Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang Sayang Jika Kamu Lewatkan

Bukan hanya puasa lho!

Helmi Shemi

Kementerian Agama sudah menggelar sidang isbat (penetapan) 10 Dzulhijjah 1444 H atau Iduladha, jatuh pada 29 Juni 2023. Hal tersebut berdasarkan sidang isbat yang digelar, Minggu (18/6/2023). Sehingga, 1 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada hari ini, 20 Juni 2023.

Nah, sebelum masuk bulan Dzulhijjah 1444 H, yuk, cek dulu apa saja keutamaan bulan Dzulhijjah dan apa saja yang boleh dan tidak kita lakukan selama di bulan ini.

1. Puasa di awal bulan Dzulhijjah

IDNTimes.com/Aldila Muharma

Tahu nggak sih kalau 10 hari di awal Dzulhijjah itu sangat dianjurkan buat berpuasa. Khususnya pada 9 Dzulhijjah atau biasa disebut puasa Arafah. Eh tapi ingat ya, tanggal 10 Dzulhijjah justru diharamkan berpuasa karena waktunya Iduladha.

2. Perbanyak zikir, takbir, bertaubat dan beramal

IDNTimes.com/Rangga Erfizal

Nggak lengkap kalau kita cuma puasa saja, maka di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini juga dianjurkan untuk memperbanyak berzikir dan takbir. Kita juga bisa menanam kebaikan dengan beramal shalih seperti sedekah, membaca Alquran, salat dan bertobat memohon ampun atas segala kesalahan kita.

3. Kalau kamu berkurban, jangan lakukan hal-hal ini

IDNTimes.com/Ud Sapi Barokah

Mungkin di antara kamu ada yang berniat berkurban tahun ini. Kalau kamu ikut berkurban, kamu dilarang melakukan hal-hal di bawah ini sampai disembelihnya hewan kurban, perhatikan baik-baik ya.

  • Memotong kuku, baik itu kuku tangan atau kuku kaki;
  • menggunting atau mencukur rambut kepala;
  • mencabut atau mencukur bulu ketiak;
  • mencukur/mengunting kumis; mencukur bulu kemaluan; 
  • memotong kulitnya.

4. Jangan makan dulu sebelum salat Iduladha

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Berbeda sama Idulfitri, yakni kita diharuskan makan dulu sebelum melaksanakan salat. Pada Iduladha, kita dilarang makan sebelum melaksanakan salat Iduladha.

Kenapa boleh makan sebelum salat Idulfitri? Karena biar tidak disangka hari itu masih puasa. Sementara kita dilarang makan sebelum salat Iduladha supaya daging kurban bisa langsung dipotong dan dinikmati setelah selesai salat.

5. Pergi haji dan umrah jika mampu

Dok. Kemenag

Salah satu keutamaan bulan Dzulhijjah adalah ketika seorang muslim mampu melaksanakan ibadah haji. Ini juga untuk menyempurnakan rukun Islam.

Itulah 5 keutamaan bulan dzulhijjah yang sayang jika kamu lewatkan. Semoga bermanfaat ya, Bela.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Biar Makin Berkah, Ini Loh 5 Keutamaan Bulan Zulhijah"

IDN Media Channels

Latest from Inspiration