Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Kanopi Minimalis Terbaik untuk Desain Rumah yang Modern

Buat hunian jadi lebih nyaman

Nafi' Khoiriyah

Sebuah hunian akan lebih lengkap jika diberi kanopi pada bagian depan rumahnya. Biasanya, kanopi dipakai untuk melindungi bagian halaman rumah, mobil, atau justru sebagai tempat untuk bersantai. 

Ada berbagai material kanopi yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Namun yang terpenting adalah membuat kanopi minimalis dan fungsional supaya rumah terasa lebih nyaman juga menawan.

Berikut adalah 10 model kanopi minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat rumah terlihat lebih sejuk dan nyaman. 

1. Kanopi minimalis transparan

pinterest.com

Kanopi minimalis yang pertama terbuat dari kaca yang transparan dan tebal. Selain itu, tiang dan penyangganya terbuat dari baja yang tebal berwarna hitam. Perpaduan kedua material tersebut akan membuat hunian terlihat mewah. 

Apalagi dengan panjang dan lebar seperti pada foto di atas. Bukan hanya bisa dipakai untuk bagian depan rumah, model kanopi yang lebar dan mewah ini juga bisa diletakkan pada bagian belakang.

Dilengkapi dengan kursi santai, cocok untuk istirahat dan menikmati suasana rumah yang nyaman. 

2. Kanopi minimalis mewah

homedsgn.com

Model selanjutnya juga tampak begitu mewah dengan kanopi cor dan dipadukan dengan kayu. Desain ini akan cocok bagi kamu yang memiliki rumah bergaya modern dan memiliki space yang luas. 

Selain detail kayu pada atapnya, tiang yang dipakai untuk menyangga berjajar di bagian depan. Sementara bagian lainnya menyatu dengan rumah sehingga tampak begitu kokoh. Di bawah kanopi ini, kamu bisa meletakkan mobil atau untuk tempat menggelar acara. 

3. Kanopi minimalis kayu

pinterest.com

Nah, jika kamu menginginkan kanopi yang memberikan kesan homey dan nyaman, maka model kanopi kayu jadi jawabannya. Seperti yang kamu lihat, kanopi tersebut didesain membentuk L dengan atap dan bagian samping yang tertutupi. 

Dengan desain yang unik tersebut, kamu bisa memanfaatkan bagian bawahnya untuk ditempati kursi tamu atau kursi santai bersama keluarga. Namun, pastikan bagian depan rumah memiliki halaman yang sejuk supaya nyaman berlama-lama di bawah kanopi. 

4. Kanopi minimalis terpisah

gardenhousedesign.co.u

Kalau kebanyakan kanopi rumah menyatu dengan bagian depan atau belakang rumah, kini kamu bisa membuatnya terpisah. Seperti di atas, kanopi bisa diletakkan di sisi rumah yang kosong dengan lahan yang tidak begitu luas. 

Kanopi tersebut dibuat dengan material kayu sebagai atapnya dan dinding bambu serta baja. Perpaduan berbagai jenis material tersebut membuatnya terlihat keren, apalagi dilengkapi dengan mini bar.

5. Kanopi minimalis 2 penyangga

pinterest.com

Kanopi minimalis selanjutnya bisa diterapkan pada lahan yang sempit di bagian depan rumah dengan dilengkapi dua penyangga dari baja ringan. Model atap kanopi tersebut memakai bahan spandek berwarna putih yang senada dengan rumahnya. 

Di bagian bawahnya, kamu bisa meletakkan meja dan kursi untuk tamu ataupun untuk keluarga. Dengan desain rumah yang minimalis modern, kanopi 2 penyangga pasti akan cocok dan tidak memakan tempat. 

6. Kanopi minimalis unik

austinhomemag.com

Lain halnya jika kamu ingin membuat hunian yang unik seperti ini. Kamu bisa membuat kanopi dengan atap yang luas, namun disatukan dengan atap rumah dan 1 penyangga.

Sekilas, kanopi tersebut tampak simpel dengan model persegi dan rangkai baja. Namun jika dipadukan dengan desain rumah yang minimalis, hunian akan terlihat makin unik dan menawan.

Apalagi jika bagian depan rumah memiliki lahan rumput dan tanaman yang luas, pasti akan terasa begitu menyegarkan. 

7. Kanopi minimalis warna

pinterest.com

Kanopi minimalis warna juga bisa jadi opsi lain bagi kamu yang tidak ingin penampilan rumah yang monoton. Seperti di atas, kanopi warna biru bergaris bisa diletakkan pada bagian depan maupun belakang rumah. 

Kanopi tersebut dilengkapi dengan besi, tetapi tanpa penyangga sehingga kesan simpel dan minimalis makin terlihat. Meski begitu, bentuknya yang persegi panjang membuatnya terkesan luas dan tidak sempit. 

8. Kanopi minimalis klasik

therange.co.uk

Akhir-akhir ini, model klasik dan vintage banyak digemari sebagai desain rumah. Jika kamu ingin menerapkannya, maka model kanopi klasik ini bisa jadi ide menarik. Alih-alih membuat kanopi yang datar, kamu bisa membuatnya seperti di atas. 

Kanopi tersebut bermotif garis dengan warna merah maroon dan krem. Kemudian, terdapat detail penutup di bagian depan yang berliku-liku. Meskipun tidak terlalu luas, tetapi kanopi ini bisa dipakai untuk meletakkan satu meja dan dua kursi tamu. 

9. Kanopi minimalis tralis

homemydesign.com

Kembali dengan kanopi berbahan kayu, tetapi model satu ini tampak sedikit berbeda. Kayu sebagai material utamanya dibentuk sebagai atap berbentuk tralis. Begitu juga dengan dindingnya yang dilengkapi dengan tralis kayu. 

Dengan material tersebut, hunianmu akan terasa lebih hangat dan nyaman. Namun, pastikan di sekeliling rumahmu terdapat pohon atau kebun sehingga tetap terasa sejuk jika akan bersantai di bawah kanopi ini, ya!

10. Kanopi minimalis 4 penyangga

homemydesign.com

Nah, kanopi minimalis yang terakhir juga terpisah dari bangunan rumah utama. Namun, kali ini desainnya lebih simpel dan minimalis dengan empat penyangga. Keempat penyangga kanopi tersebut terbuat dari baja yang terhubung satu sama lain. 

Kemudian, bagian atap kanopi dilengkapi dengan penutup yang sederhana. Meski begitu, desainnya yang terbuka akan membuatmu dan keluarga bisa menikmati angin segar di luar rumah sambil bersantai di bawah kanopi. 

Demikian 10 model kanopi minimalis yang berbeda-beda untuk kamu gunakan sebagai pelengkap hunianmu. Kira-kira, model mana yang paling cocok dengan rumahmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration