Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Pohon Dolar, Hati-Hati Beracun

Beneran bisa menyebabkan kanker nggak, sih?

Niken Ari Prayitno

Kalau kamu pencinta tanaman hias, pasti nggak asing lagi dengan pohon dolar atau yang dikenal pula dengan nama ilmiah Zanzibar Gem (ZZ plant). Tanaman ini berbentuk unik dengan daun yang kaku, sehingga cocok diletakan di dalam rumah karena nggak bikin rontok.

Tapi, ada rumor kalau pohon dolar itu beracun dan bisa menyebabkan kanker darah. Kok bisa? Benar nggak, sih? Simak dulu, yuk, beberapa fakta tentang pohon dolar yang harus kamu tahu berikut ini.

1. Pohon dolar berasal dari Afrika

Unsplash.com/Nicholas Solerieu

Menilik sejarahnya, pohon dolar merupakan tanaman hias yang berasal dari Benua Afrika. Tanaman dengan nama Zamioculacas Zamifolia ini banyak ditemukan di daerah yang kering, seperti Kenya, Tanzania dan Zanzibar.

Di daerah asalnya, pohon dolar biasanya tumbuh di tanah berbatu atau berpasir yang kering. Makanya, untuk merawatnya pun tak sulit karena pohon dolar tidak perlu terlalu sering disiram.

2. Bentuk tanamannya yang cukup unik

Unsplash.com/Nicholas Solerieu

Dari segi tampilan, pohon dolar memiliki bentuk yang cukup unik. Batangnya yang memanjang, terlihat sangat eksotik. Apa lagi jika batangnya membengkak besar, banyak yang mengatakan kalau hal tersebut membuat pohon dolar semakin cantik.

Untuk daun, pohon dolar memiliki bentuk yang sama dengan daun pada umumnya. Bedanya, daun pada pohon dolar lebih kaku, mengilap dan bertekstur kasar. Daun pohon dolar juga nggak mudah rontok, sehingga nggak mengotori tempatnya tumbuh.

3. Bermanfaat untuk kesehatan

Unsplash.com/Pawel Czerwinski

Tak hanya sebagai hiasan saja, ternyata pohon dolar sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Daun dari pohon dolar jika diolah dengan benar, dapat meredakan dan menyembuhkan beberapa penyakit. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Melancarkan pencernaan
  • Mengatasi wasir
  • Sebagai obat diare
  • Mengandung anti-oksidan yang cukup tinggi
  • Sebagai anti-bakteri
  • Dapat menangkal radikal bebas
  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Mengatasi masalah pegal-pegal pada tubuh

Ternyata manfaat dari pohon dolar sangat banyak, ya, Bela. Bisa dijadikan alternatif bagi yang membutuhkan, nih.

4. Pohon dolar tidak menyebabkan kanker

Thesill.com

Belakangan berembus kabar kalau pohon dolar dapat menyebabkan kanker darah atau leukimia. Hal ini tidaklah benar. Sebab, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, pohon dolar sama sekali tidak menyebabkan kanker darah. Jadi, jangan ragu lagi untuk menanam pohon dolar ini di rumah, ya, Bela.

5. Hati-hati, pohon dolar bisa menyebabkan ruam pada kulit

gardenista.com

Meski nggak menyebabkan kanker, namun pohon dolar bisa membuat ruam dan iritasi pada kulit. Pada setiap bagian pohon dolar ternyata mengandung oksalat. Senyawa ini dapat menimbulkan ruam dan gatal pada kulit. Terlebih jika kamu memiliki kulit yang sensitif.

Untuk mencegahnya, kamu wajib mencuci tangan hingga bersih setelah selesai memegang pohon dolar. Atau kamu juga bisa menggunakan sarung tangan saat akan memegang pohon dolar agar tidak terjadi kontak langsung dengan kulitmu.

6. Cara merawat pohon dolar

mycityplant.com

Pohon dolar sangat cocok diletakan di sudut rumah. Namun, usahakan agar letaknya tidak terjangkau anak-anak. Cara merawat pohon dolar terbilang cukup mudah, sebab pohon jenis ini tidak perlu terlalu sering disiram.

Kamu hanya perlu mengeluarkan pohon dolar ke bawah cahaya matahari dua minggu sekali. Sembari dijemur, kamu bisa menyiram pohon dolar tersebut. Jika sudah, kamu bisa memasukan tanaman tersebut kembali ke dalam rumah.

Itulah tadi deretan fakta pohon dolar yang harus kamu perhatikan sebelum menanamnya di rumah. Jika dilakukan dengan hati-hati, pohon ini bisa memberikan banyak manfaat untuk rumah kita. Selamat bercocok tanam!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration