Kementerian Agama sudah menggelar sidang isbat (penetapan) awal Dzulhijjah 1441H sekaligus menentukan Hari Raya Idul Adha yang jatuh setiap 10 Dzulhijjah. Sidang isbat sudah digelar kemarin, Selasa (21/7).

Nah, sebelum masuk bulan Dzulhijjah 1441H, yuk cek dulu apa saja keutamaan dan apa saja yang boleh dan tidak kita lakukan selama bulan Dzulhijjah ini.

1. Puasa di awal bulan Dzulhijjah

5 Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang Sayang Jika Kamu LewatkanIDNTimes.com/Aldila Muharma

Tahu nggak sih kalau 10 hari di awal Dzulhijjah itu sangat dianjurkan buat berpuasa. Khususnya pada 9 Dzulhijjah atau biasa disebut puasa Arafah. Eh tapi ingat ya, tanggal 10 Dzulhijjah justru diharamkan berpuasa karena waktunya Idul Adha.

2. Perbanyak zikir, takbir, bertaubat dan beramal

5 Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang Sayang Jika Kamu LewatkanIDNTimes.com/Rangga Erfizal

Nggak lengkap kalau kita cuma puasa saja, maka di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini juga dianjurkan untuk memperbanyak berzikir dan takbir. Kita juga bisa menanam kebaikan dengan beramal shalih seperti sedekah, membaca Alquran, solat dan bertobat memohon ampun atas segala kesalahan kita.

3. Kalau kamu berkurban, jangan lakukan hal-hal ini ya

5 Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang Sayang Jika Kamu LewatkanIDNTimes.com/Ud Sapi Barokah

Mungkin di antara kamu ada yang berniat berkurban tahun ini. Kalau kamu ikut berkurban, kamu dilarang melakukan hal-hal di bawah ini sampai disembelihnya hewan kurban, perhatikan baik-baik ya.

  • Memotong kuku, baik itu kuku tangan atau kuku kaki;
  • menggunting atau mencukur rambut kepala;
  • mencabut atau mencukur bulu ketiak;
  • mencukur/mengunting kumis; mencukur bulu kemaluan; 
  • memotong kulitnya.

4. Jangan makan dulu sebelum salat Idul Adha

5 Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang Sayang Jika Kamu LewatkanANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Berbeda sama Idul Fitri, yakni kita diharuskan makan dulu sebelum melaksanakan salat. Pada Idul Adha, kita dilarang makan sebelum melaksanakan salat Idul Adha.

Kenapa boleh makan sebelum salat Idul Fitri? Karena biar tidak disangka hari itu masih puasa. Sementara kita dilarang makan sebelum salat Idul Adha supaya daging kurban bisa langsung dipotong dan dinikmati setelah selesai salat.

5. Pergi haji dan umrah jika mampu

5 Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang Sayang Jika Kamu LewatkanDok. Kemenag

Salah satu keutamaan bulan Dzulhijjah adalah ketika seorang Muslim mampu melaksanakan ibadah haji. Ini juga untuk menyempurnakan rukun Islam.

Tapi karena masih terhalang COVID-19, pelaksanaan ibadah haji tahun ini terpaksa dibatasi. Yuk kita banyak berdoa semoga wabah ini berakhir dan tahun depan ibadah haji bisa normal kembali.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Biar Makin Berkah, Ini Loh 5 Keutamaan Bulan Zulhijah"

Baca Juga: Cara Bertransaksi Aman Saat Sedang Beribadah Haji

Baca Juga: Karena Covid-19, Kemenag Putuskan Tak Berangkatkan Haji Tahun Ini

Baca Juga: Hapus Dosa 2 Tahun, Ini Niat dan Doa Puasa Arafah 9 Dzulhijjah