Pandemi yang sampai saat ini masih mewabah membuat momentun Ramadan menjadi berbeda sekali, ya, Bela. Banyak hal yang biasanya bisa dilakukan di bulan suci ini menjadi tidak bisa dilakukan karena kehadiran virus corona. Contoh hal yang tidak bisa dilakukan adalah acara buka puasa bersama yang biasanya menjadi sebuah kegiatan rutin di bulan dengan penuh keberkahan ini. Selain itu, kegiatan ibadah seperti tarawih berjamaah di musala atau masjid serta iktikaf di 10 malam terakhir Ramadan pun tak bisa terwujud karena adanya virus yang belum ada vaksinnya ini. 

Namun, Bela jangan sedih, ya. Masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan di masa #RamadanDiRumahAja ini, lho. Kegiatan-kegiatan ini mampu membuat suasana Ramadan kembali terasa meski di rumah aja. Nah, spesial untuk Bela, berikut 12 kegiatan yang bisa dilakukan saat #RamadanDiRumahAja.

1. Virtual Iftar

Biar Nggak Bosan, Ini 12 Aktivitas Selama #RamadanDiRumahAjaRawpixel.com

Virus corona memang membuatmu menjadi tidak bisa berbuka puasa bersama dengan teman atau kerabatmu layaknya Ramadan yang lalu. Namun, bukan berarti hal tersebut memutus tali silaturahmimu, ya. Kamu tetap bisa bersilahturahmi dengan berbuka puasa secara virtual. Saat ini banyak aplikasi yang menyediakan fitur video call, yang bisa membantumu melakukan buka puasa bersama secara virtual.

2. Kajian online

Biar Nggak Bosan, Ini 12 Aktivitas Selama #RamadanDiRumahAjaFreepik.com/Tirachardz

Walaupun tidak boleh keluar rumah, kamu tetap bisa menuntut ilmu agama, lho. Saat ini banyak majelis taklim yang mengadakan kajian secara online melalui video conferene, seperti Zoom. Untuk mendorong spiritualitasmu di siang hari, kamu bisa nih bergabung ke dalam kajian-kajian tersebut.

3. Mengirimkan emoji senyum

Biar Nggak Bosan, Ini 12 Aktivitas Selama #RamadanDiRumahAjaPinterest.com/Byrawpixel

Senyum yang dilakukan secara ikhlas bisa bernilai sedekah. Nah, walaupun kamu tak bertemu kerabat atau saudara, kamu tetap bisa melakukan amalan yang satu ini. Melalui aplikasi messanger, seperti Whatsapp, kamu bisa mengirimkan emoji senyum kepada teman atau kerabatmu. Iringi kegiatan ini dengan menyebarkan pesan-pesan positif kepada mereka, ya.

4. Tidur siang

Biar Nggak Bosan, Ini 12 Aktivitas Selama #RamadanDiRumahAjaFreepik.com/Feelinglucky

Bangun lebih awal dari biasanya karena harus melakukan sahur mungkin membuatmu merasa kantuk di siang hari. Kalau kamu punya waktu lebih, kamu bisa tidur siang selama beberapa menit. Selain menghilangkan kantuk, ternyata tidur siang saat puasa juga membawa banyak manfaat, lho. Membersihkan sistem pencernaan, menjaga fokus, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi stres, dan membantu melawan rasa lapar adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari tidur siang.

5. Membuat menu makanan sehat untuk sahur dan iftar

Biar Nggak Bosan, Ini 12 Aktivitas Selama #RamadanDiRumahAjaPinterest.com/Byrawpixel

Sejak #dirumahaja, mungkin kamu jadi punya waktu luang yang lebih banyak. Kamu bisa menggunakan waktu luang tersebut untuk membuat menu makanan yang akan dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa, nih. Buatlah menu sehat dan lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, lemak dan mikronutrien. Dengan mengonsumsi makanan sehat secara tepat, maka kamu akan mendapatkan manfaat berpuasa yang baik bagi kesehatan.

6. Quality time bersama keluarga

Biar Nggak Bosan, Ini 12 Aktivitas Selama #RamadanDiRumahAjaPinterest.com/Byrawpixel

Habiskan sebagian waktumu untuk memperkuat ikatan serta keakraban dengan keluarga yang ada di rumah. Letakkanlah gawaimu dan bermainlah bersama mereka. Kamu juga bisa bermain boardgame atau sekadar bernostalgia dengan membuat percakapan berisi kenangan-kenangan masa lalu yang bisa membuatmu tertawa.

7. Menelepon orang yang dicintai

Biar Nggak Bosan, Ini 12 Aktivitas Selama #RamadanDiRumahAjaPinterest.com/Byrawpixel

Alokasikan waktumu minimal 5 menit setiap harinya untuk menelepon orang yang kamu cintai. Tanyakan keadan mereka. Dengan komunikasi yang teratur dan rutin tersebut, kamu akan merasa jauh lebih terhubung dan lebih merasakan momen kebersamaan yang identik dengan bulan Ramadan.

8. Minta semua hal yang kamu inginkan kepada-Nya.

Biar Nggak Bosan, Ini 12 Aktivitas Selama #RamadanDiRumahAjaPinterest.com/Dreamstime

Berdoalah. Ini adalah bulan yang tepat untuk meningkatkan koneksimu dengan sang pencipta. Gunakan waktumu minimal 5 menit untuk meminta hal apa saja yang kamu inginkan kepada Allah. Jadikan hal ini sebagai sebuah hobi baru yang bisa membuat dirimu menjadi damai dan tenang.

9. Membaca terjemahan Alquran

Biar Nggak Bosan, Ini 12 Aktivitas Selama #RamadanDiRumahAjaPinterest com/Byrawpixel

Waktu luang yang banyak saat #RamadanDiRumahAja ini juga bisa kamu gunakan untuk membaca terjemahan Alquran. Dengan membaca artinya serta mengetahui makna dari setiap ayat yang kamu baca, maka kamu akan lebih mudah untuk mengaplikasikan ayat-ayat suci tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari.

10. Me time

Biar Nggak Bosan, Ini 12 Aktivitas Selama #RamadanDiRumahAjaPinterest.com/Abtislamnet

Kalau kamu merasa terlalu banyak menghabiskan waktu dengan keluarga sehingga menyebabkan kamu lelah, kamu bisa melakukan me time, lho. Lakukan hal yang bisa membuatmu menjadi senang dan mampu menghilangkan rasa lelah itu. Ada banyak referensi kegiatan me time yang bisa dilakukan saat berpuasa, contohnya seperti menggambar, meditasi, berolahraga di dekat waktu berbuka, dan hal seru lainnya. 

11. Sedekah online

Biar Nggak Bosan, Ini 12 Aktivitas Selama #RamadanDiRumahAjaPinterest.com/Byrawpixel

Kemajuan teknologi memang membuat semua hal menjadi mudah, ya, Bela. Salah satu kemudahan yang terasa adalah kamu bisa bersedekah secara online. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bekerja sama dengan lembaga amal yang siap menyalurkan kebaikanmu itu. Jadi, jangan ragu untuk bersedekah online, ya.

12. Membaca Alquran

Biar Nggak Bosan, Ini 12 Aktivitas Selama #RamadanDiRumahAjaPinterest.com/Freepik

Selain 11 kegiatan di atas, kamu juga bisa menggunakan waktu luang untuk membaca Alquran dengan durasi yang lebih panjang daripada biasanya. Mengkhatamkan Alquran selama 30 hari di bulan Ramadan juga bisa kamu jadikan target selama bulan suci ini. Selamat mencoba, Bela!

Baca Juga: 20 Pasangan Artis yang Jalani Ramadan Pertama Sebagai Suami Istri 

Baca Juga: Penuh Makna, Ini Sejarah 5 Peperangan yang Terjadi di Bulan Ramadan

Baca Juga: Hal-Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan