Menyambut film animasi terbaru Walt Disney Animation Studios yang telah dinanti, Raya and the Last Dragon, Disney Indonesia mengumumkan berbagai kolaborasi spesial dengan para talenta terbaik di Indonesia. Rangkaian kolaborasi spesial ini melibatkan penyanyi, seniman, selebritas, hingga Batik house terbaik untuk membuat ragam karya yang terinspirasi dari kisah dan karakter film tersebut. 

Diawali dengan perilisan original soundtrack Disney’s Raya and the Last Dragon, kamu bisa menikmati berbagai kolaborasi spesial ini mulai dari tanggal 26 Februari 2021. Wah, penasaran nggak, nih, kolaborasi apa saja yang dibuat Disney bersama talenta lokal Indonesia? Simak, yuk!

Tokoh-tokoh dari Indonesia di balik film Raya and the Last Dragon

Raisa, Niki dan Via Vallen Mengisi soundtrack 'Raya & The Last Dragon'IMDB.com

Tidak hanya menampilkan latar dan cerita yang terinspirasi dari budaya Asia Tenggara, termasuk Indonesia, produksi film Raya and the Last Dragon juga melibatkan sederet talenta berbakat Indonesia. 

Nama seniman Griselda Sastrawinata mungkin sudah tidak asing lagi bagi para penggemar Disney Indonesia. Setelah sebelumnya bergabung dalam pembuatan film Disney Moana dan Frozen 2, Griselda kembali terlibat di dalam film Raya and the Last Dragon sebagai visual development artist. Kali ini, Griselda berkesempatan untuk membuat adegan pembuka dari film tersebut dengan gaya cerita spesial yang terinspirasi dari Wayang Kulit. 

Selain Griselda, ada story artist asal Indonesia bernama Luis Logam. Sebagai story artist, Luis bertugas untuk menerjemahkan cerita menjadi sebuah tampilan visual yang menarik. 

Tidak hanya para pembuat film, Raya and the Last Dragon juga melibatkan konsultan dari 
Indonesia untuk memastikan cerita dan segala unsur di dalamnya sesuai. Pasangan seniman dan penggiat gamelan Dewa Berata dan Emiko Susilo, menjadi bagian dari tim konsultan untuk Raya and the Last Dragon. Keduanya bekerja sama dengan tim filmmakers untuk memberikan informasi tentang budaya Indonesia seperti kebiasaan, upacara adat, tari dan musik tradisional, terutama Gamelan.

Lantunan suara emas penyanyi terbaik Indonesia iringi Kisah Raya and the Last Dragon

Raisa, Niki dan Via Vallen Mengisi soundtrack 'Raya & The Last Dragon'Dok. Disney Indonesia

Raya and the Last Dragon melibatkan tiga penyanyi terbaik Tanah Air dalam prosesnya. Menuju perilisan Raya and the Last Dragon, kita akan mendapat kejutan berupa sebuah spot terbaru dari film tersebut yang diiringi lagu penyanyi asal Indonesia, Niki, yang berjudul “Warpaint”. 

Selanjutnya, kita akan dapat menantikan kolaborasi spesial Disney dengan penyanyi Via Vallen, yang menyanyikan original soundtrack dari Raya and the Last Dragon dalam versi bahasa Indonesia yang berjudul “Kita Bisa”. Diadaptasi dari global soundtrack film Disney’s Raya and the Last Dragon yang dinyanyikan oleh Jhené Aiko, lagu “Kita Bisa” terinspirasi dari perjalanan Raya dan teman-temannya dalam mempersatukan kembali Kumandra berbekal kerja sama dan kepercayaan pada sesama. 

Selain original soundtrack dalam bahasa Indonesia, Raya and the Last Dragon juga menghadirkan lagu original terbaru yang terinspirasi dari kisah dan karakter film tersebut melalui sebuah kolaborasi spesial persembahan Disney Southeast Asia (SEA). Lagu yang berjudul “Trust Again” merupakan hasil kolaborasi dari penyanyi-penyanyi di Asia Tenggara. 

Sebagai penyanyi dari Indonesia, Raisa akan menyumbangkan suaranya sebagai lead vocal dalam lagu ini, ditemani oleh para rapper di antaranya Yonnyboii dari Malaysia, Matthaios dari Filipina, serta Sprite dari Thailand.

Lagu "Kita Bisa" sudah bisa kamu dengarkan di platform streaming musik mulai tanggal 26 Februari 2021. Sementara "Trust Again" baru akan rilis pada 12 Maret 2021 mendatang.

Raisa, Niki dan Via Vallen Mengisi soundtrack 'Raya & The Last Dragon'Dok. Disney Indonesia

Merayakan kisah Raya and the Last Dragon lewat lakon wayang “Sri Tanjung” oleh dalang muda Gibran Nicholau

Raisa, Niki dan Via Vallen Mengisi soundtrack 'Raya & The Last Dragon'Dok. Disney Indonesia

Tidak hanya berkolaborasi dengan musisi Tanah Air, Disney Indonesia juga berkolaborasi dengan sosok dalang muda Indonesia berbakat, Gibran Nicholau, untuk menampilkan lakon wayang klasik “Sri Tanjung”. Wayang merupakan salah satu elemen budaya dari Indonesia yang menginspirasi Raya and the Last Dragon. 

Film ini dibuka dengan prolog yang disampaikan dengan gaya cerita yang terinspirasi dari kisah Wayang Kulit. Prolog spesial ini dibuat oleh seniman asal Indonesia yang telah menjadi bagian dari Walt Disney Animation Studios, Griselda Sastrawinata. 

Seperti karakter Raya yang ingin menyatukan Kumandra, lakon wayang ini juga menghadirkan kisah pendekar perempuan pemberani bernama Sri Tanjung, yang berjuang menyatukan Yawastina, tempat tinggalnya yang terpecah-belah. 

Cuplikan lakon “Sri Tanjung” oleh Gibran menjadi pembuka spesial di acara Virtual Press Junket Disney’s Raya and the Last Dragon yang diselenggarakan pada 26 Februari 2021. 
Versi lengkap dari lakon “Sri Tanjung” tersebut akan dirilis secara eksklusif di bulan Maret.

Sebagai Disney Princess yang baru, Popbela semakin nggak sabar menunggu rilisnya Raya and The Last Dragon. Pasti akan ada rasa bangga yang membuncah di dada karena banyak sekali budaya Indonesia yang hadir di dalamnya. 

Raya and The Last Dragon akan tayang di bioskop Tanah Air pada tanggal 5 Maret 2021 mendatang. Catat tanggal mainnya, ya!

Baca Juga: Disney Umumkan 11 Artis Pengisi Suara 'Raya and The Last Dragon'

Baca Juga: Mitos Indonesia, Inspirasi Disney Garap Film Raya and The Last Dragon

Baca Juga: 5 Soundtrack Film Disney Ini Pernah Dibawakan oleh Musisi Indonesia