam putih yang memperkuat kesan misterius.

Mau coba memainkan yang mana, Bela?

 

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman idntimes.com dengan judul “7 Game Bertema Kriminal Terbaik, Seru dan Menegangkan!” yang ditulis oleh Arif Gunawan.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration