Kabar saat istri dari Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono sakit, tentu cukup mengejutkan. Ia diketahui mengidap penyakit kanker darah atau blood cancer. 

Saat ini, ia sedang melakukan medical treatment di rumah sakit National University Hospital di Singapura dan keadaannya semakin membaik. Bahkan, sang menantu, Annisa Pohan, belum lama ini mengunggah sebuah video singkat yang berisi ucapan syukur bahwa akhirnya Ani Yudhoyono akhirnya bisa menghirup udara segar setelah tiga bulan menjalani perawatan. Namun sayang, kini kondisi Ani Yudhoyono kembali menurun dan masuk ICU.

Lalu, berbicara soal kanker darah, apa saja jenis-jenisnya? Dikutip dari Hematology, ini dia 3 tipe kanker darah yang perlu kita ketahui agar kita juga bisa lebih berhati-hati.

Ini 3 Jenis Kanker Darah yang Wajib Kamu Ketahui

Leukemia merupakan sejenis kanker yang ditemukan di dalam darah dan sumsum tulang. Kanker darah jenis ini disebabkan oleh produksi sel-sel darah putih abnormal yang cepat menyebar. Dari tingginya jumlah sel darah putih abnormal ini tidak mampu melawan infeksi yang akhirnya merusak kemampuan sumsum tulang dalam menghasilkan sel darah merah dan trombosit. Gejala umum Leukimia biasanya ditandai dengan bintik merah pada kulit, mimisan, serta mudah memar.

Ini 3 Jenis Kanker Darah yang Wajib Kamu Ketahui

Selanjutnya, ada jenis kanker darah Limfoma. Jenis kanker darah yang satu ini mempengaruhi sistem limfatik yang dapat menghilangkan kelebihan dari cairan tubuh dan menghasilkan sel-sel kekebalan. Limfosit sendiri adalah jenis sel darah putih yang dapat melawan infeksi. Sedangkan limfosit yang abnormal dapat menjadi sel limfoma kemudian berkembang biak dan membentuk jaringan kelenjar getah bening. Seiring waktu, sel-sel kanker ini dapat merusak kekebalan tubuh yang menjadikan kanker darah jenis limfoma. Penyakit limfoma sendiri ditandai dengan sering berkeringat di malam hari, kehilangan selera makan, dan mudah kelelahan.

Ini 3 Jenis Kanker Darah yang Wajib Kamu Ketahui

Terakhir, kanker darah Myeloma yang merupakan kanker sel-sel plasma. Sel plasma adalah sel darah putih yang menghasilkan antibodi yang berguna untuk menangkal penyakit dan infeksi dalam tubuh. Sedangkan, bagi penderita Myeloma sel plasmanya tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga, tubuh bisa melemah dan rentan terhadap infeksi. Biasanya, myeloma ditandai dengan mual, kehilangan selera makan, serta penurunan berat badan.

Kita doakan semoga bu Ani Yudhoyono cepat sembuh dan bisa menjalankan aktifitas kembali seperti semula.

Baca Juga: Kisah Cinta SBY dan Ani Yudhoyono, Buktikan Setia Saat Suka dan Duka