Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Lewati Lika-Liku Kehidupan, Ini 9 Perjalanan Karier Ria Irawan

Seniman multitalenta

Meidiana Aprilliani

Siapa tidak kenal Ria Irawan? Salah satu aktris senior Tanah Air yang kaya akan prestasi dan menginspirasi semua orang karena ketegarannya saat melawan kanker sejak 2009 lalu.

Tutup usia pada  6 Januari 2020 lalu, Ria selalu kenang sebagai aktris multitalenta. Bukan hanya sebagai aktris, tapi bahkan sampai menjadi produser. Penasaran dengan karier Ria Irawan? Simak 9 perjalanan Karier Ria Irawan di bawah ini, yuk!

1. Lahir di Keluarga Seniman

Instagram.com/riairawan

Ayah Ria adalah Bambang Irawan, seorang seniman film yang pernah memiliki perusahaan filmnya sendiri, Agora. Ibu Ria, Ade Irawan adalah seorang aktris senior yang populer di tahun 60-an. 

2. Debut Akting Lewat Film Sopir Taxi

Instagram.com/riairawan

Lahir di keluarga berdarah seni, membuat Ria sudah tertarik dengan dunia film sedari kecil. Akhirnya, pada 1975, Ria debut akting lewat film karya Bambang Hermato, Supir Taxi, di usia Ria yang baru menginjak 4 tahun. Kecil-kecil cabe rawit!

3. Raih Piala Citra

Instagram.com/riairawan

Setelah sebelumnya 2 kali masuk dalam nominasi Festival Film Indonesia (FFI) dalam kategori Aktris Pembantu Terbaik, akhirnya Ria berhasil memenangi Piala Citra di tahun 1988. Saat itu, Ria dinobatkan sebagai Aktris Pembantu Terbaik lewat film Selamat Tinggal Jeanette. 

4. Coba Dunia Tarik Suara Lewat Grup Vokal Japras

Instagram.com/riairawan

Setelah sukses di dunia seni peran, ternyata Ria juga ingin mencoba peruntungannya di dunia lain, yaitu tarik suara. Bersama teman-temannya seperti Ully Artha, Debby Cintia Dewi, Wieke Widowati, Rini S. Bono, Nurul Arifin, Ita Mustafa, Ani Kusuma, Eva Arnaz, dan Rima Melati, mereka membentuk grup vokal bernama Japras. Pertama kali dirilis, ternyata album debut mereka langsung melejit di pasaran, lho!

5. Juga Jadi Produser Musik

Instagram.com/riairawan

Setelah sukses sebagai penyanyi bersama Japras dan duet bersama beberapa aktris ternama, Ria juga ternyata tertarik menjadi produser musik. Saat merilis albumnya, Untuk Kamu, Ria akhirnya terjun langsung sebagai produser dan menggaet Deddy Dhukun sebagai partner-nya. 

6. Juga Jajal Dunia Fotografi dan Videografi

Instagram.com/riairawan

Nggak sampai disitu aja, ternyata ria juga penasaran dengan dunia fotografi, lho! Dengan dilatih oleh fotografer ternama, Ken Sanjaya dan Drigo L. Tobing, kemampuan fotografi Ria pun jadi meningkat.

Akhirnya, Ria pun dipercaya untuk menyutradarai video klip lagu Anggun C. Sasmi dan sederet penyanyi lainnya. What a multitalent women!

7. Berhasil Raih Penghargaan Film Internasional

Instagram.com/riairawan

Setelah beberapa tahun tinggal di Milan dan Singapura untuk melanjutkan pendidikannya, Ria akhirnya kembali aktif di dunia seni peran lewat film Biola Tak Berdawai.

Lewat film ini, Ria akhirnya mendapatkan penghargaan The Best Actress dalam Festival Film Asia Pasific di Iran pada 2003 lalu. 

8. Terjerat Kasus Narkoba

Instagram.com/riairawan

Saat berada di puncak kariernya, Ria sayangnya harus tersandung masalah serius. Pada 2005, Ria tertangkap tangan menggunakan narkoba di sebuah club malam bersama pengunjung lainnya. Hal ini jelas langsung membuat geger masyarakat kala itu.

9. Wedding Agreement, Film Terakhir Ria Irawan

Instagram.com/riairawan

Sebelum tutup usia pada awal Januri lalu, Ria sempat bermain dalam film Wedding Agreement (2019). Dalam film ini, Ria juga beradu peran dengan Aghnini Haque, Jeff Smith, Mathias Muchus, sampai Youtuber kondang, Ria Ricis.

Itu dia sembilan perjalanan karier Ria Irawan. Sosoknya yang multitalenta semoga selalu menginspirasimu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration