Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Universitas Terbesar di Indonesia, Luasnya Ratusan Hektare

Kampusmu termasuk?

Nafi' Khoiriyah

Menentukan perguruan tinggi bukan hanya soal peringkatnya saja, tetapi juga soal kenyamanannya. Salah satu yang membuat perguruan tinggi jadi terasa nyaman adalah karena luas wilayahnya dan fasilitas yang memadai. 

Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa universitas terbesar di Indonesia berdasarkan luasnya. Bukan hanya berada di Jawa saja, ternyata banyak di antaranya justru berada di luar Jawa. Mana saja kira-kira? 

1. Universitas Sriwijaya

gelorasriwijaya.co

Universitas terbesar di Indonesia yang pertama adalah Universitas Sriwijaya (UNSRI) yang ada di Palembang, Sumatera Selatan. kampus ini menjadi yang terluas di Indonesia bahkan Asia Tenggara dengan luas mencapai 712 hektare. Namun, tidak semua luas wilayah universitas itu didirikan menjadi bangunan, melainkan ada yang masih berbentuk hutan dan perkebunan. 

2. Universitas Andalas

unand.ac.id

Masih di pulau Sumatera, kali ini bergeser ke Sumatera Barat yakni Universitas Andalas. Mulanya, universitas ini tersebar di berbagai tempat di Kota Padang. Namun kemudian, lokasinya terpusat di Limau Manih yang luasnya sekitar 500 hektare. Lokasi tersebut juga berada di ketinggian kurang lebih 200 meter di atas permukaan laut. Meski luasnya mencapai 500 hektare, tetapi kawasan yang bisa dibangun dengan aman hanya seluas 135 hektare saja. Sementara yang lainnya adalah kawasan hutan lindung dan hutan tanaman obat. 

3. Universitas Sumatera Utara

usu.ac.id

Universitas terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Sumatera Utara. USU sendiri mempunyai dua wilayah kampus, yakni yang ada di Padang Bulan dan di Kwala. Kampus yang berada di Padang Bulan memiliki luas mencapai 116 hektare. Dari seluruh luas wilayah tersebut, luas zona akademiknya adalah 93,4 hektare. Terdapat lebih dari 100 bangunan dengan luas keseluruhan 133,141 meter persegi. Sementara kampus kedua yang ada di Kwala luasnya mencapai 300 hektare. Jika digabungkan, total luasnya mencapai 416 hektare. 

4. Universitas Riau

pslh.lppm.unri.ac.id

Universitas Riau (UNRI) mempunyai beberapa kampus untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan akademik dan nonakademiknya. Kampus utamanya sendiri yang disebut Kampus Bina Widya berdiri di lokasi seluas 345 hektare. Sedangkan kampus Pattimura berada di lahan seluas 5 hektare. Kampus tersebut digunakan untuk Fakulas Hukum, Program Pasca Sarjana, dan lain sebagainya.

5. Universitas Indonesia

ui.ac.id

Kampus yang selanjutnya ini tentu sudah nggak diragukan lagi besar dan luasnya. Berada di Depok, Jawa Barat, luas wilayah UI mencapai 323 hektare. Namun, 75 persen di antaranya adalah hutan kota, sementara 25 persennya adalah gedungnya. Adapun wilayah yang difungsikan itu terbagi dalam banyaknya fakultas dan fasilitas di sana. Kampus UI sendiri terbagi menjadi Kampus UI Depok dan Kampus UI Salemba yang lebih kecil wilayahnya. 

6. Universitas Gadjah Mada

ugm.ac.id

Selain dikenal sebagai universitas terbaik di Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM) juga menjadi salah satu universitas terbesar di Indonesia. Kampus ini memiliki kawasan sebesar 300 hektare. Di atas wilayahnya itu berdiri 670 gedung dengan luas total mencapai 740.000 meter persegi. Kampus di UGM dipisahkan oleh Jalan Persatuan sehingga ada dua bagian kampus, yakni kampus barat dan timur. Sementara fakultasnya terdiri dari 18 fakultas, sekolah vokasi, dan sekolah pascasarjana. 

7. Institut Pertanian Bogor

flickr.com

Di deretan selanjutnya ada Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berada di Bogor. Kampus ini memiliki luas sekitar 299 hektare yang terbagi dalam beberapa lokasi. Kampus IPB Dramaga seluas 267 hektare sebagai kantor rektorat dan pusat kegiatan mengajar. Kampus IPB Barangsiang Bogor seluas 11,5 hektare sebagai pusat kegiatan penelitian. Kampus IPB Gunung Gede Bogor 14,5 hektare sebagai pusat kegiatan pendidikan manajemen bisnis. Kampis IPB Cilibende 3,2 hektare dan Kampus IPB Taman Kencana Bogor 3,4 hektare. 

8. Universitas Negeri Manado

unima.ac.id

Berikutnya adalah Universitas Negeri Manado yang berlokasi di Sulawesi Utara. Kampusnya disebut memiliki luas mencapai 270 hektare dan berada di atas ketinggian 800 meter di ats permukaan air laut. Di kampus ini terdapat beberapa fakultas, mulai dari Fakulas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, sampai Fakultas Ilmu Sosial. 

9. Institut Teknologi Bandung

itb.ac.id

Institut Teknologi Bandung juga masuk dalam universitas terbesar di Indonesia. Total luasnya ditaksir mencapai 795.646 meter persegi atau 79 hektare. Kampus ITB yang ada di Jatinangor memiliki luas lahan sekitar 47 hektare. Sementara kampus Ganesha memiliki luas sekitar 28 hektare. Selain bangunan fakultas, di kawasan kampus ini juga terdapat fasilitas penunjang perkuliahan mulai dari aula, sarana olah raga, sampai dengan asrama mahasiswa. 

10. Universitas Airlangga

unair.ac.id

Di Surabaya, Jawa Timur, ada Universitas Airlangga (Unair) yang kawasannya juga cukup luas. Keseluruhan kawasan universitas tersebut mencapai 650.308 meter persegi atau sekitar 65 hektare. Selain kawasannya yang luas, Unair juga tergolong dalam salah satu universitas favorit di Indonesia. Totalnya, Unair memiliki 14 fakultas dan sekolah pascasarjana yang lokasinya tersebar di Surabaya. 

Itulah deretan universitas terbesar di Indonesia yang luasnya bisa mencapai ratusan hektare. Setelah melihat deskripsi di atas, apakah kamu makin tertarik untuk menempuh pendidikan di sana? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration