Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Aplikasi Azan Terbaik untuk Para Pengguna Android

Pengingat untuk tepat waktu

Natasha Cecilia Anandita

Salat sebagai rukun Islam kedua adalah kewajiban yang dilakukan oleh para kaum muslim. Salat yang terdiri dari lima waktu, memiliki waktu yang memang berubah setiap harinya. Maka dari itu, dibutuhkan pengingat bisa salat tepat waktu, terlebih di saat Ramadan seperti ini.

Teknologi yang terus berkembang memiliki efek positif bagi seluruh masyarakat dunia, terutama bagi umat Islam. Berikut ini ada beberapa daftar aplikasi Adzan terbaik untuk kamu pengguna android, yang dapat mengingatkanmu untuk salat tepat waktu.

1. Muslim Pro

google playstore

Muslim Pro sangat membantu umat muslim agar bisa mengetahui jadwal salat lima waktu secara tepat. Aplikasi ini mampu menyajikan informasi jadwal salat yang tepat sesuai lokasi kamu saat ini. Muslim Pro memiliki fitur penunjuk kiblat dan bacaan Alquran yang dilengkapi dengan murottal-nya.

Uniknya lagi, aplikasi adzan terbaik yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur tasbih digital yang dapat membantu Kamu menghitung dzikir yang diucapkan. Muslim Pro memiliki rating 4.1 dan telah diunduh 50 juta orang.

2. Adzan Indonesia

google playstore

Aplikasi adzan terbaik kedua adalah Adzan Indonesia yang dikembangkan oleh Mazoul Dev. Aplikasi Adzan Indonesia tak hanya untuk mengetahui jadwal salat secara tepat, namun juga bisa digunakan untuk menemukan lokasi masjid terdekat. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur kompas terintegrasi yang dapat membantu Kamu mengetahui arah kiblat.

Di dalamnya, Kamu bisa memilih dan mengunduh suara muadzin favorit, serta tersedia sekitar 130 bacaan Alquran dan doa-doa pilihan. Kamu bahkan bisa mengunduh mp3 agar bisa didengarkan secara offline. Tenang, semua fiturnya gratis, kok. Tak heran jika aplikasi ini memiliki rating tinggi 4.6 dengan hanya berukuran 12MB.

3. Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla

google playstore

Selanjutnya ada Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla, yang dikembangkan oleh developer tanah air, yakni Kodelokus Cipta Aplikasi. Aplikasi ini cukup akurat dalam menyajikan informasi soal jadwal salat di tanah air. Ukuran filenya juga tidak memakan banyak memori penyimpananmu.

Dengan aplikasi ini, Kamu dapat mengatur jadwal salat yang ingin ditampilkan agar sesuai dengan tempat kamu tinggal. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur adzan saat waktu salat tiba, dari smartphone android yang kamu gunakan. Jadi tak khawatir lagi akan telat atau lupa.

4. Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan

google playstore

Dengan aplikasi satu ini tak perlu lagi deh kamu beli poster jadwal salat. Dalam aplikasi ini sudah tersedia jadwal salat di seluruh Indonesia. Fitur-fiturnya antara lain mengetahui jadwal salat setiap harinya, jadwal Imsak (untuk berpuasa Ramadhan ataupun puasa Sunnah), hingga jadwal salat 30 hari kemudian.

Fitur lainnya yang unik adalah kamu bisa mengetahui jarak ke Ka’bah dari lokasimu. Kamu juga bisa mengatur menit waktu salat secara manual, melihat arah kiblat, dan alarm adzan ketika waktu salat tiba. Aplikasi ini dirilis oleh developer Andi Unpam dan telah mendapat rating 4.7 di google store.

5. Prayer Times

google playstore

Tak hanya memberikan jadwal salat harian, aplikasi besutan developer S.Mustafa ini juga memberikan berbagai macam informasi penting di hari tersebut. Misalnya, hari Isra’ Mi’raj atau hari penting dalam Islam lainnya.

Seperti aplikasi adzan lainnya, Kamu juga akan mendengarkan adzan dari aplikasi Prayer Times ketika masuk waktu salat. Dilengkapi pula dengan bacaan doa-doa pilihan hingga fitur yang mampu menunjukan arah kiblat secara akurat. Prayer Times telah diunduh hingga 10 juta kali, aplikasi yang satu ini telah memiliki rating 4.4 di play store.

6. Prayer Times & Qibla

google playstore

Salah satu aplikasi pengingat salat yang rating tinggi dan ukuran kecil adalah Prayer Times & Qibla. Aplikasi ini dapat menunjukkan waktu untuk Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya dan waktu opsional seperti Imsak, Shuruq, Duha, Tengah Malam dan Qiyam, notifikasi pengingat waktu salat dengan berbagai suara adzan yang bisa kamu unduh.

Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur kalender Hijriah Islam, dan dapat mengubah mode menjadi ‘jangan ganggu’ saat waktu berdoa. Uniknya lagi kamu bisa mengubah warna tema aplikasi dan memilih bahasa yang kamu inginkan.

7. Salatuk (Prayer time)

google playstore

Aplikasi Salatuk (Prayer time) sangat berguna banget untuk kamu yang sedang dalam perjalanan. Pasalnya aplikasi ini mampu menyuguhkan informasi yang akurat mengenai lokasi masjid yang terdekat dengan lokasi Kamu. Selain itu, Kamu juga bisa tahu waktu salat secara akurat, dan arah kiblat dari mana pun lokasi Kamu berada. Aplikasi yang dikembangkan oleh masarat app ini memiliki tampilan yang cukup sederhana dan sangat gampang untuk digunakan.

8. Prayer Times Muslim All in One

google playstore

Aplikasi yang dirilis oleh The WALi Studio ini tak hanya memberikan jadwal salat lima waktu yang akurat tetapi juga bisa digunakan untuk menghitung mundur hingga waktu salat tiba. Saat waktu untuk menunaikan salat tiba, maka kamu akan mendengarkan lantunan suara adzan yang begitu merdu dari aplikasi satu ini.

Selain itu, Prayer Times Muslim All in One juga memiliki fitur untuk mengarahkanmu ke arah kiblat dengan tepat saat Kamu tak berada di masjid. Lengkapnya, aplikasi ini juga menyediakan bacaan ayat suci Alquran yang lengkap dengan 114 surat, serta dukungan audio dengan format MP3 yang dapat didownload untuk didengarkan secara offline.

Satu hal lagi yang menarik dari aplikasi adzan terbaik ini ialah kumpulan bacaan doa berformat audio MP3 yang dilantunkan oleh Ustad Muhammad Arif Hudaya. Lalu ada juga hadist dan kalkulator zakat.

Itulah 8 rekomendasi aplikasi Adzan terbaik Android untuk kamu, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration