Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pertanda Baik Hingga Petaka, Ini Arti Mata Kanan dan Kiri Kedutan

Kamu merasakannya di bagian mana?

Niken Ari Prayitno

Sesekali, kamu pasti pernah mengalami mata berkedut. Mulai dari mata kanan bagian bawah, ekor mata kiri, dan lainnya. Menurut mitos, mata berkedut memberikan suatu pertanda tersendiri. 

Dalam dunia medis, kondisi mata kedutan disebut juga miokimia atau miokimia orbikularis. Kondisi ini adalah ketika kelopak mata bergerak sendiri secara berulang, tanpa disadari. Namun, ada juga yang percaya kalau mata kedutan itu pertanda baik atau tanda waspada akan munculnya petaka yang akan menimpa diri kita.

Supaya kamu nggak penasaran, berikut arti mata kanan dan kiri kedutan. Siapa tahu kamu membutuhkannya untuk selalu waspada, bukan?

Kedutan pada mata kiri

Pexels.com/Flora Westbrook

Meski rasanya sama, tapi kedutan yang terjadi di mata kiri dan kanan memiliki makna serta mitos yang berbeda. Pertama, yuk, kita bahas mitos dan arti kedutan pada mata kiri. Kamu pernah mengalaminya nggak, nih?

1. Kedutan di mata kiri bagian atas

Canva.com, Edited by Niken Ari

Kalau kamu merasakan kedutan di mata kiri bagian atas, itu pertanda ada seseorang yang merindukan kamu dan akan segera bertemu dalam waktu dekat. Biasanya, mereka yang menjalani hubungan jarak jauh akan merasakan hal ini. Terlebih, jika kamu sudah lama tak bertemu dengan pasanganmu dalam waktu yang cukup lama.

2. Kedutan di mata kiri bagian bawah

Canva.com, Edited by Niken Ari

Kebalikan dari kedutan di mata kiri bagian atas, kalau kamu merasakan kedutan di mata kiri bagian bawah, kamu perlu waspada. Sebab, itu pertanda kamu akan mengalami sakit yang cukup serius. Supaya nggak terjadi, tetap jaga kesehatan diri, ya, Bela.

3. Kedutan di ekor mata kiri bagian atas

Canva.com, Edited by Niken Ari

Kedutan di ekor mata kiri bagian atas merupakan pertanda baik. Kamu akan dipertemukan dengan teman atau saudara dekat yang selama ini sudah tinggal berjauhan dan tak bertemu dalam waktu yang cukup lama. Siapa, nih, kira-kira sosok itu?

4. Kedutan di ekor mata kiri bagian bawah

Canva.com, Edited by Niken Ari

Kalau kamu merasakan kedutan di ekor mata kiri bagian bawah, hati-hati, ya. Sebab, itu bukan pertanda baik. Kamu akan menerima kabar mengecewakan dalam waktu dekat. Siapkan hati, ya, Bela.

5. Kedutan di alis mata kiri

Canva.com, Edited by Niken Ari

Tiba-tiba saja alis mata kirimu berkedut? Itu tandanya kamu akan mendapatkan kabar membahagiakan yang sudah lama kamu tunggu. Bisa jadi kamu akan mendapatkan rezeki tak terduga, atau bertemu dengan seseorang yang telah kamu rindukan sejak lama.

6. Kedutan di bola mata kiri

Canva.com, Edited by Niken Ari

Bola mata juga bisa mengalami kedutan, Bela. Kalau kamu mengalaminya, itu artinya kamu akan segera mendapat kebahagiaan. Kebahagiaan ini dapat berupa apa saja. Mulai dari mendapat uang yang tak disangka-sangka, hingga kabar baik lainnya.

Kedutan pada mata kanan

Unsplash.com/Daria

Selain mata kiri, mata bagian kanan juga bisa mengalami kedutan, lho. Kedutan di mata bagian kanan juga memiliki pertanda tertentu. Apa saja tandanya? Simak berikut ini.

1. Kedutan di kelopak mata kanan atas

Canva.com, Edited by Niken Ari

Selamat! Jika kamu mengalami kedutan di kelopak mata kanan atas itu artinya kamu akan mendapat keberuntungan. Nah, keberuntungan ini merupakan hasil dari usaha yang selama ini kamu tanam. Berbahagia akan keberuntungan ini sangat diperbolehkan, tapi jangan berlebihan, ya.

2. Kedutan di alis mata kanan

Canva.com, Edited by Niken Ari

Mendapat cobaan dan ujian memang sangat melelahkan. Tapi, jika saat ini kamu merasakan kedutan di alis mata kanan, itu tandanya kamu akan merasakan kebahagiaan luar biasa karena berhasil melewati cobaan tersebut. Kamu akan merasa sangat bangga terhadap dirimu sendiri karena sukses melewati ujian itu dengan sabar.

3. Kedutan di ekor mata kanan bagian atas

Jika kamu mengalami kedutan di ekor mata kanan bagian atas, itu pertanda kamu akan segera pulih dari penyakit yang kamu derita selama ini. Orang-orang di sekitarmu juga merasa bahagia dan bangga terhadap dirimu karena berhasil bertahan serta melawan penyakit tersebut.

4. Kedutan di ekor mata kanan bagian bawah

Canva.com, Edited by Niken Ari

Coba ingat-ingat, siapa sosok yang sudah lama tak kamu jumpai, tapi tiba-tiba kamu memikirkannya kembali? Kalau kamu mengalami kedutan di ekor mata kanan bagian bawah, itu artinya kamu akan segera bertemu kembali dengan orang yang sudah lama terpisah. Orang ini bisa siapa pun, bisa jadi mantan pacar, sahabat, atau keluarga.

5. Kedutan di bola mata kanan

Canva.com, Edited by Niken Ari

Jika kamu mengalami kedutan di bola mata kanan, hati-hati, ya. Sebab, ini pertanda kamu akan mengalami suatu peristiwa yang cukup membuatmu sangat sedih.

Penjelasan mengenai arti mata kedutan bagian kanan dan kiri memang beragam, mulai dari pertanda sedih atau pun senang. Mau percaya atau tidak, semua dikembalikan kepada pribadi masing-masing. Selain memberikan pertanda soal nasib, kedutan di mata juga bisa memberikan tanda soal kesehatan dan kondisi tubuhmu. Jika kamu merasa kedutan di mata terjadi tidak wajar, jangan ragu untuk menghubungi dokter terdekat.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration