Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Horor, Drama & Komedi, 9 Film Indonesia Ini Rilis Bulan September 2022

Didominasi film bergenre horor

Nabila Damaan

Setelah ditutup dengan Mencuri Raden Saleh di Agustus lalu, saatnya bioskop Indonesia dibanjiri lagi dengan film-film baru yang nggak kalah seru dan menarik. Tampaknya September ini akan lebih banyak variasi film horor nih Bela. Selain itu disusul dengan drama, dan komedi.

Kira-kira apa saja, ya, film Indonesia yang bakalan tayang di bulan September 2022? Daripada penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

Mumun

  • Tanggal tayang: 1 September 2022
  • Pemain: Acha Septriasa, Dimas Aditya, H. Mandra, dan Volland Humonggio

Berangkat dari serial televisi legendaris Indonesia di tahun 2000-an bertajuk Jadi Pocong karya Mandra, film yang akan menjadi pembuka bulan September ini digarap oleh Rizal Mantovani.

Berkisah tentang seorang gadis Mumun (Acha Septriasa) yang akan dinikahi oleh kekasihnya Juned (Dimas Aditya). Namun, naas menjelang hari bahagianya ia menemukan ajal. Sialnya lagi setelah prosesi pemakaman, tali pocong Mumun terabaikan untuk dilepas oleh Husein, si tukang gali kubur. Sontak arwah Mumun gentayangan membawa malapetaka bagi penduduk setempat.

Mendarat Darurat

  • Tanggal tayang: 8 September 2022
  • Pemain: Reza Rahadian, Luna Maya, Marissa Anita, dan Pandji Pragiwaksono

Pandji kembali menelurkan karya keduanya setelah Partikelir di tahun 2018. Bersama MD Entertainment Pandji menggarap film  mengangkat tema perselingkuhan yang dibalut dalam drama komedi, Mendarat Darurat.

Menyoal tentang perselingkuhan antara Glenn dan Kania. Namun, berita tentang jatuhnya pesawat membuat Glenn dan Kania yang kala itu sedang check-in di hotel kalang kabut. Lalu bagaimana nasib pernikahan Glenn dan Maya? Akankan Glenn memilih tetap ‘meninggal’ demi terus bersama Kania?

Miracle In Cell No 7

  • Tanggal tayang: 8 September 2022
  • Pemain: Vino G. Bastian, Graciella Abigail, Indro Warkop, Tora Sudiro, Rigen Rakelna, Indra Jegel, Bryan Domani, Denny Sumargo, dan Mawar de Jongh

Menempatkan Hanung Bramantyo sebagai sutradara untuk film Miracle In Cell No 7. Merupakan film remake asal Korea dengan judul yang sama, versi Indonesia yang dibintangi Vino G Bastian ini digadang-gadang menjadi versi yang terbaik.

Berkisah tentang Dodo, seorang ayah yang memiliki keterbelakangan mental dan ingin menjadi ayah terbaik untuk putrinya, Kartika. Nasib sial menimpa Dodo tatkala sebuah tuduhan pemerkosaan dan pembunuhan dilayangkan padanya. Di penjara Dodo ditempatkan di sel no.7, dan bertemu dengan narapidana yang nantinya akan membantu mempertemukan Dodo dengan Kartika. Harap siapkan tisu yang banyak, ya Bela.

Lara Ati

  • Tanggal tayang: 15 September 2022
  • Pemain: Bayu Skak, Tatjana Saphira, Keisya Levronka, Dono Pradana, Sahila Hisyam, dan Ciccio Manassero

Sempat beberapa kali berseliweran di TikTok ketika Bayu Skak beradu akting jebolan ajang pencarian bakat, Keisya Levronka. Lara Ati, menjadi film garapan Bayu Skak yang hampir sebagian besar dialog menggunakan bahasa Jawa. Layaknya film Bayu Skak terdahulu,

Kisah dua sahabat, Joko dan Ayu, yang sama-sama terluka karena situasi masing-masing. Joko menghadapi kenyataan bahwa dia tidak menyukai pekerjaannya dan orang tuanya tidak mendukung mimpinya menjadi seorang desainer. Ditambah lagi, Joko ditinggal tunangannya, Farah. Hidup Joko berantakan. Pertemuannya dengan Ayu, teman masa kecilnya, kembali memicu harapannya. Dengan bantuan Ayu, Joko bertekad untuk memperbaiki hidupnya. Dan semuanya dimulai dengan mendapatkan Farah kembali.

Noktah Merah Perkawinan

  • Tanggal tayang: 15 September 2022
  • Pemain: Marsha Timothy, Oka Antara, dan Sheila Dara Aisha

Kembali terinspirasi dari sinetron legendaris Indonesia dengan judul yang sama, Noktah Merah Pernikahan akan menjadi film pertama Sheila Dara menjadi seorang pelakor, Bela. 

Disutradarai oleh Sabrina Rochelle Kalangie, film ini bercerita tentang hubungan Ambar dan Gilang yang mulai memasuki fase-fase krusial setelah pertengkaran hebat akibat campur tangan kedua orang tua dalam urusan rumah tangga mereka. Sampai suatu ketika seorang perempuan bernama Yuli datang ke dalam kehidupan Ambar dan Gilang. Hubungan Gilang, Ambar dan Yuli semakin rumit setelah Gilang mengerjakan proyek taman milik Kemal, pacar Yuli.

Gendut Siapa Takut?

  • Tanggal tayang:  22 September 2022
  • Pemain: Marshanda, Wafda Saifan Lubis, Marthino Lio, Cut Mini, dan Tora Sudiro

Lama vakum di dunia film, Gendut Siapa Takut? akan menandai kembalinya Marshanda ke layar lebar. Film yang disutradarai Pritagita Arianegara merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Alnira.

Mengisahkan tentang Moza Aphrodite, 28 tahun, seorang penulis novel roman laris dengan tumbuh gemuk. Moza tak pernah merasa insecure dengan bentuk tubuh yang ia miliki. Suatu ketika di saat sesi penandatangan buku terbarunya, Moza dipertemukan kembali dengan teman masa kecil yang paling ia benci, Nareswara Radeva. Nares mencoba memperbaiki hubungannya dengan Moza, dan hatinya pun luluh. Di sisi lain, Moza memiliki kesempatan untuk bisa menjalin hubungan dengan pria idamannya, Dafian Jatmiko, seorang sutradara yang ingin memfilmkan karya Moza. Jadi siapa yang akan menjadi pelabuhan hati Moza?

Jailangkung: Sandekala

  • Tanggal tayang: 22 September 2022
  • Pemain: Titi Kamal, Syifa Hadju, Muzakki Ramdhan, Giulio Parengkuan, dan Dwi Sasono

Kimo Stamboel kembali melahirkan karya horor terbarunya berjudul Jailangkung: Sandekala. Mengusung kisah tragis dari legenda horor yang menimpa sebuah keluarga. 

Perjalanan liburan keluarga kecil yang terdiri dari Adrian, istrinya Sandra, dan dua anak mereka, Niki dan Kinan, menjadi sebuah tragedi yang tak akan pernah terlupakan. Ketika kunjungan ke sebuah danau secara misterius Kinan menghilang tanpa jejak bersamaan dengan terbenamnya matahari. Di tengah kepanikan, mereka menemukan sebuah boneka Jailangkung dan mulai memainkannya guna menemukan Kinan. Namun teror supranatural dari arwah lah yang mereka dapatkan. Akankah Kinan ditemukan dalam keadaan selamat?

Jagat Arwah

  • Tanggal tayang: 29 September 2022
  • Pemain: Oka Antara, Cinta Laura, Ari Irham, Ganindra Bimo, Sheila Dara, dan Kiki Narendra

Rumah produksi Visinema Pictures akan segera merilis film terbarunya, Jagat Arwah. Film horor fantasi pertama Visinema Pictures ini disutradarai oleh Ruben Adrian yang ceritanya diciptakan oleh Mike Wiluan.

Bercerita tentang perjalanan Raga untuk menemukan jati dirinya sebagai penjaga alam semesta. Dengan bantuan pamannya Jaya. Raga harus menghadapi kekuatan jahat untuk melindungi dua alam semesta, dunia manusia dan dunia roh. 

Bermula dengan kematian ayahnya yang misterius, mendorong Raga mendalami kehidupan mistisnya, yang ternyata terungkap bahwa Raga adalah keturunan penyeimbang Alam Semesta Roh sekaligus Alam Semesta Manusia yang menyandang Aditya ke-7. Raya harus merelakan cita-cita sebagai anak band demi melanggengkan tradisi keluarganya.

Until Tomorrow

  • Tanggal tayang: 29 September 2022
  • Pemain: Clara Bernadeth dan Deva Mahenra

Berangkat dari kisah nyata menyayat hati dari seorang pria di Baubau bernama Alan Tito yang harus kehilangan istrinya Daslina Sombi tepat di hari ketiga mereka melangsungkan pernikahan. Film berjudul Until Tomorrow ini digarap oleh Hadrah Daeng Ratu. 

Film ini mengisahkan Sarah yang mendambakan pernikahan dengan kekasih tercintanya, Haka. Penantian itu mulai menjadi kenyataan tatkala Haka melamar dirinya. Namun, kebahagian seolah datang hanya sementara ketika Sarah divonis mengidap kanker darah stadium tiga dan memerlukan perawatan intensif. Haka yang kariernya tengah bersinar harus meluangkan waktu untuk mengurus dan menemani Sarah. Bagaimanakah perjuangan kedua pasangan ini? Mungkin kamu juga harus menyediakan tisu, nih Bela.

Demikianlah 9 film Indonesia yang akan menemani di bulan September ini. Dari ke-9 film di atas mana film yang ingin sekali kamu tonton?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration