Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Smartphone Keren yang Rilis di April 2022, Nggak Nguras THR Kamu!

Lebaran kali ini saatnya ganti ponsel, nih!

Niken Ari Prayitno

Menjelang akhir bulan Ramadan, beberapa dari kita tentu akan menerima tunjangan hari raya (THR). Uang ini selain kamu manfaatkan untuk membeli kebutuhan saat hari raya tiba, juga bisa kamu gunakan untuk sesuatu yang produktif. Misalnya, membeli ponsel baru untuk menunjang pekerjaanmu, membuat konten, hingga mendapatkan hiburan.

Supaya THR kamu nggak ludes begitu saja, Popbela memiliki beberapa rekomendasi smartphone keren yang baru saja rilis di bulan April 2022 ini. Apa saja smartphone tersebut? Berikut daftarnya.

1. POCO M4 Pro

Dok. POCO

Kamu yang punya hobi gaming, sepertinya cocok dengan ponsel yang satu ini, Bela. POCO M4 Pro diciptakan bagi generasi muda yang membutuhkan smartphone andal yang tidak hanya sekadar alat komunikasi, namun juga bisa menjadi perangkat yang mampu memaksimalkan gaya hidup kamu. 

Layar yang berkualitas memang menjadi keunggulan POCO M4 Pro. Menggunakan layar terbaik dikelasnya, Super AMOLED DotDisplay berukuran 6.43" dan memiliki resolusi FHD+, pengalaman bermain Mobile Legends akan semakin maksimal. Warna yang dihasilkan begitu cerah dan detail gambar juga dapat terlihat jelas, hal itu dikarenakan layar POCO M4 Pro memiliki rasio kontras yang tinggi, hingga 4.500.000:1, serta mendukung DCI-P3 wide color gamut. Dengan refresh rate mencapai 90Hz dan touch sampling rate 180Hz, membuat pergerakan hero kamu menjadi sangat halus. Jika kamu sering bermain game di luar ruangan, POCO M4 Pro merupakan pilihan tepat, karena dengan tingkat brightness hingga 1000 nits, layar akan tetap terlihat jelas walaupun di bawah sinar matahari.

Kamu juga tidak perlu takut jika terkena debu atau cipratan air, karena POCO M4 Pro dilengkapi Corning® Gorilla® Glass 3, dan sertifikasi IP53 splash-proof tested, untuk perlindungan terhadap goresan, debu, dan cipratan. Selain itu, jika kamu sering bermain dalam jangka waktu yang lama, mata kamu tidak akan cepat lelah karena POCO M4 Pro telah memiliki sertifikasi SGS, yaitu "Eye Care Display" dan "Seamless Display", yang membuat layar POCO M4 Pro dapat secara otomatis menyesuaikan tingkat cahaya, sehingga tetap nyaman di mata.

Dok. POCO

Di samping layar berkualitas, POCO M4 Pro juga memiliki speaker stereo dengan kualitas suara Hi-Res. Jika ingin menggunakan headset untuk bisa berkomunikasi dengan anggota tim, POCO M4 Pro juga memiliki 3.5mm headphone jack.

Sementara dari sisi dapur pacu, smartphone ini memiliki prosesor octa-core MediaTek Helio G96 yang dilengkapi teknologi MediaTek HyperEngine 2.0 Lite, sehingga bermain Mobile Legends dengan setting ultra high frame rate bisa berjalan dengan lancar dan tanpa lag.

POCO M4 Pro juga memiliki daya tahan baterai yang kuat, karena dibekali dengan baterai besar berkapasitas 5.000mAh dengan 3 teknologi Pro Fast Charging, yaitu MMT (middle-middle tab) untuk menghasilkan kecepatan pengisian yang konsisten. Terdapat pula fitur Mi-FC untuk menjaga performa charging dan voltase agar tetap optimal, dan LiquidCool Technology 1.0 Plus untuk menjaga temperatur ketika penggunaan maupun saat pengisian daya. Dengan teknologi Pro Fast Charging  ini, kamu bisa menikmati konten video selama dua jam hanya dengan isi ulang baterai selama 10 menit.

Harga: Rp2.899.000 (6GB + 128GB), Rp3.399.000 (8GB + 258GB)

2. Xiaomi 12

Dok. Xiaomi

Xiaomi 12 hadir dengan keberadaan tiga kamera master grade (50MP wide angle camera, 13MP ultra-wide angle camera dengan sudut bukaan 123 derajat, 5MP tele macro camera, dengan 50mm equivalent focal length) dan teknologi Xiaomi ProFocus, yang menjadikan Xiaomi 12 layak disebut compact camera flagship terbaik di kelasnya.

Xiaomi 12 menggunakan sensor dari Sony IMX 766 bersensor besar 1/1.56" yang dapat menangkap cahaya 51% lebih banyak, sehingga kualitas foto yang dihasilkan selalu detail dan tajam, walaupun pada saat malam hari. Untuk kebutuhan selfie, maupun vlog, Xiaomi 12 dibekali 32MP selfie camera yang dilengkapi berbagai fitur penunjang, seperti AI Beauty, AI Portrait Mode, HDR, Panorama Selfies, dan Cinematic Effects.

Pengalaman visual pada Xiaomi 12 juga semakin imersif lewat layar AMOLED 6,28" FHD+ berkedalaman 419 pixels per inch (PPI) yang didukung teknologi Dolby Vision dan HDR10+, serta menghasilkan lebih dari 68 miliar warna, dengan TrueColor display. Sementara itu dengan 120Hz AdaptiveSync refresh rate dan touch sampling rate hingga 480Hz, membuat perpindahan dari satu gambar ke gambar lain menjadi semakin halus.

Layar Xiaomi 12 juga selalu terlihat cerah walaupun berada di bawah sinar matahari, karena memiliki peak brightness yang tinggi, mencapai 1100 nits. Dan dari sisi audio, Xiaomi 12 mampu menghasilkan suara stereo kelas sinematik, yang dihasilkan oleh dual speaker stereo yang menggunakan teknologi SOUND BY Harman Kardon dan mendukung Dolby Atmos.

Dok. Xiaomi

Bagi yang gemar bermain game, video streaming, maupun membaca e-book, layar Xiaomi 12 tidak akan membuat mata cepat lelah, karena telah terakreditasi dengan Low Blue Light Certification. Dari sisi proteksi layar, Xiaomi 12 menggunakan perlindungan layar terbaik saat ini, yaitu Corning® Gorilla® Glass Victus™, sehingga akan lebih aman untuk mencegah kerusakan akibat jatuh, benturan, maupun goresan. 

Dari sisi performa, Xiaomi 12 mampu memberikan kemampuan yang luar biasa berkat chipset Snapdragon 8 Gen 1, manufaktur 4nm sekaligus mendukung jaringan 5G. Selain memiliki desain yang compact, dan nyaman digenggam dengan satu telapak tangan (152.70mm x 69.90mm x 8.16mm, serta berat 180 gram), Xiaomi 12 juga dibekali baterai besar berkapasitas 4500mAh berbahan high-power density battery, sehingga smartphone ini mampu mendukung berbagai kebutuhan sepanjang hari.

Salah satu inovasi dalam Xiaomi 12 adalah teknologi pintar AdaptiveCharge yang cerdas dalam mempelajari perilaku pengguna saat mengisi daya, yang berada di dalam 67W wired turbo charging dan 50W wireless turbo charging.

Harga: Rp9.999.000

3. Xiaomi 12 Pro

Dok. Xiaomi

Sebagai seri tertinggi saat ini, Xiaomi 12 Pro menciptakan standar baru untuk smartphone flagship di Indonesia. Didukung dengan teknologi Xiaomi ProFocus serta sensor canggih Sony IMX707 yang hadir pertama kali di dunia lewat 50MP wide angle camera, membuat Xiaomi 12 Pro mampu menghasilkan kualitas foto dan video setara kelas profesional. Tidak hanya itu, Xiaomi 12 Pro juga dilengkapi 50MP ultra wide angle camera, dan 50MP telephoto camera yang membuat smartphone ini memiliki triple rear camera dengan ukuran tertinggi di kelasnya.

Dari sisi layar, Xiaomi 12 Pro memiliki peringkat A+ dari DisplayMate dan mampu menghadirkan pengalaman sensori audio-visual yang luar biasa. Layar WQHD+ AMOLED 6.73" didukung Dolby Vision dan HDR 10+ mampu menghasilkan gambar 180% lebih jelas, reproduksi warna yang lebih kaya, sekaligus efisiensi daya hingga 50%.

Xiaomi 12 Pro juga terakreditasi dengan SGS Eye Care Display Certification, serta diproteksi oleh Corning® Gorilla® Glass Victus™. Pengalaman visual yang imersif ini menjadi semakin optimal karena Xiaomi 12 Pro mampu menghasilkan audio dengan rentang suara yang luas dan jernih melalui quad speaker stereo kelas sinematik oleh SOUND BY Harman Kardon, dan mendukung teknologi Dolby Atmos.

Dok. Xiaomi

Selain itu, Xiaomi 12 Pro juga dibekali Snapdragon 8 Gen 1 dengan konektivitas 5G. CPU yang powerful ini dipadukan dengan GPU Qualcomm® Adreno yang mampu meningkatkan rendering grafis hingga 30%, dan efisiensi energi hingga 25%. 

Xiaomi 12 Pro memiliki standar terbaik dalam pengisian daya, dengan menggunakan 120W HyperCharge yang didukung Chipset Surge P1, Xiaomi AdaptiveCharge, dan sertifikasi keamanan dari TUV Rheinland. Dengan kapasitas baterai 4600mAh, Xiaomi 12 Pro mampu mengisi 100% daya hanya dalam 18 menit!

Untuk menjaga agar performa selalu optimal, Xiaomi 12 Pro menerapkan teknologi pendingin kelas flagship terbaik dengan graphite film + vapor chamber yang mampu menjaga temperatur smartphone walaupun pada saat penggunaan berat maupun multitasking.

Xiaomi 12 Pro hadir dengan dimensi 163.60mm x 74.60mm x 8.16mm, serta berat 205 gram. Ponsel ini mampu memberikan sensasi kemewahan yang luar biasa, namun tetap nyaman dipegang dengan satu tangan. Xiaomi 12 series hadir dalam tiga varian warna, yaitu Gray, Purple, dan Blue.

Harga: Rp12.999.000

4. Samsung Galaxy M23

Dok. Samsung

Rindu masa-masa mengisi daya ponsel bisa dua hingga tiga hari sekali? Nah, Galaxy M23 5G hadir dengan baterai besar 5.000mAh yang bisa tahan seharian, bahkan hingga 2 hari, siap menemani keseharian kamu dalam bekerja atau belajar, dan lanjut menikmati hiburan digital seperti streaming video atau main game setelahnya. Selain itu, Galaxy M23 5G juga ditenagai Snapdragon 750G yang memberi performa maksimal di tiap pengoperasian smartphone tanpa lag. 

Hal tersebut pun didukung dengan RAM 6GB, lengkap dengan RAM Plus hingga 6GB, yang memungkinkan kamu beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan lebih lancar. Lalu, dengan ruang penyimpanan 128GB yang bisa ditambah hingga 1TB, puas sekali menyimpan berbagai file, foto, dan video tanpa khawatir memori akan cepat habis. 

Galaxy M23 5G dibekali dengan layar Infinity-V Display yang lebih responsif dari generasi sebelumnya, berkat kehadiran refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz yang membuat tiap motion pada layar menjadi lebih smooth, untuk scrolling di media sosial maupun bermain game. Hal tersebut pun dilengkapi dengan ukuran layar yang lapang, yaitu 6,6 inci dan resolusi FHD+.

Tak ketinggalan, rasio layar 20:9 memberikan tampilan visual yang lebih pas untuk menonton video di YouTube maupun streaming film dan series di berbagai platform OTT. Pengalaman kamu menikmati playlist favorit di Spotify sambil ngabuburit juga akan makin seru karena Galaxy M23 5G ini sudah didukung dengan Dolby Atmos yang aktif saat kamu menggunakan headphone.

Dok. Samsung

Galaxy M23 5G dilengkapi triple camera di bagian belakang untuk hasil foto dan video yang detail dan jernih, dengan spesifikasi Main camera 50MP, ultra wide camera 8MP dengan sudut pengambilan gambar hingga 123°, serta depth camera 2MP yang mampu menampilkan foto dengan efek blur mendalam yang lebih rapi.

Selain itu, di bagian depan ada kamera depan 8MP. Tak ketinggalan, Galaxy M23 5G juga disertai dengan fitur Fun Mode yang memberikan berbagai pilihan filter lucu. Jadi, kamu bisa makin kreatif mengekspresikan diri lewat konten.

Galaxy M23 5G juga sudah punya NFC, jadi kamu bisa melakukan transaksi cashless maupun pembayaran tanpa kartu ataupun isi kartu uang elektronik dengan lebih mudah, tanpa perlu repot ke ATM atau minimarket untuk mobilitas kamu yang super sibuk.

Harga: Rp3.699.000

5. Samsung Galaxy A73

Dok. Samsung

Pada 19 April 2022, Samsung resmi menghadirkan Galaxy A73 5G yang didesain khusus untuk mereka mengekspresikan passion dalam membuat konten di media sosial. Dilengkapi kamera beresolusi terbesar saat ini untuk Galaxy A Series dengan 108MP+OIS, layar 6,7 inci FHD+ Super AMOLED+ ber-refresh rate 120Hz, performa mumpuni berkat prosesor Snapdragon 778G, baterai 5.000mAh yang tahan hingga 2 hari, serta sertifikasi IP67 yang tahan air dan debu.

Galaxy A73 5G dibekali dengan Quad Camera 108MP, resolusi tertinggi sekelas flagship untuk Galaxy A Series saat ini untuk bikin video dengan resolusi tinggi secara instan, membuat konten kamu jadi lebih menarik dan lebih seru untuk diikuti karena kualitas videonya yang begitu jernih. Apalagi, kamera smartphone ini juga sudah ditunjang Optical Image Stabilization (OIS) untuk hasil video yang lebih smooth, lebih tajam, dan lebih stabil serta hasil rekaman yang lebih cerah sekalipun dalam kondisi low-light. Awesome Camera dari Galaxy A73 5G pun memastikan setiap detail dari scene yang kamu rekam akan tampil lebih standout.

Dok. Samsung

Untungnya, kamu bisa nyaman membuat konten di TikTok dengan Galaxy A73 5G berkat hadirnya prosesor Snapdragon 778G. Awesome Performance dari chipset tersebut memungkinkan kamu untuk menggunakan smartphone dengan begitu lancar tanpa lag, termasuk ketika kamu asyik mengutak-atik konten di TikTok. Kamu pun bisa bolak-balik ke aplikasi lain untuk mencari inspirasi dengan cepat, sehingga pengalaman membuat konten jadi lebih menyenangkan.

Galaxy A73 5G menghadirkan Awesome Screen yang akan membuat kamu benar-benar puas dalam melihat hasil kreasi konten kamu. Teknologi layar Super AMOLED+ di Galaxy A73 5G benar-benar memberikan kualitas tampilan terbaik di kelasnya, jadi kamu bisa melihat tiap elemen dari konten yang kamu buat dengan begitu jelas. Ditambah dengan ukuran layar yang lapang yaitu 6,7 inci dan resolusi FHD+ kamu bisa menikmati tiap konten dengan begitu immersive berkat kualitas warna yang begitu vivid, detail yang begitu nyata, dan tampilan yang utuh.

Tak ketinggalan, ada refresh rate 120Hz yang menjamin pergerakan gambar di layar makin smooth, jadi mata kamu akan lebih betah ketika scrolling TikTok dan mencari inspirasi konten lainnya.

Harga: Rp7.799.000

6. OPPO A96

Dok. OPPO Indonesia

Pada 7 April 2022 lalu, OPPO resmi meluncurkan perangkat terbarunya, yakni OPPO A96. Seri penerus A95 ini menawarkan desain ikonik lini seri A melalui OPPO Glow yang melindungi perangkat terhadap goresan dan sidik jari. Selain itu, tradisi lini seri A tetap dihadirkan pada perangkat ini yakni baterai besar 5.000mAh yang dilengkapi fitur penghemat daya serta pengisian cepat 33W SUPERVOOC TM.

Di sisi eksterior, OPPO A96 hadir dengan desain yang dinamai OPPO Glow. Teknologi
ini membuat perangkat A96 dapat menghadirkan pancaran warna berkilau, sekaligus memberikan perlindungan terhadap goresan, noda, dan sidik jari. OPPO A96 hadir di Indonesia dalam dua pilihan warna, Pearl Pink dan Starry Black. Perangkat A96 juga dilengkapi desain bingkai tengah tipis tiga dimensi sehingga nyaman digengam dengan satu tangan.

Pada bingkai ini, OPPO menempatkan Side Fingerprint Unlock untuk akses buka kunci perangkat yang lebih cepat dan tampilan premium. OPPO A96 menawarkan pengalaman hiburan dan bermain game yang imersif berkat kehadiran layar besar 6,59 inci dengan 90.8% screen-to-body ratio dan resolusi FHD 1080 x 2412. Layar ini juga menghadirkan 95% NTSC Wide Color Gamut dengan standar spektrum warna yang mudah ditangkap mata mata manusia, sehingga tampilan layar lebih nyata dan kaya warna.

Layar OPPO A96 memiliki 90Hz refresh rate yang dilengkapi dengan Adaptive Refresh Rate, teknologi yang dikembangkan OPPO untuk layar yang dapat secara otomatis mengatur kecepatan refresh rate layar berdasarkan kebiasaan pengguna, memastikan kelancaran yang lebih baik sambil menjaga penggunaan daya tetap rendah.

Dok. OPPO Indonesia

OPPO A96 mengusung kamera depan 16MP. Fitur terbaru diaplikasikan pada perangkat ini seperti AI Natural Retouching mencakup penghilangan noda sekaligus mempertahankan fitur wajah alami. Sementara itu, fitur 360° Fill Light membantu mencerahkan bidikan potret di lingkungan yang redup.

Kamera belakang 50MP, hadir dengan sensitivitas tinggi dan Kamera Bokeh 2MP, memungkinkan pengguna menggunakan mode portrait untuk mengambil foto dengan efek bokeh yang presisi dan alami. Kamera belakang juga mendukung 5x perbesaran digital dan 20x bidikan beruntun.

Fitur kamera tambahan seperti AI Palette, Bokeh Flare Portrait, Flash Snapshot, dan Selfie HDR akan memberikan lebih banyak fleksibilitas pengguna ketika mereka memotret dalam berbagai skenario berbeda.

Baterai ekstra besar 5.000mAh hadir untuk memberikan daya tahan yang cukup untuk penggunaan seharian. Komitmen OPPO untuk dapat menghadirkan perangkat smartphone dengan teknologi terbaik yang dapat dinikmati oleh semua kalangan diwujudkan teknologi pengisian 33W SUPERVOOC TM, sebuah teknologi pengisian daya ekstra cepat yang dahulu hanya terdapat pada seri high-end seperti seri Reno dan seri flagship Find X. Pengisian daya ini dapat mengisi 55% tingkat kepenuhan baterai dalam waktu 30 menit.

Harga: Rp4.299.000

7. Redmi 10C

Dok. Redmi

Mulai tanggal 21 April 2022, ponsel Redmi 10C resmi dirilis di Indonesia. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, Redmi 10C yang merupakan entry level smartphone mampu memberikan performa di atas rata-rata. Redmi 10C menghadirkan spesifikasi dan fitur jagoan melalui chipset Snapdragon® 680, sistem kamera dengan resolusi 50MP, layar besar berkualitas High Definition Plus (HD+), dan baterai besar yang termasuk tertinggi di kelasnya dengan kapasitas 5000mAh yang dilengkapi dukungan pengisian daya cepat (fast charging) 18W.

Performa Redmi 10C tidak bisa dipandang sebelah mata karena dapur pacunya ditenagai chipset yang telah terbukti tangguh dan memiliki manajemen daya yang efisien, Snapdragon® 680, yang diproduksi dengan teknologi dengan fabrikasi 6 nm. Kehadiran chipset yang biasanya hadir di smartphone kelas menengah tersebut akan membuat Redmi 10C mampu menjalankan berbagai kegiatan seperti browsing, mengelola toko online di e-commerce, menjelajah media sosial, video streaming, hingga bermain game.

Sebagai penunjang performa, Redmi 10C juga dibekali dengan teknologi memori penyimpanan terkini, UFS 2.2, yang memungkinkan untuk pembacaan data lebih cepat, sekaligus membuat proses instalasi atau membuka aplikasi favorit menjadi semakin cepat. Redmi 10C juga mendukung fitur "Memory Extension" atau ekspansi RAM yang dapat ditambahkan hingga 2GB. Dari sisi sistem operasi, Redmi 10C juga telah mendapatkan operating system terbaru dari Xiaomi, yaitu MIUI 13 berbasis Android 11 yang dilengkapi teknologi unggulan untuk meningkatkan kinerja sistem smartphone, sehingga menghasilkan kinerja sistem yang lebih stabil dan lebih cepat.

Dok. Redmi

Dibandingkan dengan entry level smartphone lain di kelasnya, Redmi 10C memiliki kamera berukuran terbesar yaitu 50MP dengan bukaan f/1.8 dan teknologi 4-in-1 pixel binning untuk kualitas foto yang cakep, cerah dan berkualitas. Tidak hanya itu, tersedia juga 2MP depth camera untuk foto dengan efek bokeh pada latar belakangnya. Kemampuan Redmi 10C untuk mengambil gambar pada malam hari juga meningkat dengan fitur night mode, sementara fitur Movie Frame dapat menciptakan efek sinematik dalam foto yang dihasilkan. Disamping dual rear camera, Redmi 10C juga memiliki kamera depan berukuran 5MP.

Selanjutnya, Redmi 10C memiliki ukuran layar yang besar, 6.71" HD+ Dot Drop display dengan resolusi 1650x720 HD+. Melalui ukuran layar yang besar ini, pengalaman menonton, browsing, bermain game, maupun berbagai kegiatan lain menjadi lebih menyenangkan. Redmi 10C juga support Widevine L1 HD streaming yang membuat Redmi 10C dapat streaming video dari Netflix maupun Amazon Prime Video dengan kualitas HD. Dan untuk perlindungan layar, Redmi 10C memiliki sertifikasi Corning® Gorilla® Glass 3, dengan teknologi Native Damage Resistance (NDR) untuk ketahanan layar yang lebih terhadap goresan.

Dari sisi konektivitas Redmi 10C memiliki dedicated dual SIM slot yang memungkinkan pengguna mengaktifkan dua SIM card sekaligus secara bersamaan. Dan untuk menambah storage, Redmi 10C juga memiliki slot micro SD dengan kapasitas hingga 1TB. Sementara dari sisi keamanan, disamping rear fingerprint sensor, Redmi 10C juga memiliki AI face unlock, teknologi pintar yang umumnya ada di smartphone flagship, sehingga membuka kunci cukup hanya dengan identifikasi wajah.

Smartphone ini memiliki curved unibody design dengan dimensi 169,59 mm x 76,56 mm x 8,29 mm, dan berat 190 gram. Dengan desain modul kamera yang tegas dan goresan diagonal yang simple dan terkesan modern, Redmi 10C hadir dalam tiga varian warna, yaitu Graphite Gray, Ocean Blue, dan Mint Green.

Harga: Rp1.899.000 (4GB + 64GB), Rp2.099.000 (4GB + 128GB)

Itulah tadi daftar smartphone yang rilis di bulan April 2022 ini. Mau pilih yang mana, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration