Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Membuat Kartu Ucapan Hari Ibu yang Mudah dan Bagus

Sederhana kok!

Nafi' Khoiriyah

Ibu merupakan seseorang yang paling berarti dalam kehidupan kita. Tanpa kehadirannya, kita pun tak akan mungkin lahir di dunia. Ibu pula yang membesarkan kita sejak kecil sampai dewasa tanpa pamrih. 

Oleh karena itu, momen hari ibu tentu tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayangmu untuknya melalui kartu ucapan Hari Ibu. 

Cara membuat kartu ucapan Hari Ibu cukup mudah, tetapi belum semua orang mengetahuinya. Oleh karena itu, Popbela.com akan memberitahu cara untuk membuat kartu ucapan tersebut di bawah ini. Simak ya, Bela!

Apa isi kartu ucapan Hari Ibu?

freepik.com/Lifestylememory

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai cara membuat kartu ucapan Hari Ibu, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui apa itu kartu ucapan Hari Ibu dan isinya. Kartu ucapan merupakan salah satu bentuk surat dekoratif yang biasanya dibuat dengan kertas yang tebal. 

Dalam kaitannya dengan kartu ucapan Hari Ibu, kartu tersebut berisi mengenai ucapan selamat dan pesan yang ditujukan kepada ibu sebagai penerima. Biasanya, kartu ucapan dikirimkan pada peringatan tertentu, misalnya ulang tahun, Hari Raya Idul Fitri, Natal, valentine, dan tentunya Hari Ibu. 

Biasanya, struktur kartu ucapan berisi receiver atau penerima, body atau isi, dan sender atau pengirim. Penerima adalah orang yang akan mendapatkan kartu tersebut.

Isi adalah kata-kata berisi ucapan selamat Hari Ibu atau kata-kata yang mengungkapkan maksud pengirim. Terakhir, pengirim adalah kamu yang mengirimkan kartu ucapan kepada seseorang. 

2. Cara membuat kartu ucapan Hari Ibu di Canva

freepik.com

Nah, menyambut Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember mendatang, kamu bisa membuat kartu ucapan untuk ibu tercinta. Adapun cara membuatnya bisa menggunakan laman Canva di perangkatmu. 

Adapun cara membuat kartu ucapan Hari Ibu di Canva adalah sebagai berikut. 

  1. Buat akun Canva dengan menggunakan akun email, Google, atau Facebook pribadimu
  2. Buka laman Canva.com, lakukan login kemudian cari template kartu ucapan Hari Ibu di kolom pencarian
  3. Tentukan satu template kartu ucapan yang akan kamu pakai, sesuaikan dengan visual kartu ucapan yang kamu inginkan
  4. Desain template yang akan kamu pilih dengan tambahan foto dan sentuhan pribadi. Jangan lupa sertakan kata-kata selamat Hari Ibu
  5. Tambahkan bingkai, latar belakang, ilustrasi, dan filter jika perlu
  6. Terakhir, kalau desain yang kamu sesuaikan sudah selesai, unduh dalam format yang kamu inginkan
  7. Secara otomatis, file unduhan tersebut akan tersimpan di perangkatmu dan juga tersimpan secara otomatis di akun Canva milikmu
  8. Cetak kartu ucapan yang sudah kamu buat, berikan kepada ibumu. 

3. Tips membuat kartu ucapan Hari Ibu

freepik.com/pressfoto

Selain cara membuat kartu ucapan Hari Ibu di atas, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan supaya lebih indah dan mermakna. Berikut adalah tips membuat kartu ucapan Hari Ibu.

  1. Cari referensi kartu ucapan yang menarik sebelum kamu membuat kartu ucapan Hari Ibu sendiri 
  2. Buat kartu ucapan dengan bantuan aplikasi seperti Canva atau secara manual
  3. Jika ingin lebih personal, tambahkan foto atau sentuhan tanganmu supaya ibu semakin terkesan saat membacanya
  4. Berikan kartu ucapan yang sudah kamu buat bersama dengan kado untuk ibu tercinta. 

4. Contoh kata-kata ucapan Hari Ibu

freepik.com/rawpixel.com

Di dalam kartu ucapan Hari Ibu, kamu perlu menyelipkan kata-kata ucapan yang bisa membuatnya terharu dan bahagia. Biasanya, kata-kata tersebut berisi ucapan terima kasih dan doa agar ibu selalu sehat dan bahagia. 

Berikut adalah contoh kata-kata ucapan selamat Hari Ibu yang bisa kamu jadikan referensi.

  1. Bunda adalah sosok perempuan yang paling luar biasa daam hidupku. Bunda akan selalu menjadi nomor satuku. Selamat Hari Ibu, Bunda!
  2. Terima kasih ibu sudah menjadi sosok panutan yang luar biasa bagiku sejak kecil. Aku ingin berterima kasih atas semua dukungan dan bimbinganmu selama ini. Selamat Hari Ibu!
  3. Selamat Hari Ibu, Bu! Aku merasa sangat diberkati memiliki sosok ibu sepertimu. Terima kasih karena sudah selalu mempercayaiku dan melakukan banyak hal untukku. Semoga ibu selalu bahagia!
  4. Tidak ada beludru yang begitu lembut seperti pangkuan seorang ibu, tidak ada mawar seindah senyuman ibu, dan tidak ada jalan yang begitu berbunga-bunga seperti yang tercetak dengan langkah kaki ibu.
  5. Di hadapanku, ibu selalu tak kenal lelah. Meskipun keadaan sedang sulit, ia selalu menyiapkan makanan untuk anak-anaknya. Bahkan, ketika sedih ibu selalu berusaha baik baik saja. Kini, saatnya ibu membahagiakan diri sendiri. Selamat hari ibu!

5. Contoh kartu ucapan Hari Ibu

canva.com

Terakhir, cara membuat kartu ucapan Hari Ibu bisa kamu praktikkan untuk membuat kartu ucapan seperti di atas. Bisa kamu lihat, kartu tersebut berisi ucapan selamat, terima kasih, dan doa. 

Ucapan selamat Hari Ibu bisa kamu pakai sebagai kalimat pembuka dalam kartu ucapan. Kemudian, dilanjutkan dengan ucapan terima kasih atas semua jasa-jasanya. Terakhir, jangan lupa sampaikan doa dan harapan yang ingin kamu berikan untuk ibumu.  

Itulah cara membuat kartu ucapan Hari Ibu beserta contoh yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Semoga ulasan di atas membantu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration