Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Membersihkan Alat Dapur yang Gosong, Bikin Kinclong Lagi!

Jadi nggak perlu beli baru, deh

Romi Subhan

Dapur estetik tentu menjadi impian kita. Selain cantik, dapur yang bersih tak hanya membuat kita betah memasak, tetapi juga meningkatkan kualitas masakan yang kita buat. Namun, karena begitu seringnya dipakai, tak jarang peralatan masak kita meninggalkan bekas yang sulit hilang. Salah satunya, noda gosong akibat terlalu sering menggunakan peralatan tersebut.

Jika kamu memiliki peralatan dapur yang gosong, jangan buru-buru dibuang, Bela. Kamu bisa membersihkannya dengan cara berikut ini. Simak, yuk!

1. Menggunakan baking soda

Unsplash.com/Clint Patterson

Sudah bukan rahasia lagi jika baking soda kerap dijadikan sebagai bahan-bahan pembersih noda membandel. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan noda gosong ini, Bela.

Caranya, campurkan baking soda dan air dengan perbandingan 1:1. Aduk merata, lalu oleskan pada bagian peralatan dapur yang gosong. Diamkan selama minimal dua jam. Setelah itu, gosok perlahan dan bilas menggunakan air mengalir.

2. Rendam dengan air lemon

Unsplash.com/Han Lahandoe

Sama seperti baking soda, lemon juga dianggap ampuh untuk membersihkan noda. Lemon memiliki kandungan asam yang bermanfaat untuk membersihkan kotoran yang membandel. Kamu juga bisa memanfaatkan bahan ini untuk menghilangkan noda gosong pada peralatan dapur.

Caranya, rebus air hingga mendidih. Lalu, masukkan perasan lemon ke dalam air mendidih tersebut dan aduk sampai merata. Kemudian, masukkan alat dapur ke dalam rendaman air lemon dan biarkan semalaman. Bilas hingga bersih.

3. Manfaatkan minuman bersoda

Unsplash.com/Artem Beliaikin

Selain bisa menghilangkan rasa dahaga, minuman bersoda memiliki kandungan phosphoric acid atau kandungan asam tinggi yang sangat ampuh membersihkan noda. Caranya sangat mudah untuk memanfaatkan minuman soda ini.

Pertama, rebus minuman bersoda ini sampai mendidih. Lalu, bilas alat dapur yang gosong dengan rebusan air tersebut. Bilas sambil digosok secara perlahan, dijamin noda gosong akan hilang.

4. Mengolesnya dengan minyak sayur

Unsplash.com/Quin Angle

Minyak sayur ternyata efektif untuk membersihkan peralatan dapur yang gosong, lho. Caranya sangat mudah dan tidak perlu membutuhkan tenaga ekstra. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak sayur pada bagian yang gosong. Diamkan selama minimal 30 menit, atau sampai noda gosong menjadi lebih lunak. Kemudian, gosok dan bilas hingga bersih.

5. Manfaatkan cuka

Thektchn.com

Selanjutnya, kamu bisa membersihkan noda gosong dengan cuka. Kandungan asam asetat di dalamnya mampu membersihkan alat dapur dari noda gosong.

Cara membersihkan noda gosong dengan cuka pun sangat mudah, kamu hanya perlu menyiramkan cuka ke bagian alat dapur yang bernoda. Diamkan hingga cuka tersebut mengering, lalu gosok dengan spons secara perlahan sampai noda gosong menghilang.

6. Oles menggunakan saos tomat

Thepetitecook.com

Adakah di sini yang tak bisa makan kentang goreng tanpa saos tomat? Jika kamu salah satunya, maka stok saos tomat di rumah bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda gosong pada peralatan dapur.

Caranya, oleskan bagian yang gosong menggunakan saos tomat. Diamkan 10-15 menit, lalu lap secara perlahan dan bilas menggunakan air bersih yang mengalir.

7. Rendam dengan sabun cuci piring

Thebetterindia.com

Cara selanjutnya untuk membersihkan noda gosong pada alat dapur adalah merendamnya dengan sabun cuci piring semalaman. Namun, kamu harus merendamnya dengan air panas agar noda mudah dibersihkan. Setelah semalaman, kamu bisa membilasnya dengan air bersih yang mengalir.

Itu tadi cara membersihkan noda gosong pada alat dapur yang bisa kamu lakukan di rumah. Semoga artikel ini membantumu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration