Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Alasan Kenapa Aktivitas Mewarnai Bisa Membuatmu Merasa Lebih Bahagia

Bikin pikiran lebih rileks!

Tri Sintarini

Kamu lebih suka menggambar atau mewarnai, keduanya ternyata sama-sama menarik dilakukan untuk mengisi waktu luang. Tetapi apakah kamu mengetahui ternyata mewarnai ini tak hanya sekadar hobi yang menyenangkan saja, tetapi mempunyai banyak sekali manfaat positif seperti 6 hal berikut.

1. Mengurangi tingkat stres dan kecemasan

Pexels.com / Kaboompics.com

Mewarnai ternyata dapat membantu mengurangi tingkat stres dan menurunkan kecemasan. Kondisi ini terjadi karena saat kita fokus dengan hal-hal yang sederhana akan membuat otak kita menjadi lebih rileks, sehingga mampu menurunkan tingkat kecemasan dan stres. Kamu bisa mencobanya dengan mewarnai pola-pola geometris dan cobalah untuk membebaskan dirimu berekspresi dengan pensil warna, krayon atau koleksi cat minyakmu. 

2. Membantu meningkatkan fungsi otak

Pexels.com / bongkarn thanyakij

Aktivitas sederhana ini ternyata mampu melatih penggunaan kedua sisi otak kita yaitu menggerakkan kreativitas dan memengaruhi pemikiran logis kita. Karena faktanya, saat kamu memiliki imajinasi dan memutuskan untuk menggunakan warna tertentu ketika mewarnai, saat itu kamu sedang menggunakan sisi kreatif, sementara menghadirkan ide  dan fokus merupakan tugas sisi logismu. Melalui aktivitas mewarnai ini kamu bisa mengaktifkan keduanya sekaligus.

3. Memiliki efek yang mirip dengan meditasi

Pexels.com / Sharon McCutcheon

Kegiatan mewarnai juga memberikan manfaat seperti meditasi yang akan memberikan ketenangan dalam diri setelah beraktivitas seharian penuh. Ini merupakan alasan yang tepat mengapa membeli buku mewarnai akan memberikan dampak kehidupan yang sangat baik untuk kehidupanmu. 

4. Meningkatkan fokus

Unsplash.com / Denise Johnson

Saat memutuskan untuk duduk dan berkonsentrasi mewarnai gambar dan pola yang ada di hadapan kita tanpa gangguan ponsel, media sosial dan teknologi lainnya, artinya mengondisikan kita supaya tetap fokus untuk menyelesaikannya. Mewarnai akan mengajak kita untuk tetap fokus kepada tugas yang dihadapi dan melatih kepekaan senimu.

5. Mampu menghilangkan pikiran negatif

Unsplash.com / Tim Arterbury

Ketika mewarnai selain membuat fokus dan konsentrasi, juga akan membuat pikiran negatif kita teralihkan karena tujuan kita saat itu hanya memilih warna yang digunakan untuk menyelesaikannya dengan baik. Maka, aktivitas ini bisa menjadi terapi yang baik untuk mengajakmu senantiasa berpikir positif.

6. Mewarnai dapat meningkatkan kepercayaan diri

Unsplash.com / Regine Tholen

Mewarnai kini tidak lagi dianggap sebagai kegiatan untuk anak-anak saja, bahkan semakin populer di kalangan dewasa. Kamu bisa melihatnya sendiri di toko buku, kini semakin banyak pattern yang bervariasi mulai dari gambar yang sederhana hingga memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Aktivitas ini membuatmu lebih berani berekpresi dan meningkatkan rasa percaya diri. 

Ternyata mewarnai banyak manfaatnya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration