Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Kahiyang Ayu, Ibu Walikota Medan yang Kini Merintis Berbisnis

Punya 3 anak dengan tingkah yang menggemaskan

Nabila Damaan

Pernikahan putra ketiga Presiden RI, Kaesang Pangarep dan Erika Gudono tengah menjadi sorotan publik beberapa hari belakangan ini. Dihadiri keluarga lengkap terutama kedua kakaknya, yakni Gibran Rakabumi dan Kahiyang Ayu beserta anak-anak mereka yang langsung mencuri spotlight dalam rangkaian acara pernikahan yang berlangsung sejak Jumat (10/12/22) lalu.

Kahiyang Ayu atau publik dan kerabat terdekat kerap menyapanya sebagai Mbak Ayang ini adalah kakak perempuan Kaesang Pangarep sekaligus anak kedua Presiden RI, Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi. Namanya senter diperbincangkan lantaran aksi ketiga buah hatinya yang mencuri perhatian tatkala pernikahan Kaesang tengah berlangsung.

Lantas seperti apa sih sosok Mbak Ayang yang saat ini tengah disibukkan sebagai ibu tiga orang anak sekaligus istri dari Walikota Medan ini? Melansir dari berbagai sumber, berikut Popbela sajikan profil Kahiyang Ayu. Check this out!

Arti nama Kahiyang Ayu

instagram.com/ayanggkahiyang

Seperti yang kita ketahui bahwa Kahiyang Ayu adalah putri kedua kedua dari pasangan Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi. Perempuan bergigi gingsul ini lahir di Solo, Jawa Tengah pada 20 April 1991.

Seperti kedua saudara laki-lakinya, Mbak Ayang juga memiliki nama yang unik. Memang sudah bukan rahasia publik lagi, jika nama anak Presiden Jokowi bahkan nama-nama cucu juga unik dan memiliki arti yang nggak main-main. Kahiyang Ayu sendiri jika ditelusuri berasal dari bahasa Jawa dan merupakan nama yang indah yang dalam bahasa Jawa bisa diartikan sebagai 'yang tersayang'. Sedangkan Ayu memiliki arti cantik dalam kosakata bahasa Jawa.

Lulus Magister Manajemen dengan predikat cum laude

instagram.com/ayanggkahiyang

Adik dari Walikota Solo, Gibran Rakabumi ini menjalani masa kecil hingga remajanya di kota kelahirannya, Solo. Setelah lulus dari SMAN 6 Surakarta, Mbak Ayang melanjutkan kuliah di Fakultas Pertanian di program studi Teknologi Pangan, Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah.

Kahiyang Ayu  berhasil menyelesaikan kuliahnya dengan IPK 3.12 dengan skripsi bertajuk “Kajian Sifat Sensori dan Fungsional Cake Ubi Jalar Dengan Berbagai Variasi Bahan Baku” dan berhasil mendapat gelar S.TP.

Pada 25 September 2019, ia lulus Magister Manajemen dengan predikat cum laude (Dengan Pujian) dengan IPK 3,90 di Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor, bersama-sama dengan suaminya, Bobby Nasution. Ia berhasil menyelesaikan S2-nya selama 23 bulan dengan tesis yang berjudul "Analisis Strategi dan Daya Saing Perkebunan Tebu (Studi Kasus PTPN X Surabaya)".

Pernah ikut ujian calon Pegawai Negeri Sipil (PNS)

instagram.com/ayanggkahiyang

Tahukah kamu bahwa Kahiyang Ayu ternyata pernah mencoba peruntungan sebagai PNS? Tepat di tahun 2014, ketika dirinya masih bergelar S1, Kahiyang pernah menjajal peruntungan menjadi Pegawai Negeri Sipil dengan mengikuti serangkaian ujian masuk calon PNS Pemkot Solo pada 2014. 

Sayangnya, skor ujian Kahiyang tidak memenuhi ketiga formasi yang ia pilih. Nilai tertinggi dalam formasi yang dilamarnya kala itu ialah 421, 414, dan 409. Sedangkan, skor yang ia raih adalah 300.

Menemukan tambatan hati saat berkuliah

instagram.com/ayanggkahiyang

Setelah gagal menjadi PNS, Kahiyang melanjutkan studi magister di Jurusan Manajemen dan Bisnis, Institut Pertanian Bogor di tahun 2015 dan pada saat itulah ia bertemu dengan sang pujaan hati, Bobby Nasution. 

Menjalin hubungan sejak tahun 2015, di tahun 2017 tepatnya pada 8 November 2017, Kahiyang menikah dengan Bobby Nasution yang saat itu Bobby masih menjadi seorang pengusaha. Pernikahan tersebut berlangsung di Gedung Graha Saba Buana, Solo dengan pernikahan adat Jawa.

instagram.com/ayanggkahiyang

Karena Kahiyang Ayu menikah dengan Bobby Arif Nasution yang merupakan laki-laki keturunan Batak, ia kemudian memperoleh marga saat melakukan acara lanjutan di Medan. Dalam acara adat Mandailing dan Tapanuli Selatan ini ia diberikan marga Siregar mengikuti ibu dari Bobby Nasution.

Lima tahun mengaruhi bahtera rumah tangga, Kahiyang dan Bobby telah dikaruniai 3 buah hati. Anak pertama mereka Sedah Mirah Nasution yang lahir pada 1 Agustus 2018. Lalu anak kedua yang berjenis kelamin laki-laki ini diberi nama Panembahan Al Nahyan yang lahir pada 12 Agustus 2020. Anak ketiga yang baru saja lahir pada 25 Agustus 2022 ini diberi nama Panembahan Al Saud Nasution.

Tengah disibukkan menjadi istri Walikota Medan

instagram.com/ayanggkahiyang

Sebelumnya Bobby Nasution dikenal sebagai seorang pengusaha real estate sekaligus manajer tim sepak bola Medan Jaya pada 2014. Tiga tahun setelah meraih gelar magister Bobby mencalonkan diri pada jabatan Walikota Medan dengan menggandeng pengusaha dan politikus Partai Gerindra Aulia Rachman. Dan pada 2021 ia resmi mengemban jabatan tersebut, dan secara otomatis Kahiyang Ayu secara resmi menjadi ibu Walikota Medan.

Selama menjabat menjadi ibu Walikota Medan, Kahiyang tengah disibukkan menemani sang suami sekaligus aktif mengikuti serangkaian kegiatan sosial, khususnya yang berhubungan dengan anak dan perempuan. Kahiyang kerap membagikan momen-momen tersebut melalui akun Instagram pribadinya.

Dengan dengan Kaesang Pangarep

instagram.com/ayanggkahiyang

Keluarga Presiden RI ketujuh ini memang terkenal harmonis. Hal tersebut kerap ditunjukkan ke publik lewat media sosial. Seperti sebelum keduanya melangkahkan kaki ke jenjang pernikahan, Kaesang dan Kahiyang sering kali mengunggah konten ataupun foto kebersamaan mereka.

Kalau kamu telurusi akun Instagram Kahiyang kamu juga akan menemukan beberapa potret ketika kedua merayakan momen-momen tertentu, misalnya ketika Kaesang tengah lulus wisuda. Lalu pernah ada sebuah unggahan video ketika Kaesang sedang berusaha mempromosikan produk-produk milik Kahiyang Ayu.

Punya bisnis kosmetik

instagram.com/ayanggkahiyang

Selain tengah disibukkan sebagai ibu Walikota Medan, Kahiyang juga memiliki sebuah bisnis yang bergerak di bidang kosmetik, lho Bela. Bisnis yang dimiliki Kahiyang ialah yang pertama bernama Rempah Ayu, dan Nosuku.

Rempah Ayu merupakan bisnis yang menjual sabun dan hand sanitizer berbahan rempah alami nusantara. Selain itu yang terbaru, Kahiyang juga memiliki bisnis skincare bernama Nosuku. Nosuku sendiri diketahui merupakan brand yang menjual moisturizer.

Demikianlah profil dari Kahiyang Ayu yang saat ini tengah kesibukannya menjadi ibu Walikota Medan. Ada lagi fakta lainnya yang kamu tahu, Bela? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration