Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Drama Korea Adaptasi Webtoon yang Tayang di Tahun 2023

Black Knight yang diperankan Kim Woo Bin salah satunya!

Nabila Damaan

Pada tahun 2023, ada banyak K-Drama yang dikonfirmasi dan sedang diproduksi. Beberapa di antaranya merupakan adaptasi webcomic atau webtoon yang nggak kalah menarik perhatian. Karena mendapatkan respon yang baik pada versi webtoon-nya, cerita-cerita tersebut akhirnya diangkat menjadi sebuah drama.

Nggak jarang drama adaptasi webtoon ini juga mendapatkan respon yang baik. Mengikuti kesuksesan sejumlah drama webtoon tahun-tahun sebelumnya seperti 'A Business Proposal', 'All of Us Are Dead', 'Yumi’s Cells', dan lainnya, berikut adalah 10 K-drama adaptasi webtoon yang tayang di tahun 2023!

1. 'Island 2'

Tanggal rilis: 24 Februari 2023 - 10 Maret 2023

Penayangan:  Amazon Perdana , TVING

Episode: 6 episode (45 menit/episode)

'Island' adalah drama TVING berdasarkan manhwa (manga) dan webtoon dengan judul yang sama karya Yoon In-Wan & diilustrasikan oleh Yang Kyung-Il. Sebuah drama fantasi tentang rahasia gelap yang tersembunyi di Pulau Jeju yang indah dengan orang-orang yang ditakdirkan untuk melawan kekuatan jahat yang mencoba menghancurkan dunia.

Drama yang diperankan oleh Kim Nam Gil, Lee Da Hae, Cha EunWoo ASTRO, dan Sung Joon telah menyelesaikan musim pertamanya di tahun 2022 lalu, dan akan melanjutkan musim ke-2 di tahun 2023 ini, Bela.

Pada musim keduanya, drama fantasi ini tetap akan berlatar di Pulau Jeju Korea, bedanya kita akan dibawa kembali ke 600 tahun lalu ketika pulau tersebut masih berada dalam kekacauan dan kegelapan.

2. 'The Havenly Idol'

Tanggal rilis: 15 Februari 2023 - 23 Maret 2023

Penayangan:  TELEVISI , tvN, Viu

Episode: 12 episode (1 jam 10 menit/episode)

'The Heavenly Idol', K-drama yang dibintangi oleh Kim Min Kyu, Go Bo Gyoul dan Lee Jang Woo ini juga merupakan drama yang diadaptasi dari webtoon dengan judul Holy Idol karya Shin Hwa Jin.

Kisahnya meliputi sebuah kekuatan yang disebut Pontifex Rembrary atau pendeta yang terlempar dari dunia lain dan menemukan dirinya di sebuah asrama. Lalu, Pontifex Rembrary tersebut bertukar tubuh dengan seorang pria anggota grup idola Wild Animal yang tidak populer, Woo Yeon Woo (Kim Min Kyu). 

Selagi menemukan jalan pulang ke dimensinya Pontifex Rembrary ternyata malah membantu mengubah nasib grup setelah penampilan untuk comeback grup yang kacau. Namun, berkat kharisma Pontifex Rembrary dalam tubuh Woo Yeon Woo malah menjadi pusat perhatian dan menjadi idol yang terkenal.

3. 'Taxi Driver 2'

Tanggal rilis: 17 Februari 2023 - 15 April 2023

Penayangan:  SBS, Viu

Episode: 16 episode (1 jam 10 menit/episode)

'Taxi Driver' menjadi K-drama adaptasi webtoon yang mungkin paling ditunggu-tunggu. Setelah menyelesaikan musim pertamanya di tahun 2021, drama yang diperankan Lee Je Hoon, Pyo Ye Ji, Esom, Choi Hyun Wook, dan Shin Jae Ha ini telah merilis angsuran keduanya di tahun 2023.

Melanjutkan kisah Rainbow Deluxe Taxi yang sempat bubar, Seong Cheol, Go Eun, Gyeong Gu, dan Jin Eon kembali beraksi untuk lebih banyak klien. Grup tersebut tampaknya menerima seorang anggota baru, bernama On Ha Jun yang sebelumnya menemukan ruang bawah tanah markas Rainbow Deluxe Taxi berada.

Aksi mereka semakin memanas tatkala pekerja yang mereka jalani menarik perhatian sebuah organisasi misterius. Mereka pun mencoba mengungkap identitas dan motif dari organisasi tersebut.

4. 'Black Knight'

Tanggal rilis: 12 Mei 2023

Penayangan: Netflix

Episode: 6 episode

Satu lagi K-drama adaptasi webtoon yang paling ditunggu. 'Black Knight' yang dibintangi oleh Kim Woo Bin tengah menjadi perbincangan karena Netflix telah mengumumkan tanggal tayang dari drama tersebut. 

Selain itu, drama ini juga menjadi momen kembalinya aktor Kim Woo Bin ke dalam dunia seni peran setelah 5 tahun hiatus karena masalah kesehatan, Bela. Tentu saja hal tersebut disambut antusias dari para penggemar.

'Black Knight' sendiri adalah sebuah drama bergenre sci-fi petualangan yang akan mengambil latar masa depan, tahun 2071 di mana saat itu bumi digambarkan mengalami kehancuran karena polusi udara yang sangat parah dan hanya menyisakan 1% populasi. 

Kisahnya akan berpusat pada seorang ksatria kegendaris 5-8 dan seorang pengungsi (Kang You Seok) dalam melawan Grup Cheonmyeong dan karakter yang akan menjadi musuh bebuyutan dari dua orang tersebut. Karakter itu berniat untuk menguasai dunia dengan kejam.

5. 'Sweet Home 2'

Tanggal rilis: antara Oktober dan Desember 2023

Penayangan: Netflix

Episode: -

'Sweet Home' dengan cepat menjadi salah satu K-drama terbesar di Netflix dan setelah debut nya yang besar, drama adaptasi webtoon tersebut akan melanjutkan musim kedua dan ketiganya sekaligus.

Diketahui proses produksi untuk kedua musim drama tersebut tengah rampung, dan Netflix menargetkan drama fantasi ini akan tayang di Q4 2023, atau di antara bulan Oktober dan Desember, Bela.

6. 'Joseon Attorney'

Tanggal rilis: 31 Maret - 20 Mei 2023

Penayangan: MBC, Viu

Episode: 16 episode

Berdasarkan webtoon karya  Sim Gun dan penulis Jeong, 'Joseon Attorney' bercerita tentang seorang pengacara manipulatif Kang Han-Soo (Woo Do-Hwan ) yang mengatur tuntutan hukum dan mengambil keuntungan dari para korban. Ia berusaha membalaskan dendam kepada orang-orang yang bertanggung jawab atas kematian kedua orang tuanya. 

Namun, di tengah perjalanannya menjadi pengacara, ia bertemu dengan Putri Lee Yeon Joo (Bona) dan Hakim Yoo Ji Sun (Cha Hak Yeon) dan secara tidak sengaja ia malah menjadi penyelamat rakyat, yang membuatnya tumbuh sebagai pelayan keadilan sejati.

7. 'See You in My 19th Life'

kpopmap.comkpopmap.com

Tanggal rilis: Juni 2023

Penayangan: tvN

Episode: -

Drama yang akan diperankan oleh Shin Hye-Sun kali ini merupakan adaptasi dari webtoon dengan judul yang sama karya Lee Hye. Mengisahkan tentang seorang perempuan, Ban JiEum yang sudah mengalami reinkarnasi sebanyak 19 kali.

Anehnya, ia selalu mengingat setiap kenangan yang ia lalui di kehidupannya terdahulu. Lantas, pada reinkarnasinya ke-18 ketika ia bereinkarnasi sebagai seorang anak berusia 12 tahun, Yoon Joo Won ia berusaha untuk mengubah jalan hidupnya. Saat itu ia juga bertemu dengan seorang anak laki-laki, Moon Seo Ha. 

Namun, setelah kecelakaan tragis mempersingkat waktunya, dia bereinkarnasi dalam kehidupannya yang ke-19, dan ia dipertemukan kembali dengan Moon Seo Ha dewasa (Ahn Bo Hyun). 

8. 'Duty After School'

Tanggal rilis: 31 Maret 2023

Penayangan: TVING, Viu

Episode: 6 episode

'Duty After School' bercerita tentang peristiwa apokaliptik yang terjadi secara tiba-tiba. Makhluk asing berlendir yang disebut "sel" menyerang bumi dan menimbulkan ancaman bagi umat manusia. 

Situasi menjadi sangat parah sehingga kekuatan militer gagal, dan pemerintah mengumumkan wajib militer bagi para siswa sekolah menengah dan universitas. Mereka nantinya akan dilatih menghadapi makhluk tersebut dan menjadi pasukan cadangan. 

Pemimpin Peleton Lee Choon-Ho (Shin Hyun-Soo) dan Sersan Kim Won-Bin (Lee Soon-Won) diutus datang ke sekolah menengah untuk melatih para siswa. Lee Choon-Ho sangat ketat pada siswa, tetapi dia sangat peduli pada mereka. Selama pelatihan para siswa didampingi oleh wali kelas Park Eun Young (Lim Se Mi).

9. 'Bloodhound'

whats-on-netflix.com

Tanggal rilis: 9 Juni 2023 (belum dikonfirmasi)

Penayangan: Netflix

Episode : 8 episode

Netflix telah mengumumkan akan mengeluarkan drama Korea yang juga merupakan adaptasi dari webtoon, yakni 'Bloodhounds'/'Sanyanggaedeul' versi webtoon. 

'Bloodhounds' yang sebelumnya berjudul 'Hunting Dogs' adalah drama bergenre thriller Netflix Original Korea Selatan mendatang yang ditulis dan disutradarai oleh Jason Kim. Berkisah tentang seorang petinju hebat yang harus meninggalkan profesinya untuk bekerja dengan seseorang rentenir karena sang ibu telah terlilit hutang yang sangat banyak. 

Netflix juga sudah mengumumkan beberapa nama yang akan membintangi drama tersebut, mereka adalah Woo Do Hwan, Lee Sang Yi , Jung Da Eun, Kim Sae Ron, Park Sung Woong, dan Heo Joon Ho. 

10. 'A Good Day To Be A Dog'

cbr.com

Tanggal rilis: 2023

Penayangan: -

Episode: -

Webtoon fantasi romantis 'A Good Day To Be a Dog' juga berjudul 'Lovely Again Today' (dalam bahasa Korea "오늘도 사랑스럽개") akan diadaptasi menjadi sebuah drama. Pada drama yang diperkirakan tayang pada tahun 2023 ini aktor Cha Eun Woo adalah karakter utamanya, Jin Seo Won, dan perhatian tertuju padanya. Park Gyu Young bergabung sebagai pemeran utama perempuan. 

Bercerita tentang seorang perempuan, Han Hae Na (Park Gyu-Young) yang bekerja sebagai guru mengalami kehidupan yang aneh. Karena kesalahan leluhurnya Han Hae Na telah dikutuk menjadi anjing jika ia mencium seseorang. Transformasi tersebut selalu terjadi di malam hari selama 6 jam.

Karena kutukan keluarganya, Han Hae Na selalu gagal dalam percintaan karena para lelaki selalu ditolak untuk menciumnya. Suatu malam, Han Hae-Na yang sedang mabuk, secara tidak sengaja mencium Jin Seo-Won (Cha Eun-Woo). Rekan kerjanya yang memiliki rasa takut terhadap anjing.

Itulah ke-10 drama Korea Selatan adaptasi webtoon yang tayang di tahun 2023. Dari ke-10 drama di atas mana yang paling kamu nantikan, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration