Ada banyak cara untuk membuat rumahmu kelihatan bersih dan rapi. Salah satunya dengan membeli peralatan pembersih seperti vacuum cleaner atau teknologi lain yang bisa memudahkan kita membersihkan kotoran dan debu yang ada di seluruh penjuru rumah.

Nah, tahu nggak sih kalau membersihkan rumah dengan mudah nggak perlu alat teknologi semacam itu yang bisa merogoh kocekmu terlalu dalam? Bahkan, kamu bisa manfaatkan barang-barang di sekitar kamu untuk membersihkan seisi rumah dengan cepat dan praktis lho, Bela! Penasaran kan menggunakan apa saja dan bagaimana caranya? Yuk, langsung simak aja, Bela!

1. Sikat gigi bekas

Hair Dryer hingga Bumbu Dapur yang Bisa Berubah Fungsi Jadi Pembersih
smilesciences.com
 

Setiap bulan pasti kamu akan mengganti sikat gigi kamu secara berkala. Nah, sikat gigi lama jangan cepat-cepat dibuang ya! Karena, dengan sikat gigi lama ini kamu bisa gunakan untuk membersihkan barang-barang yang kotor. Misalnya seperti mencuci sepatu, menggosok lantai yang berkerak, dan sebagainya. Gimana, praktis dan hemat kan?

2. Hairdryer

Hair Dryer hingga Bumbu Dapur yang Bisa Berubah Fungsi Jadi Pembersih
vanityplanet.com
 

Lantai atau meja kamu ketumpahan air sehingga jadi lembap dan nggak nyaman? Jangan khawatir, Bela! Ternyata kamu bisa manfaatkan hairdryer kamu untuk mengeringkan itu semua. Tinggal hidupkan hairdryer kamu dan arahkan ke tempat yang lembap tadi. Dijamin langsung kering dan bersih deh.

3. Tepung

Hair Dryer hingga Bumbu Dapur yang Bisa Berubah Fungsi Jadi Pembersih
epicurious.com
 

Selain untuk bahan untuk membuat kue, tepung juga memiliki kesamaan fungsi untuk membersihkan kotoran yang ada pada lantai dan meja. Tepung mampu menyerap kotoran dan bau yang ada di sekitar kita sehingga jika kita mengaplikasikan tepung terhadap tempat-tempat yang lembap dan kotor lalu bersihkan dengan kain, tempat tersebut jadi kinclong dan bersih deh.

4. Minuman bersoda

Hair Dryer hingga Bumbu Dapur yang Bisa Berubah Fungsi Jadi Pembersih
medicalnewstoday.com
 

Nggak hanya sebagai pelepas dahaga, minuman bersoda pun sangat berguna untuk membersihkan noda pakaian kotor dan membersihkan toilet. Caranya, rendam pakaian kotormu dengan air lalu tambahkan deterjen dan minuman bersoda secukupnya. Jika kamu ingin membersihkan toilet, siramkan minuman bersoda secukupnya di sekitar toiletmu lalu tutup toilet dan tunggu beberapa menit, setelah itu bilas dengan air. Dijamin noda di pakaian dan toilet jadi bersih tanpa meninggalkan sisa kotoran.

5. Baking soda

Hair Dryer hingga Bumbu Dapur yang Bisa Berubah Fungsi Jadi Pembersih
edrugsearch.com
 

Selain tepung, baking soda juga sebagai salah satu bahan untuk membuat kue. Namun, ada fungsi lain yang bisa kita manfaatkan dari baking soda ini lho, Bela! Baking soda mampu membersihkan panci-panci atau peralatan dapur yang sudah berkarat. Caranya, basahi peralatan dapurmu dengan sedikit air, lalu taburkan sedikit baking soda. Setelah itu, gosok perlahan-lahan hingga karat menghilang.

Gimana simpel kan, Bela?

BACA JUGA: Harga 10 Peralatan Dapur Ini Jadi yang Termahal di Dunia​