Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Teknologi Dalam Satu Dekade Terakhir Sangat Berkembang, Ini 7 Buktinya

Perubahannya banyak banget!

Tri Sintarini

Smartphone dengan segala kemudahannya, itu fakta yang paling tepat saat melihat perubahan teknologi pada satu dekade terakhir ini. Meski terbilang singkat, mulai dari 2010 hingga 2019 terasa sekali banyak perubahan di sekitar kita khususnya di bidang teknologi, bahkan yang dulu terasa nggak mungkin, kini bisa kamu rasakan dengan beragam kemudahannya. 

Kamu turut merasakannya bukan? Realitanya seperti 7 fakta berikut ini.

1. Instagram

Pexels / Oleg Magni

Instagram merupakan platform media sosial yang sangat populer akhir-akhir ini. Kamu bisa mengekspresikan diri dan mengunggah hal-hal yang menyenangkan untuk teman-temanmu sampai dengan mengikuti akun selebritas favoritmu untuk mengetahui kabar terbaru. 

Tetapi 10 tahun yang lalu bahkan media sosial Instagram tidak ada. Media sosial yang satu ini secara resmi baru dirilis melalui AppStore pada 6 Oktober 2010.

2. iPhone

Unsplash / Amel Hasanovic

Masa itu iPhone sudah ada namun ukurannya masih kecil dan spesifikasinya masih terbatas tetapi harganya cukup tinggi. Kini iPhone sangatlah berkembang, lebih terjangkau dan kemajuan teknologinya semakin keren. Seperti meningkatnya spesifikasi kamera, kamera selfie, kapasitas penyimpanan sampai dengan tampilan grafiknya.

3. Smartphone VS Telepon Genggam

Pexels / it's me neosiam

Pada tahun 2009, iPhone dan smartphone sebenarnya bukanlah barang baru tetapi harganya mahal dan eksklusif sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa memilikinya. Salah satu yang populer di tahun 2010 adalah BlackBerry dan tentunya handphone yang memiliki fungsi terbatas hanya untuk menelepon atau sekadar mengirimkan SMS saja. 

Tetapi kini smartphone dan gadget yang menggunakan teknologi Android telah merajai pasaran dan kamu bisa memperoleh fasilitas canggih dengan kisaran harga mulai dari satu jutaan saja. 

4. Netflix atau Tayangan Streaming

theverge.com

Dulu kalau nonton serial hanya bisa melalui TV Kabel atau DVD saja yang artinya kamu harus membelinya terlebih dahulu. Kini sejak ada Netflix dan layanan streaming lainnya kamu bisa nonton dengan nyaman dan bebas waktunya kapan saja karena selama kamu berlangganan, memiliki Wi-Fi ataupun paket data.

5. Pekerjaan yang Memaksimalkan Manfaat dan Fasilitas Melalui Media Sosial

pinterest.com

Jika dulu media sosial seperti MySpace dan Facebook hanya berfungsi untuk menjaga silaturahmi dengan teman dan keluarga, kini melalui media sosial seperti Instagram telah membuka lapangan pekerjaan baru. 

Kita bisa memanfaatkannya untuk menjalankan bisnis online yang mampu menjaring pembeli sebanyak-banyaknya dan menjadi influencer yang menghasilkan uang yang jumlahnya tak sedikit. 

6. Teknologi GPS yang Bisa Digunakan Melalui Smartphone

theverge.com

Sepuluh tahun lalu mungkin acara mencari alamat merupakan hal yang menyulitkan bahkan kita harus memiliki peta, tapi sejak kehadiran teknologi GPS mempermudah segalanya. Bahkan kita bisa memperoleh posisi yang sangat akurat dan tersambung langsung dengan smartphone serta perangkat gadget lainnya. 

Ada beberapa aplikasi yang mendukung pemakaiannya seperti Google Maps ataupun Waze. Salah satu buktinya saat kamu memesan transportasi online menjadi lebih mudah dan tepat. So, nggak perlu khawatir lagi nyasar.

7. Earbud Nirkabel

twitter.com

Sepuluh tahun yang lalu, kebanyakan orang menggunakan headphone berkabel untuk dicolokkan langsung ke ponsel atau iPod mereka meskipun hingga kini masih banyak yang nyaman menggunakannya. Tetapi kini perangkat earbud tanpa kabel ini mulai populer dan sangat ekonomis serta terjangkau.

Jadi lebih mudah ya semuanya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration