Pasca Lebaran kemarin, tentu kamu dan keluarga besar ada yang memilih untuk memasak sendiri makanan yang dihidangkan untuk para tamu. Memasak dalam jumlah besar bukan hanya membutuhkan peralatan masak yang besar pula, tapi juga waktu memasak yang lebih lama dari biasanya. 

Memasak dengan waktu yang cukup lama bisa mengakibatkan alat memasak, seperti panci dan wajan, menjadi menghitam atau gosong. Warna kehitaman ini bukan hanya karena proses memasak, tapi juga bisa jadi karena makanan yang menempel. Akibatnya, panci dan wajan menjadi buruk rupa karena hitam tersebut. 

Lantas, bagaimana cara membersihkan panci dan wajan yang terlanjur menghitam dan gosong? Berikut ini tipsnya.

1. Lemon

Nggak Perlu Beli Baru, ini 7 Cara Membersihkan Panci GosongUnsplash.com/Julia Peretiatko

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan panci gosong, terutama pada bagian dalamnya, adalah menggunakan lemon. Buah satu ini mengandung citric acid yang ampuh mengangkat kotoran membandel.

Caranya, rebus beberapa irisan lemon pada panci yang gosong menggunakan air secukupnya. Rebus hingga mendidih, kemudian bersihkan menggunakan spons cuci piring di bawah air mengalir. 

2. Saus tomat

Nggak Perlu Beli Baru, ini 7 Cara Membersihkan Panci GosongUnsplash.com/Dennis Klein

Life hacks tips menggunakan saus tomat sebagai salah satu bahan pembersih mungkin pernah kamu lihat, Bela. Ternyata, saus tomat memang benar-benar bisa membersihkan perabotan di rumah. Salah satunya panci yang gosong.

Cara menggunakannya adalah dengan membalurkan bagian panci yang gosong dengan saus tomat lalu diamkan selama kurang lebih 15-20 menit. Lalu, bilas di bawah air mengalir sambil digosok menggunakan spons.

3. Air soda

Nggak Perlu Beli Baru, ini 7 Cara Membersihkan Panci GosongUnsplash.com/Nicole Wilcox

Dalam soda, terkandung bahan kimia acerbic, seperti asam sitrat, karbonat, dan fosfat. Bahan-bahan ini ternyata sangat efektif untuk membersihkan dan melarutkan sejumlah senyawa, salah satunya kotoran pada panci gosong.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni hanya tinggal merendam panci gosong dengan air soda dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas di bawah air mengalir.

4. Krim tartar

Nggak Perlu Beli Baru, ini 7 Cara Membersihkan Panci GosongDok. Internet

Kamu yang suka membuat kue, tentu sudah tidak asing dengan cream of tartar atau yang sering disebut juga dengan krim tartar. Krim ini ternyata juga ampuh untuk mengangkat noda pada panci gosong, lho.

Caranya, didihkan krim tartar dengan air secukupnya. Lalu, dinginkan sambil digosong secara perlahan untuk merontokkan noda gosongnya. Kemudian, bersihkan menggunakan sabun seperti biasa.

5. Baking soda

Nggak Perlu Beli Baru, ini 7 Cara Membersihkan Panci GosongDok. Internet

Sama seperti krim tartar, baking soda juga dikenal ampuh untuk membersihkan berbagai noda. Termasuk noda gosong pada panci dan wajan. Kamu hanya perlu baking soda secukupnya dan taburkan pada bagian panci yang gosong. Kemudian, tuang air hangat di atas baking soda dan gosok perlahan menggunakan sendok atau spatula kayu. Perlahan, noda akan terangkat dan panci pun menjadi bersih.

6. Garam kosher

Nggak Perlu Beli Baru, ini 7 Cara Membersihkan Panci GosongSehatq.com

Garam kosher berbeda dengan garam masak lainnya. Perbedaan ini terlihat pada teksturnya. Garam kosher memiliki ukuran butiran yang lebih besar dan lebih kasar daripada garam masak. 

Selain berguna untuk memberikan rasa pada makanan, garam kosher juga bisa digunakan untuk membersihkan panci yang gosong. Cara menggunakannya pun sama dengan saat kamu membersihkan panci pakai baking soda. Yakni, taburkan garam, siram dengan air hangat dan gosok menggunakan sendok atau spatula kayu.

7. Dryer sheet

Nggak Perlu Beli Baru, ini 7 Cara Membersihkan Panci GosongRD.com

Pada dasarnya, fungsi dari dryer sheet adalah pelembut pakaian yang berbentuk seperti tisu yang mampu menghilangkan noda dan mengharumkan pakaian. Tapi, ternyata ada fungsi lain dari dryer sheet yang bisa kamu manfaatkan, yakni menghilangkan noda pada panci gosong.

Caranya, letakkan beberapa lembar dryer sheet pada bagian panci yang gosong. Lalu, tuang air panas di atasnya dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, bilas panci dan kotoran akan terangkat dengan mudah.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan panci gosong menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Semoga tips di atas bermanfaat untukmu, ya.

Baca Juga: Anti Ribet! Ini 6 Tips Membersihkan Kuas Makeup

Baca Juga: 10 Cara Membersihkan Cermin Agar Kembali Kinclong Seperti Baru

Baca Juga: 7 Tanaman Air yang Bisa Membersihkan Kolam Ikan