Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Kontroversi, 8 Variety Show Uya Kuya ini Diduga Penuh Settingan

Kamu pernah menonton yang mana?

Niken Ari Prayitno

Bukan Nikita Mirzani namanya kalau tak membuat kontroversi. Belakangan unggahan Nikita menjadi perbincangan publik lantaran secara lantang ia menyebutkan kalau semua variety show besutan produser Uya Kuya merupakan settingan belaka.

Menurut Nikita, apa yang dikatakan reality show di acara yang dibuat Uya Kuya sama sekali nggak real. Karena banyak kru yang sudah di-briefing untuk membuat kisah drama dan menjadi tontonan yang dibuat-buat.

Sejak 2005, Uya Kuya memang dikenal sebagai produser berbagai variety dan talkshow Tanah Air. Apa saja sih variety show besutan Uya Kuya yang diduga settingan? Berikut daftarnya.

1. Playboy Kabel

Dok. Internet

Acara televisi yang tayang pada tahun 2005 ini berkonsep reality show di mana tim Playboy Kabel disewa oleh klien untuk menguji kesetiaan pasangan dari klien tersebut. Playboy Kabel akan menyebarkan beberapa kamera untuk memantau apakah sang pasangan tersebut benar-benar setia atau malah tergoda dengan ‘ujian’ yang diberikan oleh tim Playboy Kabel.

2. Uya Emang Kuya

Dok. Internet

Di tahun 2009, Uya Kuya membuat acara televisi berjudul Uya Emang Kuya. Dalam acara ini Uya memperlihatkan street magic di tempat umum dan di hadapan banyak orang. Uya Memang Kuya sempat memukau banyak orang karena bisa memperlihatkan ilusi mata dan street magic di secara live. Tak cuma itu, di acara ini Uya juga menghipnotis orang untuk berkata jujur tentang masalah yang sedang dialaminya. Uya Emang Kuya sempat mendapat penghargaan Panasonic Gobel Awards di tahun 2011 dan 2012. 

3. Jebakan Betmen

Dok. Internet

Kalau kamu baru mengenal konten prank sekarang ini, berarti kamu nggak mengenal acara televisi Jebakan Betmen yang juga diproduseri oleh Uya Kuya. Reality show Jebakan Betmen berkonsep mengerjai selebritas dengan kejadian-kejadian yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya dan bahkan sampai membuat sang seleb kesal. Jika sang seleb sudah kesal, di akhir Uya Kuya akan muncul dan bilang kalau ia masuk ke dalam prank di acara Jebakan Betmen.

4. Eat Bulaga! Indonesia

Dok. Internet

Eat Bulaga! Indonesia sempat menjadi acara kuis paling favorit. Dalam acara ini, beberapa grup yang biasanya berasal dari beberapa sekolah, berkumpul untuk mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Salah satu segmen kuisnya yang cukup terkenal bahkan sampai dibuat versi Instagram-Story adalah Indonesia Pintar. Masih ingat dengan kuis ini, Bela?

5. Buaya Show

Dok. Internet

Pada tahun 2011-2012 Uya Kuya sukses membawakan acara Buaya Show yang merupakan acara talkshow ditambah sedikit dengan unsur komedi. Pada tahun 2012, Buaya Show mendapat penghargaan Panasonic Gobel Awards sebagai Program Talkshow Hiburan Terbaik.

6. Suka-Suka Uya

Dok. Internet

Uya Kuya memang selalu memiliki ide cemerlang untuk acara variety show yang dipandunya. Salah satunya adalah Suka-Suka Uya. Variety Show ini cukup mengundang kontroversi karena pada acara ini, bintang tamu akan dihipnotis dan menceritakan semua ‘aib’-nya di depan kamera.

7. Rumah Uya

Dok. Internet

Selanjutnya ada acara Rumah Uya. Talkshow ini menuai banyak kontroversi lantaran penonton disajikan drama keluarga yang seharusnya tak disiarkan di televisi. Di awal acara ini tayang, banyak yang percaya kalau konflik beserta mereka yang menjadi bintang tamu adalah nyata. Namun, belakangan banyak yang membongkar di balik reality show ini hanyalah settingan semata.

8. Pagi-Pagi Pasti Happy

Dok. Internet

Acara talkshow kali ini juga paling banyak dibicarakan oleh warganet. Sebab, Pagi-Pagi Pasti Happy selalu menghadirkan selebritas yang tengah berseteru di dalam satu panggung yang sama. Warganet merasa hal ini justru memancing keributan dan tak layak menjadi tontonan. Pagi-Pagi Pasti Happy juga pernah ditegur oleh Komisi Penyiaran Indonesia karena menampilkan tayangan yang tak pantas disiarkan.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration