Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kisah Mistis yang Paling Terkenal di Menara Saidah Jakarta

Isu gedung miring hingga dibangun di atas kuburan

Niken Ari Prayitno

Kamu yang sering melewati Jalan M.T Haryono menuju Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan pasti akan melewati satu gedung megah nan menjulang namun kosong tak berpenghuni. Menara Saidah nama gedung itu. Gedung bergaya Romawi lengkap dengan patung Julius Caesar di dalamnya memang sudah lama dibiarkan kosong begitu saja sejak tahun 2009.

Pada tahun 2001, Menara Saidah diresmikan dan dibuka untuk berbisnis. Diketahui puluhan tenant menempati kantor tersebut dan bahkan seluruh lantai nyaris terisi penuh. Namun entah bagaimana awalnya dan siapa yang memulai, di tahun 2007 satu per satu perusahaan mulai pindah dan meninggalkan Menara Saidah. Sampai akhirnya di tahun 2009 sudah tak ada lagi perusahaan yang menempati Menara Saidah dan gedung tersebut akhirnya ditutup.

Sebenarnya ada apa dengan Menara Saidah dan apa saja kisah mistis yang berkembang di sana?

Tenant Pergi Karena Isu Gedung Miring

Dok. Internet

Perginya tenant dari Menara Saidah ternyata disebabkan oleh isu konstruksi gedung yang miring. Beberapa perusahaan mengaku takut sewaktu-waktu gedung roboh karena dikabarkan konstruksinya yang miring.

Hal ini dibantah oleh kontraktor Menara Saidah. Menurut kontraktor, keadaan konstruksi gedung Menara Saidah dalam keadaan baik-baik saja dan tidak miring seperti kabar yang beredar di masyarakat.

Dibangun di Atas Kuburan dan Beberapa Jenazah Belum Dipindahkan

Dok. Internet

Ternyata tak cuma isu gedung miring yang membuat perusahaan angkat kaki dari Menara Saidah. Banyak masyarakat sekitar percaya kalau Menara Saidah dibangun di atas lahan kuburan yang beberapa jenazahnya belum dipindahkan. Hal ini membuat Menara Saidah dekat dengan kisah mistis dan sering dijadikan lokasi ajang uji nyali oleh beberapa orang.

Apa saja kisah mistis yang terjadi di Menara Saidah? Simak berikut ini.

1. Hantu Perempuan Berbaju Merah

Dok. Internet

Dari semua kisah mistis yang beredar di Menara Saidah, hantu perempuan berbaju merah menjadi salah satu yang paling terkenal. Konon, hantu ini menghuni lantai 3 Menara Saidah. Hantu perempuan berbaju merah sering menampakan diri dan tak jarang berbuat usil.

Pernah suatu ketika, hantu perempuan berbaju merah menampakan diri sebagai perempuan biasa. Ia meminta tolong ke satpam setempat untuk diantar ke lantai 14 demi menemui adiknya. Saat tiba di lantai 14, sang perempuan hilang begitu saja dari lift. Satpam itu pun kembali ke lantai dasar dalam keadaan pingsan.

2. Keranda Mayat yang Muncul dan Hilang Tiba-Tiba

Dok. Internet

Ada lagi keranda mayat yang dikabarkan sering muncul dan hilang tiba-tiba di dalam gedung Menara Saidah. Kisah ini dialami oleh sekelompok remaja yang ingin merasakan pengalaman mistis di gedung yang memiliki 28 lantai tersebut. Saat tiba di lantai 3, sekelompok remaja tersebut langsung menemukan keranda mayat yang muncul di depan lift saat lift terbuka. Tak hanya itu, sekelompok remaja itu juga melihat sekelebat bayangan perempuan tak jauh dari keranda mayat. Duh, seram ya!

3. Hantu Penunggu Lift

Dok. Internet

Menara Saidah dikenal pula dengan liftnya yang sangat lambat. Meski sudah direparasi beberapa kali, tetap saja laju lift di gedung tersebut lambat. Usut punya usut, ternyata lambatnya lift disebabkan oleh makhluk halus yang menunggu tempat tersebut.

Pernah suatu hari, ada karyawan Menara Saidah yang harus kembali ke sebuah lantai tempatnya bekerja karena ada barang yang tertinggal. Karena kondisi sudah gelap dan sepi, ia memutuskan untuk naik lift agar cepat sampai di lantai bawah. Namun, lift tersebut nggak mau menutup dan malah lampunya semakin meredup.

Karyawan tersebut memutuskan untuk turun menggunakan darurat. Yang membuatnya ketakutan adalah setiap ia tiba di satu lantai, lift juga tiba di lantai yang sama dengan kondisi pintu terbuka. Merinding!

4. Setan Penunggu Rubanah yang Usil

Dok. Internet

Basement atau bagian rubanah dari Menara Saidah juga tak luput dari gangguan makhluk halus. Di rubanah Menara Saidah konon dihuni satu penunggu yang usil. Makhluk penunggu rubanah tersebut sering memanggil-manggil, mengeluarkan suara tangisan, dan bahkan mencolek tubuh manusia yang ada di sana. Jahil ya!

5. Kelelawar Besar di Puncak Menara Saidah

Dok. Internet

Bagi beberapa orang yang bisa melihat makhluk tak kasat mata, ada yang mengatakan kalau di puncak Menara Saidah ada penunggu dan merupakan makhluk terkuat di sana. Makhluk tersebut berwujud Gargoyle atau kelelawar setengah manusia. Makhluk ini bertengger tepat di atas tulisan MENARA SAIDAH. Konon, jika ia terkena cahaya bulan, ia akan menjadi lebih aktif dan mengganggu manusia.

Itulah beberapa cerita seram di Menara Saidah Jakarta. Kamu sendiri bagaimana, Bela, berani untuk mengunjungi Menara Saidah? Atau bahkan sudah pernah masuk ke dalamnya?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration