Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bukan Manusia, Ini 11 Influencer Virtual Terpopuler di Tahun 2022

Ada yang berasal dari Indonesia

Nabila Damaan

Pesatnya media sosial saat ini membuat munculnya salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Yap, influencer. Umumnya manusialah yang berperan sebagai influencer di media sosial. Namun, berbeda dengan 11 influencer yang akan kita bahas kali ini. 

Mereka adalah virtual influencer, Bela. Singkatnya, influencer virtual adalah karakter digital yang dibuat menggunakan perangkat lunak grafik komputer. Karakter ini kemudian diberi kepribadian dan akan selalu bertindak di platform media sosial seolah-olah dia adalah pemberi pengaruh. Menarik bukan?

Tanpa basa-basi lagi, yuk kenalan dengan karakter virtual paling populer di tahun 2022.

1. Lu do Magalu

Lu didirikan pada tahun 2003 sebagai pengisi suara penjual di dalam toko untuk situs web Majalah Luiza. Kemudian, pada tahun 2009, dia pertama kali muncul di saluran YouTube Magalu. Sejak itu, dia tampil untuk mengulas produk, video unboxing, dan dia juga berbagi tip perangkat lunak atas nama raksasa ritel ini. 

Pada tahun 2022, Lu do Magalu adalah influencer virtual yang paling banyak diikuti. Bagaimana tidak, Lu saat ini sudah memiliki lebih dari 14,6 juta pengikut di Facebook, 6 juta pengikut di Instagram, lebih dari 2,6 juta pelanggan YouTube dan lebih dari 1,3 juta pengikut di Twitter dan TikTok. 

2. Lil Miquela

Sejak kemunculannya ke publik, banyak yang mengira Lil Miquela adalah seorang manusia asli. Namun, kenyataannya Miquela Sousa atau lebih dikenal dengan Lil Miquela adalah seorang model robot virtual yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat. 

Hebatnya, Lil Miquela pernah bekerja sama dengan beberapa brand fashion papan atas seperti Prada, Dior dan Calvin Klein. Dia juga merilis satu single, "Not Mine", pada tahun 2017 dan memulai debut video musik pertamanya, "Hard Feelings", di festival online Lollapalooza awal tahun 2022, lho.

Hingga saat ini, robot cantik buatan Brud telah memiliki 3 juta pengikut Instagram, dijuluki sebagai "Miquelites", juga 3,6 juta pengikut TikTok dan lebih dari 31.000 pengikut Twitter.

3. Barbie

Kalau tokoh yang ini tentu semua orang mengetahuinya, ya? Barbie pertama kali kembali ‘hidup’ pada tahun 1959. Boneka yang hidup ini telah mengelola basis pelanggan YouTube yang sangat besar, yakni jumlah subscribernya telah menyentuh angka 10 juta+. Barbie kerap kali membuat konten vlog tentang hidupnya dan berbagi konten pendidikan yang positif di YouTube.

Selain Youtube,  pengikut terbesarnya ada di Facebook. Barbie juga telah memiliki 2,2 juta pengikut di Instagram, 11,1 juta pelanggan di YouTube, hampir 320.000 pengikut di Twitter, dan lebih dari 440.000 pendengar bulanan di Spotify.

4. Guggimon

Melabeli dirinya sebagai "artis fashion horor & produser mixtape dengan obsesi: tas tangan, kapak, mainan desainer, Billie Eilish, & The Shining 🐰🏠".

Guggimon adalah karakter kelinci yang dibuat oleh Superplastic, pencipta selebritas sintetis animasi, pakaian, dan mainan desainer terkemuka di dunia. Obsesinya meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan horor. 

Berasal dari Montreal, Kanada, Guggimon pertama kali muncul pada Juni 2019. Sebagian mungkin mengenalinya sebagai salah satu bintang hype Steve Aooki. Dia bergabung dengan DJ dan produser terkenal dunia ini dalam tur Color of Noise miliknya. Saat ini ia sudah memiliki 1,5 juta pengikut di Instagram. 

5. Any Malu

Karakter kartun lain yang sukses secara luas di media sosial adalah Any Malu. Influencer virtual asal Brasil berambut merah muda adalah VTuber animasi penuh yang memiliki acara Cartoon Network sendiri, lho Bela.

Dia pertama kali tampil pada tahun 2015 dan dalam lima tahun dia berhasil berkembang. 

Influencer virtual Brasil ini memiliki lebih dari 1 juta penggemar di Twitter, TikTok, Facebook, dan Instagram. Videonya di YouTube telah ditonton lebih dari 280 juta kali. Faktanya, dia adalah salah satu dari sedikit influencer virtual dengan acara TV mereka sendiri.

6. Nobody Sausage

Nobody Sausage, sosis animasi 3D dengan tampilan abstrak dan absurd, telah menjadi salah satu virtual influencer favorit media sosial. Tingkahnya yang lucu dengan menampilkan tarian-tarian penuh warna membuatnya menjadi influencer virtual terpopuler 2022. 

TikTok adalah markas terbesarnya, jumlah pengikutnya telah mencapai lebih dari 14 juta pengikut, lho. Disusul Instagram yang mencapai 4,6 juta pengikut. Nobody Sausage pernah muncul di FYP-mu nggak?  

Pada tahun 2021, dia dinyatakan sebagai pemberi pengaruh virtual dengan pertumbuhan tercepat oleh HypeAuditor. Sejak saat itu, dia dipilih oleh merek global untuk berbagai proyek, seperti membintangi kampanye rebrand besar-besaran Hugo Boss.

7. Casas Bahia

Salah satu keuntungan, influencer virtual nggak pernah tumbuh. Namun, berbeda dengan Casas Bahia. Pada tahun 2017, Casas Bahia (juga dikenal sebagai “CB”) dimulai sebagai anak 2D dan tumbuh menjadi remaja virtual saat ia menjalani desain ulang. 

Ia mulainya hanya sebagai maskot merek eponim untuk salah satu peritel terbesar di Brasil, Casas Bahia muncul di semua platform media sosial, dengan 5,3 juta+ penggemar di Facebook. 

Sebagai juru bicara merek seperti Lu dari Magalu, CB menunjukkan hasrat pribadi untuk permainan dan budaya anak muda. Selain promosi produk, kontennya berfokus pada game, film, meme, dan kuesioner untuk penggemar.

8. Thalasya

Nggak mau kalah, Indonesia juga punya, lho virtual influencer. Karakter ini bernama Thalasya. Dia dikembangkan oleh Magnavem Studio dan tampil pertama kali pada Oktober 2018. 

Thalasya ini sangat hobi jalan-jalan, Bela. Seperti yang kita semua tahu, bepergian bisa menjadi hobi yang mahal. Jadi, untuk mendanai hobinya, dia melakukan endorsement, baik itu hotel, restoran, dan bahkan pil kesehatan. 

Uniknya, dia juga memiliki toko pakaian sendiri, Yipiiiii, yang dia miliki bersama teman dekatnya, Zeline. Ia juga beberapa kali melakukan kolaborasi dengan artis-artis Indonesia. Hingga saat ini pengikut di Instagramnya telah mencapai 468 ribu. Ayo segera follow, Bela!

9. Noonoouri

Noonoouri dibuat oleh Joerg Zuber, pendiri Opium Effect, sebuah agensi kreatif di Munich, Jerman. Karakter digital berusia 19 tahun ini telah menggemparkan industri fesyen dan telah bekerja dengan sebagian besar merek fesyen mewah terkemuka termasuk Lacoste, Versace, dan Bulgari. 

Biasanya virtual influencer ini banyak mengiklankan tentang produk, namun berbeda dengan Noonouri. Meskipun tujuannya adalah untuk menghibur, dia juga bertujuan untuk memberi tahu audiensnya tentang berbagai masalah sosial. Dia jauh lebih dari sekedar karakter digital. Dia juga seorang vegan yang secara terbuka mendukung mode berkelanjutan. 

Noonouri ini tidak terlalu menggunakan Twitter dan kebanyakan menggunakan Instagram. Saat ini ia telah memiliki  402.000+ pengikutnya. Selain itu, kamu juga dapat mengikutinya di TikTok di mana beberapa videonya telah menerima 50.000+ suka. 

10. bee_nfluencer

Berasal dari Paris, Prancis, Bee adalah lebah influencer pertama. Dia pertama kali muncul di kancah media sosial pada April 2019. Foundation de France menciptakan influencer virtual ini demi menjalankan kampanye penggalangan dana untuk menyelamatkan lebah. 

Pekerjaan yang dilakukan oleh lebah kecil yang sibuk ini sangat penting karena lebah memainkan peran untuk memastikan ekosistem dan pertanian kita tetap seimbang. Sekarang lebah kecil ini sudah memiliki 252 ribu pengikut di Instagram.

11. Imma (imma.gram)

Berasal dari Tokyo, imma menyandang predikat sebagai model virtual pertama di Jepang dan tampil pertama kali pada Juli 2018. Sejak saat itu, gadis virtual dengan rambut bob khas pink ini tampil di banyak berita utama Jepang.

Gadis virtual ini punya minat yang tinggi di dunia budaya, seni, dan film Jepang. Dia pernah tampil dengan merek seperti Burberry, TikTok, Adidas Tokyo, dan IKEA Jepang. Dalam 2 tahun dia berkecimpung dalam bisnis ini, dia telah memperoleh lebih dari 407.000 pengikut di Instagram dan sudah dua juta suka di TikTok, lho Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration