Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Trik yang Membantu Kamu Membersihkan Rumah Lebih Cepat

Bikin acara bersih-bersih menyenangkan

Tri Sintarini

Duh, pernah nggak sih kamu merasa kebingungan harus mulai dari mana ketika membereskan kamar atau rumah? Jangan gelisah Bela, dengan beberapa trik berikut agenda bersih-bersih akan menjadi aktivitas yang dapat kamu tuntaskan secara cepat. Nggak percaya? Yuk ikuti cara ini.

1. Mulai dengan Decluttering

pexels.com/Huseyn Kamaladdin

Saat memulai bersih-bersih, proses yang paling terpenting dan pertama yang bisa kamu lakukan adalah decluttering. Mulailah dari satu ruangan, tetapkan waktunya dan singkirkan barang-barang yang sekiranya tidak bermanfaat di ruangan tersebut. Contohnya seperti buku-buku, pakaian, mainan dan perangkat elektronik yang sudah tak bermanfaat, sampai tempatmu menjadi lebih rapi dan setelahnya kamu dapat mulai membersihkannya. 

2. Gunakan Kantong Sampah

pexels.com/Kaboompics.com

Plastik sampah selama proses decluttering merupakan teman terbaikmu. Selalu bawa satu yang berukuran besar ketika merapikan rumahmu atau sedang bebersih. Ini akan menghemat waktu, cobalah untuk menyingkirkan barang-barang yang tidak bermanfaat kira-kira selama 10-12 bulan terakhir  karena akan membantu rumah anda dari kondisi kacau dan berantakan.

3. Bawa Pembersih Bersamamu

pexels.com/Pixabay

Pilihlah produk pembersih yang cocok dengan tempat yang akan kamu bersihkan. Tidak perlu selalu mahal tetapi sesuaikan dengan kebutuhan seperti disinfektan untuk keperluan kebersihan, pembersih kamar mandi, sikat dan lainnya. Untuk mempermudah simpan semua barang-barang pembersih tersebut ke dalam keranjang dan bawalah setiap kamu mau membersihkan ruangan. Supaya acara bersih-bersih makin menyenangkan pilihlah produk dengan aroma yang wangi sesuai seleramu.

4. Awali Membersihkan Debu, Akhiri Bersihkan Lantai

pexels.com/Sarah Jane

Ketika mulai membersihkan ruangan vakum terlebih dahulu kotoran-kotoran yang terlihat seperti remah-remah, sampah, debu dan lainnya bisa dengan menggunakan vakum. Setelah seluruh rumah bersih akhiri dengan membersihkan lantai.

5. Jangan Menggosok, Semprot Saja

pexels.com/Terje Sollie

Kamu dapat menghemat banyak waktu saat menggunakan semprotan sebagai pembersih daripada harus menggosok area tersebut. dengan sponge atau sikat. Misalnya membersihkan kaca jendela, semprotlah permukaan secara keseluruhan, kemudian lanjutkan ke ruang-ruang selanjutnya tanpa perlu menggosoknya. Setelah selesai cairan pembersih yang tadi sudah mulai menyerap kamu dapat mulai menyekanya. 

6. Jangan Lupa Bagian Pinggirnya

pexels.com/Pixabay

Jika anda membersihkan rumah jangan melupakan pinggirannya, karena jika tampak tidak bersih maka rumahmu akan terlihat kotor meskipun sebenarnya sudah bersih. Bayangkan jika kamu pergi ke suatu restoran atau kedai karena meskipun terlihat bersih ketika pinggirnya terdapat debu akan membuat kamu berfikir bahwa seluruh tempat ini kurang bersih. Bener nggak?

7. Rutin Melakukan Vakum Pada Perangkat Furniture dan Kasur

pexels.com/Rene Asmussen

Furniture yang dilapisi kain harus disedot setiap minggunya untuk menjaga kebersihan. Sofa dan kasur memiliki tungau debu jika tidak dibersihkan secara rutin, so sangatlah penting untuk membersihkannya minimal seminggu sekali untuk mencegah tungau datang dan debu datang. 

8. Gunakan Sabun Cuci Piring Sebagai Pembersih Kaca

pexels.com/Kaboompics .com

Daripada menggunakan pembersih khusus kamu dapat memanfaatkan sabun cuci piring. Sabun jenis ini dapat meninggalkan permukaan lengket yang jernih dan menghilangkan kerak di jendela kamar mandi dan cermin dibandingkan pembersih kaca. Sabun cuci piring diciptakan untuk membersihkan makanan, piring, gelas, alat makan yang membuat mereka sangat berkilau dan tampak baru!

9. Bersihkan peralatan dengan segera

pexels.com/祝 鹤槐

Bersihkan peralatanmu segera setelah menggunakannya, bukan 2 jam setelah atau sebelum menggunakannya untuk mencegah masuknya bahan kimia ke makananmu. Misalnya peralatan seperti pemanggang roti, kompor, oven dan microwave yang bekerja dengan panas, tumpahan makanan bisa menjadi noda yang sulit dibersihkan.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration