Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Sejuk, Ini 9 Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis 

Bisa ciptakan ketenangan pada penghuni rumah, nih

Firly Fenti

Bagi sebagian orang, mungkin termasuk kamu, air mancur bisa jadi bukan suatu elemen wajib yang harus ada di rumah. Pasalnya, banyak yang beranggapan bahwa air mancur merupakan elemen tersier untuk rumah, dengan biaya perawatan yang mahal. Selain itu, terbatasnya lahan juga menjadi alasan tambahan untuk tidak menggunakan air mancur pada rumahnya.  

Namun, nyatanya, pengaplikasian air mancur di rumah bukan hanya berfungsi sebagai pemanis saja, lho. Air mancur ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa dihadirkan dengan penggunaan air mancur di rumah, seperti terciptanya efek relaksasi karena suara percikan dan aliran air, serta terciptanya kelembapan pada udara. 

Untuk permasalahan lahan, kamu nggak membutuhkan lahan yang besar untuk mengaplikasian elemen air mancur, kok. Kamu bisa mengakalinya dengan membuat air mancur yang sederhana dan minimalis tetapi tetap terkesan mewah dan tentunya fungsional.

Nah, kalau kamu tertarik membuat air mancur tersebut tetapi bingung dengan desainnya, berikut Popbela berikan 9 desain air mancur minimalis yang siap menyejukkan dan memberikan ketenangan pada diri dan rumahmu.

1. Air mancur bertema rustic

Westernerinns.com

Air mancur minimalis yang satu ini dijamin anti bosan karena bisa dipindahkan sesuai dengan poisisi yang dinginkan. Selain itu, air mancur ini bisa kamu buat sendiri dengan menggunakan bahan dari sisa potongan besi rangka pagar atau plafon. Kamu bisa sesuaikan desainnya seperti yang ada di gambar atau bisa mengkreasikannya sesuai dengan keingananmu. 

2. Air mancur mungil dengan pot

Pinterest.com

Rekomendasi air mancur minimalis yang satu ini cocok banget untuk kamu yang nggak mau ribet. Kamu bisa membeli pot yang berfungsi sebagai air mancur. See, nggak perlu ruang di halaman rumah, kan? Cukup diletakkan di salah satu sudut meja ruang.

3. Air mancur multifungsi

Decoist.com

Nah, kalau desain air mancur multifungsi ini bisa kamu terapkan jika memiliki kolam renang di rumahmu. Mengombinasikan desain air mancur minimalis dengan meja makan ialah perpaduan yang unik dan menarik perhatian. Bisa menjadi ide untuk dekor ulang, nih. 

4. Air mancur DIY

Pinterest.com

Butuh yang sederhana? bisa. Desain air mancur minimalis yang satu ini menggunakan bahan-bahan yang tak terpakai, contohnya pot penyiram tanaman bekas seperti pada gambar di atas. Untuk memanfaatkannya, kamu bisa meletekannya di samping tangga dan dihubungkan dengan pompa tenaga listrik sebagai sumber pancuran airnya. 

5. Air mancur berbahan semen

Pinterest.com

Meskipun terlihat sederhana, desain air mancur minimalis yang satu ini nggak boleh dipandang sebelah mata, lho, Bela. Desain air mancur berbahan semen yang solid ini menerapkan tiga sumber jatuhan air yang membuat percikannya makin menenangkan penghuninya. Desain yang ini cocok sekali diterapkan pada bagian luar rumah.

6. Air mancur bola bowling

Pinterest.com

Tampilan puncaknya yang seperti bola bowling bewarna emas dan dipadukan dengan tabung yang di atasnya telah ditata batu alam membuat desain air mancur ini terlihat unik. Air mancur minimalis model ini biasanya bisa kamu beli di penjual tanaman.

7. Air mancur indoor

Cevata.com

Ingin unsur alam di ruang tamu? gunakan desain air mancur minimalis yang satu ini. Kamu juga bisa memadukannya dengan sentuhan bebatuan alami agar semakin terlihat natural dan menyegarkan. Jangan lupa guenaka tenaga profesional yang paham cara membuat air mancur indoor ini, agar tetap terjaga kualitasnya, ya.

8. Air mancur sederhana

Showyourvote.org

Desain air mancur minimalis yang satu ini juga nggak butuh lahan yang besar, kok, Bela. Kamu hanya butuh lahan sebesar 50x50 cm persegi di sudut ruangan yang tak terpakai. Untuk mendapatkan kesan yang menenangkan seperti di gambar, kamu bisa memainkannya pada aspek pencahayaan yang menyorot dari bagian dasar wadah.

9. Air mancur dua sisi

wayfair.com

Terlalu sibuk atau malas untuk berkreasi sendiri menyediakan air mancur di rumahmu? Ini cara termudahnya, Bela. Temukan di berbagai e-commerce ragam air mancur mini siap pakai, yang bisa kamu letakkan bahkan di samping tempat tidurmu, untuk efek relaksasi. Praktis, kan?

Itulah beberapa model desain air mancur minimalis yang bisa kamu terapkan untuk menghiasi rumahmu. Jadi, model mana yang paling kamu suka?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration