Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Contoh Teks Anekdot Singkat Beserta Strukturnya Lengkap

Mengandung sindiran atau kritik

Nafi' Khoiriyah

Cerita lucu pasti sering kamu temui di media sosial atau di majalah yang kamu baca. Tanpa sadar, cerita tersebut akan membuat kita tertawa karena begitu menarik. Biasanya, di dalam cerita lucu tersebut tersirat pesan yang ingin disampaikan kepada pembacanya.

Cerita lucu yang mengandung pesan tersirat semacam itu disebut dengan teks anekdot. Kali ini, Popbela.com akan membahas contoh teks anekdot singkat beserta strukturnya yang perlu kamu ketahui. 

Sebelum masuk pada pembahasan, perlu kamu ketahui sekilas bahwa teks anekdot biasanya ditulis dengan bahasa sehari-hari. Tak hanya itu, topik yang dibahas pun biasanya mengenai kehidupan sekitar.

Untuk mengetahui selengkapnya, simak ulasan berikut ini ya, Bela!

Pengertian teks anekdot

pexels.com

Sebelum melihat contoh teks anekdot singkat beserta strukturnya, ketahui terlebih dahulu pengertian teks anekdot.

Menurut KBBI, anekdot merupakan cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan. Biasanya cerita tersebut mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. 

Jadi, dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa teks anekdot diangkat dari kisah nyata atau kisah kehidupan sehari-hari yang mengandung kritik atau pesan dan dibalut dengan kisah yang lucu. 

Berbeda dengan humor yang hanya bertujuan menghibur, teks anekdot memiliki pesan tersirat yang biasanya digunakan untuk mengkritik atau menyindir.

Humor juga berbeda dengan teks ini karena bisa bersifat imajinatif. Berbeda dengan anekdot yang diangkat dari kisah kehidupan sebenarnya. 

Struktur teks anekdot

pexels.com/lil artsy

Adapun struktur teks anekdot yang merupakan kerangka untuk membangun teks adalah sebagai berikut. 

  1. Abstraksi
    Bagian pertama cerita ini merupakan abstraksi atau pendahuluan yang bertujuan untuk menggambarkan isi cerita. Bagian ini bersifat opsional sehingga terkadang muncul dan terkadang tidak. 
  2. Orientasi 
    Orientasi ialah awal kejadian atau latar belakang mengapa cerita utama bisa terjadi. 
  3. Krisis
    Setelah mengetahui awal cerita, pembaca akan dijelaskan tentang konflik atau masalah utama yang terjadi pada cerita.
  4. Reaksi
    Bagian ini berisi cara untuk menyelesaikan konflik atau masalah yang telah dipaparkan sebelumnya dalam krisis. 
  5. Koda 
    Terakhir, koda merupakan penutup teks anekdot yang biasanya berisi penutup sekaligus pesan dari penulis. 

Ciri-ciri teks anekdot

pexels.com/Andrea Piacquadio

Ciri-ciri untuk mengidentifikasi contoh teks anekdot singkat beserta strukturnya dengan mudah bisa kamu ketahui. Ciri-ciri teks anekdot tersebut ialah sebagai berikut.

  1. Mengandung kisah lucu dan menggelitik sehingga bisa menghibur pembaca.
  2. Bersifat menyindir sesuatu atau seseorang karena berfungsi sebagai alat untuk mengkritik. 
  3. Memiliki tujuan tertentu sesuai dengan maksud dan tujuan penulis. 
  4. Mengandung tokoh, latar, rangkaian peristiwa, dan amanat. 
  5. Biasanya tokoh di dalamnya dekat dengan kehidupan sehari-hari, seperti seleb, politikus, atau figur lainnya.

1. Contoh teks anekdot tentang orang pintar

academia.edu

Dalam teks anekdot di atas, sekilas kamu mungkin akan menangkap bahwa guru tersebut memperbolehkan siswanya untuk menyontek. Padahal, kata menyontek pada teks di atas merupakan sindiran yang ditujukan kepada anak-anak yang menyontek. 

2. Contoh teks anekdot tentang berdoa sebelum makan

academia.edu

Selanjutnya, teks anekdot di atas mungkin terdengar sangat lucu karena harimau tiba-tiba berdoa di depan seorang pastor. Cerita tersebut memiliki pesan untuk berdoa sebelum makan, seperti harimau yang mengatupkan kedua tangan sebelum menerkam pastor.

3. Contoh teks anekdot berjudul beo nakal

scribd.com

Contoh teks anekdot singkat beserta strukturnya di atas mungkin jika dibaca hanya akan membuat kita tertawa. Namun, cerita itu mengandung pesan bahwa setiap perbuatan buruk akan dibalas setimpal. 

4. Contoh teks anekdot tentang kakek tunawisma

scribd.com

Teks anekdot di atas menceritakan tentang seorang tunawisma dan orang kaya. Cerita tersebut merupakan sindiran yang ditujukan kepada orang kaya yang sombong.

5. Contoh teks anekdot berjudul takut

studocu.com

Seperti cirinya, teks anekdot biasanya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari. Seperti cerita di atas yang berlatar di sekolah dan menceritakan tentang kisah yang terjadi di baliknya.

6. Contoh teks anekdot tentang munafik

pinterest.com

Fungsi teks anekdot merupakan sindiran yang ditujukan kepada pihak tertentu. Hal itu bisa kamu lihat pada contoh teks anekdot singkat beserta strukturnya di atas yang menyindir orang yang tidak menepati janjinya.

7. Contoh teks anekdot tentang narapidana

gurusiana.id

Meskipun teks anekdot di atas terdengar sangat lucu, tetapi teks tersebut bukan hanya humor semata. Cerita di atas mengandung banyak kritik tentang pendidikan rendah dan juga tentang hukuman penjara. 

8. Contoh teks anekdot tentang kereta dan tukang kupat tahu

scribd.com

Cerita kereta dan tukang kupat tahu tersebut mungkin terkesan sangat fiksi. Namun, cerita tersebut mengandung pesan moral yang bisa kamu simpulkan.

9. Contoh teks anekdot tentang tilang

slideshare.net

Pemungutan liar dengan dalih razia SIM dan STNK dulu sempat menjadi sorotan. Untuk mengkritik perilaku tersebut, penulis menuliskan teks anekdot seperti di atas. Hal itu berfungsi untuk menyindir oknum polisi yang melakukan pungli.

10. Contoh teks anekdot tentang anggota dewan

slideplayer.info

Terakhir, contoh teks anekdot singkat beserta strukturnya di atas merupakan sindiran yang ditujukan kepada anggota dewan. Penulis menyindir oknum anggota dewan yang berpendidikan tinggi tetapi tidak mampu mewakili suara rakyatnya.

Itulah 10 contoh teks anekdot singkat beserta strukturnya. Sekarang, kamu bisa mengetahui bahwa di balik cerita lucu biasanya terdapat kritik atau pesan di dalamnya.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration