Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kolaborasi Raisa dan Musisi Asia Tenggara di “Raya & The Last Dragon”

Simak deretan faktanya berikut ini

Niken Ari Prayitno

Sudah dua minggu film Raya and The Last Dragon tayang di bioskop Tanah Air. Selama dua minggu itu pula, masih banyak kejutan yang dihadirkan Disney untuk menyambut datangnya Princess baru yang berasal dari Asia Tenggara ini.

Salah satu kejutan yang dihadirkan oleh Disney adalah kolaborasi antar musisi Asia Tenggara dalam soundtrack Raya and The Last Dragon yang berjudul “Trust Again”. Ada kontribusi musisi Tanah Air dalam lagu ini, simak deretan fakta “Trust Again” berikut, ya.

Dibawakan oleh empat penyanyi yang berasal dari Asia Tenggara

Instagram.com/raisa6690

“Trust Again” dibawakan oleh empat penyanyi yang semuanya berasal dari Asia Tenggara. Mereka adalah Raisa Andriana dari Indonesia, Jun Matthew Brecio alias Matthaios dari Filipina, SPRITE dari Thailand, serta Yonnyboii dari Malaysia.

Bukan hanya dibawakan oleh empat musisi dari empat negara, lagu “Trust Again” pun liriknya terdiri dari tiga bahasa. Yakni bahasa Inggris, bahasa Melayu dan bahasa Tagalog.

Bercerita tentang kepercayaan dan persahabatan

IMDB.com

Lagu tiga bahasa ini bercerita tentang nilai-nilai yang menjadi pesan utama dalam film Raya and The Last Dragon, yaitu kepercayaan dan persahabatan. Mengambil inspirasi dari dunia fantasi bernama Kumandra dan petualangan Raya, seorang pendekar yang menggambarkan semangat dari bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Kolaborasi musik multi-teritori ini merupakan pertama dalam jenisnya di wilayah ini, dan menjadi sebuah pencapaian penting dalam komitmen Disney untuk terus berkolaborasi dengan talenta-talenta lokal berbakat untuk menghadirkan konten hiburan berkualitas bagi penonton di Asia Tenggara.

“Trust Again” perayaan keanekaragaman budaya di Asia Tenggara

IMDB.com

Esensi dari lagu “Trust Again” adalah sebuah perayaan akan keanekaragaman budaya di wilayah Asia Tenggara. Kamu dapat mendengarkan suara Raisa yang indah dalam chorus yang pastinya akan membuat banyak orang terpikat.

Selain itu, deretan elemen-elemen budaya Asia Tenggara lainnya juga dihadirkan dalam lagu ini melalui lirik dan melodinya. Seperti, Yonnyboii yang mampu mengaitkan makanan seperti “satay dan nasi lemak” di verse pertama. Di bagian Matthaios, dalam bahasa Tagalog menyebutkan “aku adalah sekutumu seperti Aris”. Aris adalah senjata asal Filipina yang digunakan oleh Raya. Serta, di bagian lagu yang dibawakan oleh SPRITE, dengan penuh perasaan pada verse terakhir menyebut Tuk Tuk, moda transportasi populer di Thailand yang juga nama salah satu karakter dalam film ini.

Menggunakan instrumen tradisional Asia Tenggara

Lagu ini juga mengandung unsur instrumen musik etnik Asia Tenggara. Seperti seruling, perkusi etnik jaw harp, angklung, ansambel Thailand, gamelan dan suling Sunda. Dari instrumen tersebut mastering dilakukan oleh pemenang Grammy Award, Chris Athens. Lagu pop ini berhasil menjadi sangat catchy tapi juga megah, dengan perpaduan instrumen modern dan tradisional.

“Trust Again” telah rilis bersamaan dengan video lirik pada tanggal 12 Maret 2021 kemarin, serta video klip yang menghadirkan keempat artis akan dirilis kemudian pada bulan Maret 2021 di kanal Youtube DisneyMusicAsiaVevo.

Sudah mendengar “Trust Again”, Bela? Bagaimana pendapatmu? Tulis di kolom komentar, ya.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration