Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Membuat CV ATS Friendly dan Contohnya Lengkap

Agar lolos screening CV

Nafi' Khoiriyah

Melamar kerja ke berbagai perusahaan memang tidak mudah. Ada kalanya kita bahkan tidak lolos dalam tahap screening CV. Padahal, tahap itulah yang paling menentukan apakah kandidat bisa meneruskan ke tahap seleksi selanjutnya. 

Maka dari itu, perlu strategi untuk membuat CV lolos pada tahap screening, salah satunya dengan membuat CV ATS friendly. Mengenai apa itu CV ATS friendly dan bagaimana cara membuatnya, simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Apa itu CV ATS Friendly?

freepik.com/rawpixel.com

Mengingat banyaknya pelamar kerja pada sebuah perusahaan, kini banyak pihak yang akhirnya menggunakan sistem penyeleksian dengan software bernama ATS. ATS merupakan kependekan dari applicant tracking system yang digunakan untuk mengumpulkan, membaca, dan menyaring CV.

Maka dari itu, pelamar perlu membuat CV ATS friendly agar lolos dalam seleksi dengan software tersebut. Hal ini perlu diketahui karena banyak orang yang memiliki CV dengan format yang tidak sesuai. 

Jika dibiarkan, CV tersebut akan sulit dibaca oleh sistem dan akhirnya kecil kemungkinan kandidat akan dipanggil ke tahap selanjutnya. 

2. Mengapa CV harus ATS friendly?

freepik.com/tonodiaz

Dikarenakan kecanggihan tersebut, maka pentingnya CV ATS friendly adalah karena beberapa alasan ini. 

  1. Banyak perusahaan memakai seleksi dengan ATS. Hal ini akan menentukan apakah kamu lolos pada tahap screening atau tidak. Jadi, bukan saja HRD yang bertugas menyeleksi CV, tetapi mesin ATS yang bisa menentukan kamu bisa masuk ke tahap seleksi penerimaan kerja selanjutnya. 
  2. Sistem ATS digunakan sejak awal perekrutan. Jika perusahaan menggunakan sistem ATS, maka resume yang kamu kirimkan pun tidak akan terbaca jika tidak memenuhi kata kunci yang tepat. Sebab, sistem ini dipakai sejak awal tahap perekrutan. 
  3. CV ATS friendly juga mudah dibaca manusia meski tanpa sistem ATS. Tidak seperti CV kreatif yang sangat bebas, informasi dalam CV ATS pun sangat jelas dan ringkas. Hal ini juga memungkinkan HRD untuk membaca CV tersebut meski tidak menggunakan sistem ATS. 

3. Cara membuat CV ATS friendly

unsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Setelah itu, kamu perlu tahu bagaimana cara membuat CV ATS friendly. Kamu bisa mengikuti langkah berikut ini supaya CV yang dibuat lolos sampai ke tahap selanjutnya. 

  1. Buat judul CV yang jelas 
    Bagian awal CV yang paling menarik perhatian adalah judul CV. Bagian ini biasanya diisi dengan profil, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan lain sebagainya yang dipisahkan dengan heading dan dicetak tebal. Maka dari itu, buatlah headline judul yang menarik perhatian, singkat, dan tentunya relevan. Jangan menggunakan tabel atau kolom karena hanya akan membingungkan pembaca. 
  2. Isi CV dengan informasi yang relevan 
    Kemudian, yang tak kalah penting dari judul adalah informasi yang relevan dan diinginkan recruiter. Kamu harus memahami terlebih dahulu posisi yang akan kamu lamar sehingga kualifikasi yang dituliskan sesuai. Lalu, pastikan tidak ada salah ketik sehingga membuat CV-mu menjadi tidak lolos. 
  3. Gunakan kata kunci yang tepat 
    Seperti seorang recruiter, ATS juga akan membaca CV yang sesuai dengan keterampilan yang mereka cari. Maka dari itu, kamu perlu menyebutkan keterampilan yang dimiliki untuk mendukung pekerjaan tersebut. Kamu juga harus tahu kualifikasi apa yang dibutuhkan pada posisi tersebut sehingga sistem ATS akan menyaringnya. Contoh kata kunci yag dimaksud adalah SEO, google analytics, digital marketing, dan sebagainya. 
  4. Gunakan format ATS friendly 
    Kini banyak orang yang membuat CV dengan template tertentu. Hal itu tidak menjadi masalah asalkan template atau format yang dipakai tersebut ATS friendly. Template CV tersebut biasanya berisi informasi mengenai data diri, kontak, pengalaman kerja, sampai riwayat pendidikan yang disusun secara kronologis. 
  5. Pakai font yang terbaca dengan sistem ATS
    Pemilihan font juga tak kalah penting dalam pembuatan CV ATS friendly. Beberapa font yang bisa dipakai di antaranya adalah Calibri, Arial, Cambria, Georgia
  6. Simpan dengan format yang benar
    Terakhir, simpanlah CV ATS friendly yang kamu buat dengan format yang benar. Format yang dimaksud adalah .doc atau .pdf. Hindari tipe penyimpanan .jpg atau .png karena ATS biasanya tidak membaca foto. 

4. Contoh CV ATS friendly

scribd.com

Contoh CV ATS friendly di atas bisa kamu jadikan panduan untuk membuatnya sendiri. Kamu perlu memperhartikan mulai dari penulisan judul bagian sampai dengan poin penjelasannya. 

Poin-poin penjelasan dalam subjudul tersebut bisa ditulis menggunakan bullet list dan dijelaskan pula keterangan waktunya. Berbeda dengan CV kreatif, contoh CV ATS friendly di atas memang terlihat lebih simpel dan bersih tanpa sentuhan ornamen lainnya. 

5. Template CV ATS friendly

geekhunter.co

Kalau kamu mencari template CV ATS friendly, template di atas bisa dipakai. Pada tempate tersebut kamu bisa memasukkan mulai dari nama, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, sampai dengan informasi tambahan. 

Meskipun terlihat simpel, tetapi semua informasi yang dibutuhkan perusahaan sudah terekam dalam CV tersebut. Jangan lupa berikan keterangan tempat dan waktu juga agar menjadi pertimbangan recruiter.

Itulah penjelasan mengenai apa itu CV ATS friendly, bagaimana cara membuatnya, sampai dengan contohnya. Dengan mengetahui karakteristik CV ini, semoga bisa kamu jadikan referensi dan lolos di tahap screening ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration