Memiliki rumah yang mungil harus disiasati supaya ruangan-ruangan di dalamnya tidak memakan tempat. Salah satu ruangan yang bisa kamu buat dengan ukuran yang kecil adalah kamar mandi. 

Meskipun menjadi ruangan yang penting, tetapi kamar mandi berukuran kecil justru akan membuatmu mudah membersihkannya. Selain itu, kamar mandi yang kecil akan memberikan kesan lebih aman.

Untuk menyiasati ruangan yang kecil, kamu bisa memasukkan barang-barang yang penting saja supaya tidak memakan tempat.

Nah, kali ini, kamu bisa melihat desain kamar mandi ukuran 1x1 yang mungil tapi fungsional. Desain ini bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat kamar mandi.

Simak ulasannya, ya!

1. Desain kamar mandi natural

9 Desain Kamar Mandi Ukuran 1x1 yang Mungil tapi Fungsionalpinterest.com

Desain kamar mandi ukuran 1x1 yang pertama bertema natural yang fresh. Kamar mandi mungil ini bisa kamu letakkan di bagian belakang rumah sehingga bisa ditambahkan jendela di sampingnya.  

Untuk ukuran yang sangat kecil, kamu bisa memasukkan furnitur seperti toilet duduk, shower, dan gantungan handuk. Shower dan gantungan handuk tidak akan memakan banyak tempat jika kamu meletakkannya menempel dengan dinding seperti di atas.

Jangan lupa tambahkan aksesori bunga-bunga supaya semakin fresh. 

2. Desain kamar mandi modern

9 Desain Kamar Mandi Ukuran 1x1 yang Mungil tapi Fungsionalrenoguide.com

Selanjutnya, kamu bisa membuat desain kamar mandi yang modern dan simpel berukuran 1x1 dengan dinding marmer. Dinding tersebut akan membuat kamar mandi yang sempit menjadi terkesan luas dan bersih. 

Untuk perabotan kamar mandi yang bisa kamu masukkan ke dalam ruangan mungil ini adalah toilet, shower, dan wastafel. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan bagian dinding untuk ditempeli kaca dan tempat meletakkan perlengkapan mandi lainnya. 

3. Desain kamar mandi nuansa hitam

9 Desain Kamar Mandi Ukuran 1x1 yang Mungil tapi Fungsionalpinterest.com

Kalau kamu ingin membuat kamar mandi yang berkesan mewah, desain kamar mandi ukuran 1x1 nuansa hitam ini bisa kamu coba.

Pertama, kamu bisa memilih lantai dan dinding keramik berwarna hitam. Supaya tidak monoton, modifikasikan dengan dinding emas di satu sisinya.

Kemudian, masukkan perabotan kamar mandi seperti toilet, shower, dan wastafel. Di bawah shower dan wastafel, kamu bisa meletakkan batu alam supaya terkesan lebih elegan. 

4. Desain kamar mandi nuansa pink

9 Desain Kamar Mandi Ukuran 1x1 yang Mungil tapi Fungsionalmydomaine.com

Beralih dengan desain yang mewah, kali ini kamu bisa membuat kamar mandi mungil nuansa pink di rumah. Caranya, kamu bisa memilih dinding keramik berwarna pink dengan perpaduan warna putih.

Setelah itu, letakkan furnitur seperti toilet, shower, dan wastafel yang esensial untuk ruangan ini. Supaya lebih memberi kesan feminin, kamu bisa menambahkan kaca dan tanaman hidup. 

5. Desain kamar mandi dinding pattern

9 Desain Kamar Mandi Ukuran 1x1 yang Mungil tapi Fungsionalbobvila.com

Desain kamar mandi ukuran 1x1 dengan dinding pattern seperti di atas bisa menjadi pilihan yang bagus. Untuk pemilihan warnanya, hitam dan putih menjadi pilihan yang tepat.

Jangan lupa pilih pattern yang elegan seperti bentuk geometris atau semacamnya supaya lebih netral. Sesudah itu, barulah kamu masukkan wastafel, toilet dan kaca sebagai perabot kamar mandi di dalamnya. 

6. Desain kamar mandi nuansa biru

9 Desain Kamar Mandi Ukuran 1x1 yang Mungil tapi Fungsionaldesign-authority.com

Warna putih atau hitam saja mungkin sudah biasa untuk warna dinding kamar mandi. Nah, kali ini kamu bisa beralih ke warna biru yang hangat dan menenangkan.

Dinding kamar mandi dengan warna ini bisa kamu padukan antara dinding yang polos dan dinding yang bermotif. Setelah itu, masukkan furnitur yang simpel dan minimalis seperti toilet dan wastafel. Dengan pemilihan furnitur yang tepat, ruangan yang mungil pun akan terkesan luas. 

7. Desain kamar mandi monokrom

9 Desain Kamar Mandi Ukuran 1x1 yang Mungil tapi Fungsionalpinterest.com

Monokrom banyak dipilih sebagai desain kamar mandi ukuran 1x1. Warna ini memberikan kesan yang netral dan simpel sehingga tampak lebih luas. Untuk lantai dan dinding di dekat shower, kamu bisa memakai keramik warna hitam yang berpola.

Lalu di sisi lainnya, kamu bisa memakai keramik putih polos agar lebih cerah. Agar ruangan tampak luas, letakkan dinding kaca yang besar di dalamnya.

8. Desain kamar mandi nuansa putih

9 Desain Kamar Mandi Ukuran 1x1 yang Mungil tapi Fungsionalpinterest.com

Masih dengan warna-warna monokrom, kamar mandi nuansa putih ini memiliki konsep yang sedikit unik. Kalau biasanya lantai kamar mandi dibuat datar satu tingkat saja, kali ini kamu bisa menambahkan satu sampai dua tingkatan untuk menjadi tempat menaruh barang.

Selain itu, kamu juga bisa memilih lantai cokelat supaya ada sedikit unsur klasik di dalamnya. Kemudian, pilih furnitur yang esensial seperti toilet dan wastafel saja supaya tidak terlalu memakan tempat. 

9. Desain kamar mandi rustic

9 Desain Kamar Mandi Ukuran 1x1 yang Mungil tapi Fungsionalbobvila.com

Desain kamar mandi ukuran 1x1 yang terakhir ini mengangkat tema rustic yang unik.Tema tersebut menentukan pemilihan warna dan furnitur di dalamnya, seperti dinding keramik warna cokelat dan meja organizer dari kayu. 

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kotak rotan sebagai tempat menaruh barang selain furnitur toilet dan wastafel yang esensial. Namun, jangan lupa memilih furnitur yang aman untuk diletakkan di ruangan yang lembap seperti kamar mandi. 

Itulah 9 desain kamar mandi ukuran 1x1 yang bisa kamu jadikan inspirasi. Meskipun cukup kecil, tapi kamu bisa melakukan penataan yang tepat supaya terkesan luas.

Semoga bermanfaat, Bela!

Baca Juga: 15 Desain Kamar Tidur Remaja yang Minimalis dan Modern

Baca Juga: 11 Desain Kamar Mandi Minimalis 2x3, Tampak Luas dan Bersih

Baca Juga: 13 Ide Kamar Remaja Perempuan dan Laki-Laki, Bikin Tidur Nyaman!