Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Keuntungan dan Kekurangan Root HP 

Baca dulu sebelum menyesal

Niken Ari Prayitno

Mungkin kamu saat ini sudah merasakan muak dengan kinerja ponsel yang terus menurun dan membuat perangkat yang kamu gunakan lebih cepat hang atau lemot. Jika kamu sudah merasakan hal ini, rooting ponsel menjadi salah satu jalan keluar terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Tapi hati-hati ya, sebelum dilakukan pertimbangkan dulu yuk keuntungan dan kekurangan root hp android berikut ini.

Keuntungan Root HP

1. Membuang Aplikasi Bawaan

Unsplash.com/Freestock.org

Saat kita membeli ponsel baru, pasti ada saja aplikasi yang sudah ter-install di dalamnya. Aplikasi tersebut tidak dapat dibuang atau uninstall padahal kita tidak membutuhkannya. Namun, jika kamu melakukan rooting pada ponsel, kamu dapat membuang aplikasi bawaan tersebut.

2. Ponsel Nggak Lemot Lagi

Unsplash.com/Marianne Krohn

Setelah proses rooting, ponsel akan melakukan pembersihan maksimal. Termasuk membuang aplikasi bawaan yang tidak kita butuhkan. Dengan begini, ponsel kita dijamin nggak lemot lagi dan akan memiliki performa yang maksimal alias jadi lebih cepat dan bahkan ngebut.

3. Lebih Hemat Baterai

Unsplash.com/Sven

Keuntungan root HP lainnya adalah kita akan bisa lebih menghemat baterai. Karena performa ponsel menjadi lebih baik dan maksimal, maka nggak ada lagi deh baterai terbuang percuma hanya untuk menunggu aplikasi yang berjalan lambat.

4. Memblokir Iklan

Unsplash.com/Przemyslaw Marczynski

Jika kamu tidak tahan dengan munculnya banyak pop-up iklan saat bermain games, setelah rooting kamu dapat memblokir iklan tersebut. Caranya, kamu harus mengunduh dan meng-install aplikasi AdBlock Plus atau AdFree. Salah satu syarat supaya aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik, kamu harus me-rooting ponselmu terlebih dulu.

5. Storage Lebih Kosong

Unsplash.com/Lauren Mancke

Terakhir, keuntungan root ponsel adalah kamu dapat memiliki storage yang lebih kosong dari sebelumnya. Banyaknya aplikasi yang dapat kamu hapus dari perangkatmu menjadi alasan kosongnya storage kamu setelah melakukan rooting.

Selain akan mendapatkan keuntungan yang sudah disebutkan di atas, kamu juga akan merasakan kekurangan pasca me-rooting ponsel. Supaya nggak menyesal, intip dulu yuk kekurangan root HP berikut ini.

Kekurangan Root HP

1. Hilangnya Garansi Resmi

Unsplash.com/Alejandro Escamilla

Beberapa brand ponsel sangat melarang para penggunanya untuk me-rooting ponsel sendiri. Sebab, dapat menimbulkan kerusakan, baik pada perangkat maupun software yang ada di dalam ponsel tersebut. Jadi, jangan sekali-kali me-rooting ponsel sendiri jika ponselmu masih dalam masa garansi resmi ya.

2. Kerusakan Pada Software dan Hardware

Unsplash.com/Le Buzz

Meski dapat membuat ponsel lebih ‘enteng’, namun ternyata salah satu kekurangan root HP adalah dapat menimbulkan kerusakan pada software dan hardware dari ponsel itu sendiri. Kerusakan yang ditimbulkan akibat rooting biasanya bersifat permanen dan sulit untuk diperbaiki kembali.

3. Rentan Terkena Virus dan Malware

Unsplash.com/Nicolas Thomas

Kekurangan root HP lainnya adalah ponselmu akan rentan terkena virus dan malware. Beberapa sistem penting mungkin saja akan terhapus saat proses rooting dilakukan. Jadi, hati-hati dan pikirkan kembali ya jika kamu ingin melakukan root ponsel sendiri.

4. Ponsel Cepat Panas

Unsplash.com/Selwyn van Haaren

Me-rooting ponsel membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan semua bagian di dalam perangkat ponselmu akan bekerja. Makanya, nggak heran kalau selama rooting ponselmu akan menjadi panas. Ternyata, panasnya ponsel ini bukan hanya terjadi saat proses berlangsung. Setelahnya pun ponselmu akan mengalami hal yang serupa sebagai efek negatif dari proses rooting itu sendiri.

5. Aplikasi yang Sering Error

Unsplash.com/Freestock.org

Salah satu kekurangan root HP yang akan kita rasakan adalah aplikasi yang sering error ketika digunakan. Misalnya seperti aplikasi game yang tertutup sendiri atau PlayStore yang nggak bisa diakses. Solusinya, kamu bisa mencoba untuk unroot ponsel lalu install kembali aplikasi yang kamu inginkan.

Sebelum me-rooting ponsel, ada baiknya kamu memperhatikan dulu keuntungan dan kekurangan root HP Android ini supaya tidak menyesal kemudian.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration