Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

#BFA2019: Ingin Jadi Beauty YouTuber? Pelajari 5 Hal Ini

Belajar langsung dari Cindercella dan Alpha Make Up!

Agnes Innike Putri

Selain Instagram, Youtube merupakan platform yang bisa mendukung seorang beauty influencer untuk bisa membagikan video, seperti review hingga tutorial make up. Bahkan, nggak sedikit dari para perempuan yang mempunyai passion di bidang kecantikan untuk bisa menjadi seorang YouTuber Beauty ataupun Youtuber Fashion. Namun, semua orang tentunya tahu bahwa sangat sulit untuk bisa sukses menjadi seorang YouTuber. Dan melihat kesulitan tersebut, Popbela dalam BeautyFest Asia 2019 membuka sesi “Youtube Master Class” bersama Geri Azriel Siddik selaku Country Strategic Partnerships Manager Youtube Indonesia dan dua orang YouTuber ternama yang sudah nggak asing lagi, Cindercella dan Andreas Lukita atau yang lebih dikenal dengan Alpha Make Up, lho. Wow!

Kira-kira apa saja sih yang dapat kita pelajari dari sesi YouTube Master Class dalam BeautyFest Asia 2019 by Popbela.com ini? 

1. Pertimbangkan strategi yang tepat

Popbela.com/Agnes Innike Putri

Strategi merupakan salah satu hal yang penting untuk bisa meraih kesuksesan. Sama seperti sebuah perusahaan, seorang YouTuber Beauty ataupun Youtuber Fashion harus mempunyai strategi yang tepat untuk bisa meraih kesuksesan. Salah satu strategi yang bisa kamu pertimbangkan adalah dari segi konten. Nah, buat kamu para calon YouTuber Beauty, ada beberapa rekomendasi konten beauty yang paling banyak dicari oleh pengguna YouTube, yang sudah dituturkan oleh Geri, di antaranya adalah product review, tutorial, following trends, dan inovasi make up lainnya. 

Sedangkan untuk kamu yang ingin menjadi YouTuber Fashion, menurut Geri, kamu bisa membuat konten seperti OOTD, fashion hacks, hingga fashion untuk travelling,  yang nggak akan pernah tertinggal oleh zaman. 

2. Produksi konten untuk beberapa episode

Popbela.com

Salah satu hambatan seorang YouTuber adalah waktu yang nggak banyak untuk memproduksi konten. Geri menjelaskan bahwa selagi kamu mempunyai waktu luang, kamu bisa memproduksi konten kamu untuk beberapa episode sekaligus. Untuk itu, kamu perlu memikirkan, bahkan membuat daftar konten apa saja yang ingin kamu posting.

3. Live di YouTube

Popbela.com

Geri memberikan alternatif untuk kamu bisa memproduksi konten secara live. Karena dengan live, kamu nggak perlu memikirkan proses editing. Meski demikian, kamu juga perlu membuat daftar hal-hal apa saja yang ingin kamu bicarakan di depan kamera.

4. Bagaimana cara untuk meningkatkan audience, khususnya female audience

Popbela.com

Harapan kita saat membuat channel youtube, nggak lain nggak bukan adalah untuk ditonton. Dalam sesi YouTube Master Class, Geri telah menjabarkan beberapa cara untuk bisa meningkatkan audience, di antaranya adalah dengan mengingatkan mereka untuk mengaktifkan notifikasi, supaya jika ada konten yang baru di post, audience pun bisa langsung mengetahui dan menontonnya. Hal lainnya adalah dengan membuat konten dengan durasi singkat, karena rata-rata female audience ingin menonton YouTube dengan durasi yang singkat.

5. Berbicara soal teknis, menurut Alpha, lighting adalah yang terpenting

Popbela.com

Alpha berpendapat jika ingin menjadi seorang YouTuber Beauty, alat produksi terpenting yang harus kamu miliki adalah lighting. Sekalipun kamu belum memiliki lighting, kamu bisa menggunakan cahaya matahari pagi ke siang. "Kalaupun kamu belum mengerti teknik penggunaan lighting, kamu bisa mencari di YouTube, how to set up lighting", jelas Alpha.

7. Jadilah diri kamu sendiri

Popbela.com/Agnes Innike Putri

Saat diwawancarai Popbela, Cindercella dan Alpha memberikan pesan kepada para calon YouTuber untuk menjadi diri sendiri. "At the end, kita ya kita. Oke, kamu mungkin memang mengidolakan dia, inspired by dia, tapi bukan jadi dia. Karena pada akhirnya kamu akan jadi capek. Because I've been there. Aku pernah di posisi, aku harus super sempurna baru aku akan post itu dan aku capek banget. Dan sekarang ini, aku ya bodo amat. Pada akhirnya orang-orang akan melihat this is the real you and they love you. Followers dan subscribers kamu suka sama kamunya bukan sama kontennya," jelas Alpha

"Jadi diri sendiri dan jangan ikut-ikut, karena akan kelihatan banget di kamera. Mungkin akan ada komentar-komentar nggak enak. Tapi yah jadikan itu sebagai kritik yang bisa membuat kamu maju, bukan yang malah jadi down. Dan jangan jadiin ini sebuah kompetisi, karena pada akhirnya ya itu, kamu akan jadi capek. So, jadi diri sendiri."

7. Kesulitan itu pasti ada

Popbela.com

Bagaimanapun suksesnya Alpha dan Cindercella sebagai seorang YouTuber, satu hal yang perlu diingat bahwa mereka pun dahulu sama seperti kita. Memulai semuanya dari nol. Cindercella berbagi kisah kepada Popbela, bahwa pada awal kariernya sebagai Youtuber, dirinya mengalami kendala seperti sulitnya mendapatkan ide, hingga proses editing, namun di balik itu semua, Cindercella nggak menyerah dan mengatasinya dengan belajar edit melalui Youtube sendiri. 

"Pastinya kamu harus learning by doing," tutup Alpha.

Bagaimana, Bela, sangat menginspirasi bukan? Nah, untuk kamu yang nggak sempat datang hari ini. Kamu masih berkesempatan untuk datang ke BeautyFest Asia tanggal 30-31 Maret 2019. Dan tentunya masih ada banyak lagi sesi talkshow yang akan menginspirasi kamu, salah satunya adalah "Building a Sustainable Beauty Business."

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Inspiration