Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Peristiwa di Indonesia Ini Viral Banget Sepanjang Tahun 2019

Mulai dari selebriti sampai fenomena alam!

Tri Sintarini

Tak terasa kita sudah mencapai penghujung tahun, beragam kejadian pun telah terlalui termasuk 10 peristiwa ini yang tercatat sangat viral di tahun 2019, mulai dari kabar selebriti sampai dengan fenomena alam. Ingin tahu apa saja? Yuk check this out Bela!

1. Pernikahan Syahrini dan Reino Barack yang bikin netizen penasaran.

instagram / @princessyahrini

Berita pernikahan Syahrini dan Reino Barack yang dilaksanakan pada (27/2) di Masjid Camii, Tokyo, Jepang ini sangat tertutup oleh media. Baru pada (10/3) mereka menjawab rasa penasaran khalayak serta membagikan berita bahagia tersebut dengan mengadakan konferensi pers di kawasan Thamrin dan menyelenggarakan resepsi pernikahannya di Four Seasons Hotel, Jakarta pada bulan Mei.

2. MRT Jakarta diresmikan

reuters.com

Indonesia akhirnya memiliki Moda Raya Terpadu (MRT) untuk pertama kalinya yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 24 Maret 2019. Sebelum beroperasi secara reguler, MRT Koridor 1 Rute Lebak Bulus - Bundaran HI ini dilakukan proses uji publik selama 13 hari mulai 12-24 Maret 2019. Kemudian selama kurang lebih satu bulan setelahnya penumpang diberikan layanan gratis sebelum akhirnya diterapkan tarif berbayar.

3. Nadiem Makarim terpilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan termuda

dealstreetsasia.com

Kabinet baru Presiden Jokowi telah terbentuk, salah satu nama yang sukses mencuri perhatian adalah Nadiem Makarim yang terpilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Peraih gelar MBA di Harvard University dan pendiri platform transportasi online Gojek ini menjadi menteri termuda di usianya yang ke 35 tahun. 

4. Viral foto pengendara skuter listrik naik JPO dan berita kecelakaan antara mobil dengan pengendara skuter listrik yang menewaskan 2 orang di kawasan Senayan.

instagram / @binamargadki

Pada bulan November terjadi dua peristiwa viral seputar penggunaan skuter listrik, yaitu pelanggaran yang terekam oleh CCTV dan foto yang memperlihatkan sekelompok anak muda mengendarai skuter listrik di JPO Senayan. Kedua, kecelakaan antara pengguna skuter listrik dengan mobil pribadi yang mengakibatkan 4 orang cedera dan menewaskan 2 orang yaitu Ammar dan Wishnu pada hari Minggu (10/11) dini hari sekitar di  FX Senayan. 

6. Pemadaman Listrik se-Jabotabek, Banten dan Jawa Barat akibatkan banyak fasilitas umum yang tidak berfungsi.

sains.kompas.com

Gangguan yang terjadi pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV pada hari Minggu (4/8) mengakibatkan kegagalan transfer energi dari Timur ke Barat yang menyebabkan terjadinya pemadaman listrik di Jabotabek, Banten dan Jawa Barat.  Pemadaman yang terjadi pada pukul 12.00 siang ini mengakibatkan gangguan operasional pada jaringan telekomunikasi, telpon, KRL, MRT, transportasi sampai dengan layanan perbankan.

7. Tagar #SaveKPK ramai karena pro kontra tentang ajuan perubahan Undang-Undang KPK.

alenia.id

Perubahan 26 poin pada UU KPK yang telah disahkan oleh DPR pada Selasa (24/9) menjadi polemik karena dianggap mengurangi sejumlah kewenangan yang melemahkan peran KPK. Kontroversi ini memancing masyarakat dan mahasiswa untuk berdemonstrasi di depan gedung MPR. 

8. Kasus bullying di Pontianak dengan tagar #JusticeForAudrey menjadi trending topik nomor 1 dunia

today.line.me

Peristiwa bullying yang terjadi pada (29/3) ini dialami oleh Ay (14) siswi SMPN 17 Pontianak yang dikeroyok oleh 12 orang pelajar SMU di kota Pontianak. Problematika  ini berpangkal dari masalah pria. Kasus ini telah ditangani oleh kepolisian. 

9. Sepanjang tahun 2019 terjadi fenomena alam gerhana matahari dan bulan sebanyak 5 kali.

line.today.me

Tahun ini kita merasakan 5 kali gerhana yaitu gerhana matahari sebagian pada 6 Januari, gerhana bulan total (blood moon) pada 21 Januari, kemudian gerhana bulan sebagian pada 17 Juli dan sebagai penutup tahun, gerhana matahari cincin pada tanggal 26 Desember.

10. Berawal dari Twitter, KKN di Desa Penari menjadi viral bahkan akan diangkat ke layar lebar.

twitter.com

Cerita tentang KKN Di Desa Penari bermula dari cuitan akun twitter @SimpleM8137852. Thread-nya tentang kisah horor di sebuah desa yang  dikisahkan dengan dua perspektif cerita yaitu sudut pandang Widya dan Nur. Bahkan saking hebohnya, kisah ini akan difilmkan pada tahun depan.

Semua kabar itu bikin heboh netizen di linimasa!

TOPIC

IDN Media Channels

Latest from Inspiration