Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Amalan untuk Raih Malam Lailatul Qadr

Raih malam teristimewa di bulan Ramadan

Tri Sintarini

Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa karena merupakan waktu turunnya kitab suci al-Quran. Sang Pencipta juga menganugerahkan Lailatul Qadar yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Malam teristimewa ini hadir di sepuluh hari terakhir pada hari-hari ganjil, namun tidak pernah ada yang mengetahui kapan pastinya terjadi karena itu merupakan rahasia-Nya. Hanya orang-orang terpilih yang bisa mendapatkannya.

Al-Quran dalam surat al-Qadr menceritakan tentang kedahsyatan malam ini, "Sesungguhnya telah kami turunkan al-Quran pada Lailatul Qadar. Tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr : 1-5) 

Kamu ingin menjadi salah satu yang memperolehnya? Enam amalan atau ibadah ini dapat kamu lakukan untuk meraih malam Lailatul Qadar ini.

1. Itikaf di Masjid

Pexels.com/Vjapratama

Berdiam di dalam masjid untuk melakukan serangkaian ibadah yang diniatkan hanya kepada Allah Swt merupakan aktivitas yang sering kita temui menjelang akhir Ramadan. Meskipun tidak diwajibkan, namun dianjurkan, karena itikaf memiliki keistimewaan tersendiri sebagai momentum untuk lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa, Maka tidak heran jika umat muslim berlomba-lomba untuk mengisi 10 malam terakhir ini di masjid terutama di malam-malam ganjil untuk meraih Lailatul Qadar.

2. Memperbanyak Ibadah Salat Sunah

pexels.com/rawpixel.com

Menunaikan ibadah salat sunah di bulan Ramadan mampu mengundang pahala berkali-kali lipat seperti salat terawih, tahajjud, hajat, istiharah dan salat taubat. Untuk itu dianjurkan melakukannya dan waktu terbaiknya merupakan tengah malam atau pada sepertiga malam.  Keistimewaan menunaikan ibadah di waktu ini karena  suasana sangat tenang, terbebas dari suasana hiruk-pikuk aktivitas dunia, berpotensi lebih khusyuk dan fokus dalam beribadah. 

3. Memperbanyak Membaca al-Quran dan Mentadaburrinya

Pexels.com/abdulmeilk majed

Setiap huruf dalam al-Quran yang kita bacakan dapat mendatangkan pahala dengan keimanan kepada Allah Swt. Maka dengan meresapi makna dan arti setiap ayat dan surat yang kita bacakan akan menambah ketaqwaan, terutama di waktu malam Lailatul Qadar karena saat itu para malaikat turun dan menebarkan berkah dari Allah Swt. 

4. Berdzikir dan Menyebut nama-Nya

pexels.com/rawpixel.com

Maksimalkan aktivitas berdzikir untuk mengingat Allah dengan menyebut dan memuji nama-namanya. Ragam kalimat dzikir yang bisa dibacakan seperti istigfar, melafalkan takbir, asmaul husna dan lainnya. 

5.Membacakan Doa

pexels.com/rawpixel.com

Kita dapat berdoa untuk memohon dan sebagai bukti kecintaan kita kepada Allah Swt tanpa batas karena hanya kepada-Nya lah kita bergantung. Namun untuk menyambut Lailatul Qadr kita juga dapat melafalkan doa berikut :

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni”

Artinya:

“Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku.”

6. Memperbanyak Taubat

Pexels.com/David Monje

Tak ada manusia yang tak luput dari dosa termasuk diri ini, selagi kita masih mempunyai waktu dan berkesempatan bertemu dengan Ramadan, jangan sia-siakan kesempatan istimewa ini untuk senantiasa memperbanyak taubat dan memohon segala ampunan kepada-Nya.

Itulah ibadah dan amalan untuk meraih malam Lailatul Qadar yang dapat kamu lakukan. Semoga kita menjadi orang-orang  terpilih yang mendapatkan malam istimewa ini.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration