Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Program Seru di Art Jakarta 2019 yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan

Pecinta seni wajib ke sini!

Niken Ari Prayitno

Ajang seni rupa Art Jakarta kembali digelar pada 30 Agustus hingga 1 September 2019 mendatang di Jakarta Convention Center. Pelaku seni rupa Tom Tandio dipercaya menjadi Direktur Pameran yang akan bekerja bersama kurator Enin Supriyanto sebagai Direktur Artistik Art Jakarta 2019 kali ini.

Kolaborasi kedua tokoh penting di kancah seni rupa ini diharapkan mampu membawa kesegaran dan nilai tambah bagi Art Jakarta. Pengetahuan dan pengalaman keduanya di kancah seni rupa lokal maupun internasional diyakini akan bisa memberi arahan yang tepat bagi Art Jakarta untuk menjadikan ajang ini sebagai sebuah tolak ukur perkembangan seni rupa di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara.

Sebanyak 70 galeri dari dalam dan luar negeri akan ambil bagian dalam Art Jakarta tahun ini. Enam program dengan fokus yang berbeda menjadi pilar yang akan menopang penyelenggaraan Art Jakarta 2019. Program tersebut ditambah pula dengan satu program khusus yang bekerja sama langsung dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Apa saja program tersebut? Simak penjelasannya berikut ini ya!

Art Jakarta Gallery

Popbela.com/Art Jakarta

Art Jakarta Gallery merupakan pameran utama yang mengetengahkan 70 galeri, dengan 40 galeri berasal dari negara-negara di kawasan Asia Pasifik dan 30 galeri berasal dari Indonesia.

Art Jakarta Spot

Instagram.com/artjakarta

Merupakan presentasi spesial dari tujuh seniman yang direpresentasikan oleh 7 galeri dan akan menempati area-area khusus yang menyebar di seluruh area Art Fair. Beberapa seniman dan galeri yang termasuk dalam program ini adalah Eko Nugroho oleh ARARIO Gallery, TeamLAB oleh Gajah Gallery, Cheuk Wing Nam oleh OVO Gallery, dan masih banyak lagi.

Art Jakarta X

Popbela.com/Art Jakarta

Selain dengan seniman, Art Jakarta juga berkolaborasi dengan pihak lain seperti partner dan kolektor untuk memamerkan karya-karya dengan presentasi khusus. Adapun yang tergabung dalam Art Jakarta X adalah Isha Hening oleh Wave of Tomorrow, Huang Po-Chih, serta I Nyoman Masriadi Collector’s Show untuk VIP Lounge.

Art Jakarta Play

Instagram.com/artjakarta

Bekerja sama dengan UOB yang memiliki kepedulian tinggi terhadap dunia pendidikan, Art Jakarta Play dipersembahkan bagi seluruh kalangan. Baik itu untuk anak-anak dan remaja untuk bisa belajar serta mengalami seni rupa melalui berbagai lokakarya yang dirancang oleh Eko Nugroho Art Class.

Art Jakarta Scene

Popbela.com/Art Jakarta

Platform ini digelar dalam Art Jakarta sebagai sebuah upaya untuk mengakomodir dinamika ekosistem seni rupa Indonesia yang berkembang pesat dan merambah ke berbagai lini industri kreatif lainnya.

Art Jakarta Talk

Popbela.com/Art Jakarta

Program Art Jakarta Talk diadakan sebagai wadah bagi para pelaku seni untuk saling membahas dan berbagi mengenai topik-topik terbaru seputar dunia seni rupa. Panel diskusi ini juga diharapkan untuk dapat mengedukasi para pendatang yang dapat berpartisipasi dalam Art Jakarta Talk.

Art Jakarta Charity

Instagram.com/artjakarta

Melanjutkan tradisi Art Jakarta sebelumnya, program Art Jakarta Charity tahun ini dipersembahkan oleh OPPO lewat Renoscape. Renoscape oleh OPPO ini merupakan arena lelang 13 karpet karya seniman terbaik Tanah Air. Hasil penjualan dari kegiatan Art Jakarta Charity akan disumbangkan untuk Yayasan Mitra Museum Jakarta dan Happy Hearts Indonesia.

ART_UNLTD

Popbela.com/Art Jakarta

Bersama Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf), Art Jakarta berkomitmen memberikan ruang bagi para seniman muda untuk unjuk karya dan berinteraksi langsung dengan seluruh pelaku dunia seni rupa dari dalam dan luar negeri sebagai sebuah pengalaman yang diharapkan akan membuka wawasan dan mendorong semangat para perupa muda untuk berkembang secara maksimal.

Melihat rangkaian dan banyaknya program yang ada di Art Jakarta 2019 bikin kita ingin langsung mengunjunginya. Catat tanggalnya dan jangan sampai ketinggalan ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration