Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ingin Pemasukan Tambahan, 10 Pekerjaan Ini Bisa Dilakukan 

Lumayan untuk tambahan

Tri Sintarini

Sudah bekerja sebaik mungkin tetapi pendapatan belum sesuai dengan harapan? Jangan terburu-buru memutuskan untuk berganti pekerjaan hanya karena alasan gaji, karena kini semakin banyak cara untuk memperoleh penghasilan tambahan. 

Seperti 10 pekerjaan ini yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang.

1. Fotografer

pexels.com

Kamu senang fotografi, jangan sia-siakan kemampuan istimewa  yang satu ini selalu dibutuhkan. Mulai dari kepentingan pribadi misalnya sebagai materi pendukung tulisan perjalanan sampai dengan yang komersil seperti foto pre-wedding, produk dan lainnya. Jika kamu garap dengan serius dan memuaskan konsumen bisa menjadi promosi tersendiri lho. 

2. Penulis Lepas

pexels.com

Kini semakin banyak website yang memerlukan jasa penulis lepas dan tugasmu tinggal mencari yang sesuai dengan passion dan minat. Selain itu  pekerjaan yang satu ini sangat fleksibel dan bisa kamu kerjakan di mana saja. Tak perlu khawatir harus berbenturan waktu dengan pekerjaan utamamu karena yang terpenting tulisanmu selesai sesuai deadline yang disepakati sejak awal.

3. Pengemudi Transportasi Online

unsplash.com

Jika kamu punya motor atau mobil pribadi tak ada salahnya mencari tambahan penghasilan menjadi driver transportasi online. Bahkan di hari kerja sekalipun kamu bisa mencari calon penumpang yang tujuannya searah pulang denganmu. Asyik bukan? Hitung-hitung menjadi perjalanan pulang yang menguntungkan. 

4. Ilustrator

pexels.com

Punya kemampuan desain gambar dan membuat ilustrasi gunakan potensimu, misalnya menerima jasa pembuatan ilustrasi sesuai pesanan, undangan pernikahan atau bahkan membuat produk-produk tertentu seperti pouch atau benda-benda fungsional dengan ciri gambar ilustrasimu yang unik. Konsumen pun akan senang karena akan memperoleh produk yang orisinal dan nggak ada yang menyamai. 

5. Admin Sosial Media

unsplash.com

Manfaatkan smartphone-mu semaksimal mungkin daripada hanya browsing melihat Instagram orang lain, gosip, bermain game dan aktivitas yang kurang bermanfaat lainnya, lebih baik kamu gunakan ponsel sebagai admin sosial media perusahaan tertentu atau sesuai permintaan klien. Asyik kan kamu bisa bekerja secara mobile, memantaunya hanya lewat smartphone-mu dan paling penting menghasilkan uang. 

6. Guru Privat

unsplash.com

Punya keahlian khusus yang nggak dimiliki oleh orang lain, misalnya kemampuan bahasa asing yang fasih ini saatnya kamu berbagi ilmu yang bermanfaat. Kini semakin banyak murid yang lebih nyaman jika melakukan les secara privat dibandingkan harus mengikuti bimbingan belajar. Bahkan kamu bisa juga bisa memanfaatkan akses online seperti ruangguru dan sejenisnya yang menawarkan untuk mengajar secara online

7. Jasa Membuat Website

unsplash.com

Kini kebutuhan untuk eksis di dunia maya semakin tinggi salah satu yang dibutuhkan adalah membuat website. Jika kamu memiliki kemampuan design percaya deh pekerjaan yang satu ini sangat menguntungkan, kamu tinggal melakukan sesuai dengan permintaan klienmu saja. 

8. Bisnis Kue

unsplash.com

Punya bakat memasak jangan disimpan sendiri, buatlah orang-orang di sekitarmu bisa menikmati hasil karyamu. Kamu bisa menyiasatinya dengan hanya menerima pesanan di akhir pekan jika di hari kerja kamu sangat sibuk, tetapi jika kamu tidak masalah mempersiapkannya sebelum berangkat kerja. Why not? Bahkan kamu juga bisa membawanya ke kantor. 

9. YouTuber

popsugar.com

Suka eksis dan menciptakan konten menarik, manfaatkan akun YouTube semaksimal mungkin. Misalnya kamu share pengalamanmu mencicipi makanan unik, berbagi tips, berbagi kisah ketika traveling ke luar kota, reportase saat menemukan hal-hal unik di sekitar kita atau bahkan menemui selebritas atau orang-orang yang memiliki followers yang banyak. Bukan nggak mungkin jika kamu melakukannya sangat serius bisa setenar YouTuber Ria Ricis dan Atta Halilintar.

10. Bazaar Preloved

unsplash.com

Kamu termasuk senang belanja dan mengikuti trend, supaya nggak boros kamu bisa menjual kembali barang-barang tersebut dengan catatan kondisinya masih terbilang baik ya, kini istilahnya dikenal dengan preloved. So, kamu tetap bisa menyalurkan hobimu berbelanja dan bisa menjualnya di kemudian hari. 

Sudah siap menambah penghasilan?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration