Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bacaan Doa Ketika Turun Hujan Deras, Waktu Penuh Rahmat!

Hujan adalah waktu terbaik untuk berdoa

Meidiana Aprilliani

Musim hujan mulai datang, nih! 

Menutup musim kemarau, tentu kamu bisa perhatikan beberapa hari belakangan, hujan seringkali turun saat pagi hari, siang hari, sore hari bahkan sepanjang hari. Akibatnya, hujan yang turun dengan intensitas lebat bisa memunculkan genangan banjir di beberapa lokasi.  

Meski seringkali memunculkan masalah jika turun dalam volume tinggi, ternyata datangnya hujan juga bisa menjadi waktu yang penuh berkah untuk manusia, lho!  Berikut bacaan doa ketika turun hujan deras yang bisa kamu amalkan.

Jadi waktu yang terbaik untuk memanjatkan doa

Matcha-jp.com

Nabi Muhammad dalam Al Umm karya Imam Syafi'i mengatakan, bahwa waktu saat hujan termasuk waktu yang paling baik untuk memanjatkan doa

"Carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu ikamah, serta ketika turunnya hujan." (Nabi Muhammad SAW dalam Al Umm) 

Berdoa saat hujan jarang ditolak

Skymetweather.com

Tahu nggak, sih, hujan membawa banyak rahmat yang turun ke bumi. Karena itulah, Imam an-Nawawi mengatakan bahwa doa saat hujan deras yang kamu panjatkan jarang ditolak atau berkesempatan besar untuk dikabulkan Allah. 

Doa turun hujan agar bermanfaat

Myjewishlearning.com

Saat hujan, kamu bisa membaca doa ini agar datangnya hujan bisa membawa manfaat daripada musibah. 

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا 

“Allahumma shayyiban nafi’an." 

Artinya: 
"Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat" 

Doa saat hujan lebat

Timesofsandiego.com

Saat hujan deras, kamu pasti seringkali risau bukan? Tenang, baca doa di bawah ini agar hujan lebat tidak akan membawa musibah di sekitar kita, yuk! 

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ 

“Allahumma hawalaina wala ‘alaina, Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari." 

Artinya: 
"Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan." (HR Bukhari Muslim) 

Itulah bacaan doa ketika turun hujan deras beserta artinya . Semoga bermanfaat ya.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration